Danau Cipule Karawang

Posted on

Danau Cipule Karawang

Danau Cipule Karawang

Danau Cipule Karawang

Perjalanan dari Kota Karawang ke tempat wisata Danau Cipule lumayan kuras keringat. Terlebih, hawa Karawang serta sekitarnya sangatlah panas. Matahari demikian terik pancarkan cahayanya. Tidak merasa, walau jarak Karawang Danau Cipule cuma seputar 30 kilometeran, perjalananpun merasa melelahkan.

Untuk melepas capek, bendungan Walahar jadi pilihan tempat istirahat. Selepas istirahat serta senang nikmati keindahan bendungan Walahar -biasa orang menyebutnya Bendung Parisdo- perjalanan dilanjutkan ke Danau Cipule, seputar 3 km dari Walahar ke arah selatan dengan keadaan jalan lumayan beraspal.

Baca juga : Wisata Curug Luhur ( Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor )

Cuma seperempat jam perjalanan, keindahan Danau Cipule telah terlihat di depan mata. Indah serta terlihat asri. Terlebih, cuaca sangatlah mensupport, langit biru berhiaskan awan putih berarak. Pemandangan Danau Cipule jadi terlihat lebih elok. Hembusan angin danau Cipule demikian fresh menimpa badan. Pohon-pohon yang tumbuh di sekitar danau, seakan mengajak untuk selekasnya merapat ke bibir danau.

Di situ itu, ada tempat yang diberi nama Pulau Cinta. Pulau seluas 2. 000 mtr. persegi ini jadi daya tarik sendiri. Rata-rata, yang bertandang ke Danau Cipule, tentu meluangkan diri menyeberang ke Pulau Cinta. Kelihatannya kurang komplit, main ke Danau Cipule ngak berlayar ke Pulau Cinta. Untuk menyeberang ke Pulau Cinta sangatlah gampang. Tinggal naik perahu sampan kecil, ngak hingga lima menit, telah tiba di Pulau Cinta. Tarifnya lumayan murah, cuma Rp 2. 000 per orang pulang pergi.

Baca juga : Wisata Kebun Raya Bogor


Perahu ini tidak butuh didayung. Karena, manfaat perahu ini cuma untuk alat penyeberangan saja. Juru kemudinya cukup menarik kabel baja yang terbentang dari daratan sampai Pulau Cinta. Jadi perahunya terikat pada kabel baja. Ya, serupa dengan rakit penyeberangan sungai.

Danau Cipule Karawang

Danau Cipule Karawang

Walau cuma dalam waktu relatif cepat berlayarnya, romantisme yang dihidangkan Danau Cipule demikian merasa indah. Ada sensasi lain yang susah dirangkai dengan kalimat. Bila ada perahu sewaan, mau rasa-rasanya berlayar di Danau Cipule serta melingkari Pulau Cinta. Sayang, perahu sewaan untuk lalayaran belum ada.

Baca juga : Wisata Taman Bunga Nusantara Bogor

Saat kaki mencapai tanah Pulau Cinta, aura romantisme demikian merasa. Pohon-pohon yang tidak sangat tinggi, anggun memagari Pulau Cinta. Sinar mentari menerobos di antara hijaunya dedaunan. Angin basah yang berhembus dari danau merasa fresh. Demikian teduh serta damai. Lumrah, bila pengelola menamai Pulau Cinta. Tap, sekarang ini keadaan Pulau Cinta telah tergenang air, lantaran debet air Situ Cipule bertambah. Jadi, tempat itu tak akan dipakai.

Danau Cipule ini sangatlah mungkin untuk diperkembang. Keindahan alamnya layak untuk di jual. Beragam jenis wisata air dapat diperkembang di Danau Cipule ini, seperti mancing, perahu monitor, powerboat, becak air, dsb. Bahkan juga berolahraga airpun dapat.

Sesungguhnya, Danau Cipule ini tempat sisa galian pasir. Luasnya seputar 90 hektaran. Maka dari itu, kedalaman Danau Cipule ini ngak sama, ada yang 2 mtr. sampai terdalam 20 meteran. Terlepas dari kekurangan yang ada, Danau Cipule mungkin untuk diperkembang, terlebih sebagai lokasi tempat wisata air. Tak tutup peluang, Danau Cipule bakal menjelma jadi tempat wisata unggulan Kabupaten Karawang. Terlebih, dapat jadi salahsatu daerah maksud wisata di Jawa Barat

Wisata lain :



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.