Green Canyon Karawang

Posted on



Green Canyon Ciomas Karawang

Siapa sangka Kabupaten Karawang memiliki destinasi alam, green canyon. Jika dibandinkan dengan Green Canyon (Cukang Taneuh) Pangandaran, tentu masih jauh dan kalah hebat.

Tapi keberadaan green canyon di Karawang, yang oleh masyarakat setempat dikenal dengan sebutan green canyon Ciomas. Bentuknya yang mini, menjadikan destinasi ini layak untuk dikunjungi.

Lokasinya berdekatan dengan Curug Ciomas di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang. Belakangan ini, green canyon ini banyak dibicarakan para travelers, terutama para penggiat wisata alam.

Mini Green Canyon‘ ini punya air terjun dan sungai berwarna hijau yang jernih. Cocok untuk destinasi akhir pekan.

Baca juga : Air Terjun – Curug Ciherang Bogor


Menurut sejumlah warga setempat belum terlalu terkenal, karena letaknya yang cukup terpencil dan hanya bisa diakses melalui jalan kaki, sekitar satu jam perjalanan dari Dusun Cipaga.

Lokasinya tidak terlalu luas, namun pemandangan serta keberadaan tebing yang mengapit aliran sungai kecil di bawahnya, batu-batu besar serta akar-akar pohon tua cukup eksotis dan memanjakan para pelancong.

Sangat disayangkan belum adanya perhatian pemerintah setempat terhadap keberadaan lokasi wisata ini, hal yang sama juga dikeluhkan warga setempat.



Tidak ada rambu-rambu yang menerangkan arah ke Curug Ciomas tersebut, meski animo masyarakat setempat cukup besar untuk berwisata ke wilayah yang cukup indah ini.

Untuk mencapai lokasi ini tidaklah terlalu sulit. Hanya berjarak tempuh sekitar 45 menit saja dari pusat kota Karawang, bisa sampai di Green Canyon (Curug Taneuh) Karawang. Mesti tak sebagus Green Canyon Cijulang, Ciamis, pesona Green Canyon mini di Karawang yang berbatasan dengan Bogor ini, terbilang cukup menarik untuk dikunjungi.

Baca juga : Floating Market Wisata Di Lembang


Dari pusat kota Karawang dengan arah tol Karawang Barat,  kurang dari satu kilometer sebelum masuk gerbang tol, kendaraan mengambil arah kiri untuk berbelok ke kanan melewati kolong jembatan layang menuju  Daerah Badami lanjut ke Loji. Beberapa puluh meter sebelum sampai ke Pasar Loji, arah kendaraan belok ke kanan terus menelusuri jalan beton yang sesekali ditemukan jalan berbatu.

Selintas memang sulit menemukan titik lokasi Green Canyon mini itu. Sebab tak satupun petunjuk arah yang bisa didapat karena memang belum populer. Hanya saja, masyarakat sekitar yang tampak begitu ramah bisa memberi petunjuk lokasi yang dicari, yakni Curug Ciomas.

Ciri pintu masuk ke titik lokasi hanya ada 2 warung terbuat dari bambu yang tampak sederhana yang berdampingan dengan jembatan. Makanan siap saji ala masyarakat setempat dengan harga murah meriah bisa dinikmati, sebelum melintasi jalan setapak kira-kira sepanjang 20 meter menuju Green Canyon mini.

Harus ektra hati-hati melintasi jalan setapak itu. Jalan yang memang benar-benar setapak dengan pemandangan tebing curam.

Nah, untuk melintasi Green Canyon mini di Karawang ini, jangan bermimpi bisa menyewa perahu seperti pada Green Canyon di Ciamis. Fasilitas yang disediakan masyarakat desa sekitar hanya berupa ban untuk berenang. Sehingga, jika beniat melintasi kawasan itu berperahu, maka harus membawa sendiri perlengkapannya. Namun jenis perahu karet kecil tentunya, lantaran rute sejauh sekitar 100 meter di lokasi itu terbilang sempit dijepit bebatuan eksotis di sisi kiri kanannya.

Lain halnya  bagi Anda penggemar olah raga renang di alam,  Green Canyon mini Karawang ini layak untuk dicoba. Bahkan di ujung Green Canyon mini, Anda bisa bertemu air terjun setinggi sekitar 7 meter membasahi tubuh Anda

Baca juga : Penangkaran Rusa Cariu

Hanya berjarak tempuh sekitar 45 menit saja dari pusat kota Karawang, bisa sampai di Green Canyon (Curug Taneuh) Karawang. Mesti tak sepanjang dan luas Green Canyon di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, pesona Green Canyon mini di Kampung Tonjong  Roke, Desa Medalsari, Kecamatan Pangkalan, Karawang,berbatasan dengan Bogor ini, terbilang cukup menarik untuk dikunjungi.
Menuju lokasi yang sudah populer disebut masyarakat dengan Curug Ciomas ini, dari pusat kota Karawang dengan arah tol Karawang Barat. Namun, kurang dari satu kilometer sebelum masuk gerbang tol, maka kendaraan mengambil arah kiri untuk berbelok ke kanan melewati kolong jembatan layang menuju  Daerah Badami lanjut ke Loji. Dan beberapa puluh meter sebelum sampai ke Pasar Loji, maka arah kendaraan belok ke kanan terus menelusuri jalan beton yang sesekali ditemukan jalan berbatu.
Selintas memang sulit menemukan titik lokasi Green Canyon mini itu. Sebab tak satupun petunjuk arah yang bisa didapat. Hanya saja, masyarakat sekitar yang tampak begitu ramah bisa memberi petunjuk lokasi yang dicari.Namun masyarakat menyebutnya Curug Ciomas.
Ciri pintu masuk ke titik  lokasi  hanya ada 2 warung terbuat dari bambu yang tampak sederhana yang berdampingan dengan jembatan. Makanan siap saji ala masyarakat setempat dengan harga murah meriah bisa dinikmati, sebelum melintasi jalan setapak kira-kira sepanjang 20 meter menuju Green Canyon mini.
Harus ektra hati-hati melintasi jalan setapak itu. Jalan yang memang benar-benar setapak dengan pemandangan tebing curam.
Nah, untuk melintasi Green Canyon mini di Karawang ini, jangan bermimpi bisa menyewa perahu seperti pada Green Canyon di Ciamis. Fasilitas yang disediakan masyarakat desa sekitar hanya berupa ban untuk berenang. Sehingga, jika beniat melintasi kawasan itu berperahu, maka harus membawa sendiri perlengkapannya. Namun jenis perahu karet kecil tentunya, lantaran rute sejauh sekitar 100 meter di lokasi itu terbilang sempit dijepit bebatuan eksotis di sisi kiri kanannya.
Lain halnya  bagi Anda penggemar olah raga renang di alam,  Green Canyon mini Karawang ini layak untuk dicoba. Bahkan di ujung Green Canyon mini, Anda bisa bertemu air terjun setinggi sekitar 7 meter membasahi tubuh Anda.
Baca juga : 

4 thoughts on “Green Canyon Karawang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.