Pantai Santolo Garut

Posted on

Pantai Santolo Garut
Baca juga : Wisata Pantai Samudra Baru Karawang

Pantai Santolo GarutPantai Santolo Garut

Pantai Santolo Garut telah mulai di kenal beberapa orang, walau demikian beberapa pelancong yang penasaran mau bertandang belum pasti memahami peta tempat Pantai Santolo Garut. Tempatnya di Garut Selatan bertetangga dengan Pantai Sayang Heulang, harga penginapan serta Hotel di seputar pantai masih tetap cukup murah, terlebih bila dibanding dengan tarif hotel di Objek Wisata Garut yang lain seperti Cipanas serta Puncak Darajat Garut. Garut Selatan Rutenya populer cukup berat, terkecuali banyak tikungan tajam (kiri jurang kanan tebing) ruas jalan tak demikian besar.


Untuk beberapa wisatawan yang belum pernah coba jalur serta rute ke selatan Garut itu. Bila kunjungan pertama diinginkan waspada. Walau demikian Rute Perjalanan yang berat terbayar oleh Alam Pantainya nan Indah serta tak perlu merogoh kantong terlampau dalam dengan kata lain Irit. Bila dengar kata pantai, apa yang terlintas pertama kalinya dalam fikiran anda? Pasir Putih!!! yah, ini juga yang terlintas di fikiran saya. Pantai Santolo, berikan jawaban ini! Pasir putih, landai, sensasi ombak yang menawan dan ikan bakar yang memanjakan lidah. Saya berkesan dengan hamparan pasir putih yang cukup panjang di pantai santolo. type pasir putihnya juga cukup halus serta lembut. Hamparan pantai yang landai, bikin nyaman sekali tidur-tiduran di hamparan pasir. pokoknya dari segi alami, pantai itu mempunyai potensi yang menjanjikan, sebagai obyek wisata di garut untuk keluarga.

Baca juga : Penangkaran Rusa Cariu

 Nikmati Hawa Pantai Mandi Pasir dengan si Bungsu Terus Narsis Walaupun Kepanasan Muka Cantik dibali Siluet Pantai Nan Indah Terlepas tol cileunyi, jarak menuju pantai itu seputar 112 km, tampak cukup jauh yah! Namun bila anda termasuk juga type orang yang “memasukan perjalanan sebagai sisi dari wisata”, saya jamin, perjalanan sejauh ini sangatlah mengasyikkan. Akses jalan dari mulai kota Garut hingga Pantai Santolo, sangatlah baik (aspal mulus serta lebar jalan cukup), cuma sedikit kendala jalan berlubang atau jalan rusak. Yang paling menonjol dari perjalanan pada kota Garut hingga

Pantai Santolo Garut
Pameupeuk yaitu keadaan panorama kiri kanan jalan yang sangatlah beragam. Kita bakal melalui kota-kota kecamatan dengan beberapa toko atau pasar yang khas, lokasi rimba, persawahan serta kebun teh. Mata kita bakal di sajikan dengan pemandangan yang memanjakan mata. Bagaimanakah tak, kita melewati bukit-bukit yang asri, sejuk serta pasti dengan sensasi jalan berliku yang mengasyikkan. Pokoknya, perjalanan yang mengasyikkan deh.
Di lokasi pantai Santolo, seperti umumnya lokasi wisata pantai di indonesia, berisi banyak tempat tinggal makan sea food serta penginapan-penginapan murah meriah. Bila anda tak berkeberatan untuk sedikit kepanasan, terdapat beberapa penginapan dengan kelas 50rb s/d 100 rb permalam disana. tempat penginapan pas di tepi pantai, hingga dalam tidurpun, anda bisa nikmati deburan ombak pantai selatan yang menggelegar!

 Wisata kuliner dengan berpuas ria nikmati sea food juga cukup murah…ikan kerapu/kakap/kue telah bisa anda nikmati sesuai sama selera anda cuma dengan 60-70rb per kg dalam keadaan telah masak serta siap santap!!! Anda jemu dengan pantai dengan pasir putih yang landai?, dengan menyebrangi muara (bayar biaya perahu 2rb/orang), anda telah ada di segi pantai santolo yang tidak sama. Di segi muara itu, pantainya di dominasi dengan karang-karang (pantai karang), hingga jika tengah surut, anda dapat bermain ke tengah lautan, melalui karang-karang keras yang ada disana! …cukup komplitkan, sajian pantai yang disuguhi di Pantai Santolo-Pameungpeuk itu! Spot pantai Santolo sesungguhnya cukup bagus buat anda yang hoby fotografi. pasir putih, karang, ombak, rimba, perahu nelayan, sunset, awan serta banyak lagi…sayangnya cocok saya kesana, cuaca mendung serta hujan. Namun ini tak menyurutkan semangat untuk berfoto ria… Satu catatan negatif saya yaitu kebersihan pantai…. di segi paling luar pantai santolo, cukup banyak sampah-sampah plastik serta material sampah yang lain. Semula saya fikir pengunjung neh yang paling bertanggungjawab untuk sampah itu. Nyatanya, sangkaan saya tak 100% bener.

Baca juga : Wisata Waduk Saguling


Saya memergoki 2 kali. Beberapa entrepreneur restoran serta penginapan disana, buang 3 ember sampah dengan santainya di tepi pantai, pas di belakang tempat usaha mereka. Mereka buang, serta mempersilahkan ombak, untuk menyeret sampah tersebut di laut (walau sebenarnya beberapa sampah ini, kembali pada ke pantai). Mereka jadikan pantai serta laut santolo dengan pasir putih yang indah ini sebagai TPA (tempat pembuangan akhir) dari sampah hasil sistem produksi mereka!!! Saya cobalah bercakap dengan mereka,,, di jawab enteng saja, “iya, memang sulit pak dibilangin, serta kebanyakan orang juga demikian sih pak!!!! ” Wah, bila tanpa ada usaha pencegahan berbarengan, saya takut pantai itu, lama kelamaan jadi pantai sampah, serta di jauhi wisatawan!!! siapa juga yang rugi bila demikian??? Semoga, bila anda kesana, anda turut mengingatkan mereka untuk mulai mengelola sampah lewat cara yang baik serta benar, tanpa ada butuh mengorbankan pantai santolo yang indah ini.

Baca juga : Air Terjun – Curug Ciherang Bogor


Serta janganlah lupa waktu kembali dari sana anda dapat berkunjung di satu diantara Wisata di Garut yakni Curug Orok Garut. Panduan Untuk Beberapa Calon Pengunjung Wisata Alam Pantai Santolo Garut : Bila rombongan cukup besar, Hotel Simpel (di bawah kelas melati) /Penginapan Sayang Heulang menyebar cukup banyak dengan harga yang relatif murah. Sayangnya pengelolaan serta rencana wisatanya belum teratur rapi lantaran banyak yang berjualan di depan pintu tempat kita bermalam. Bila anda alergi dengan bau anyir/ikan, buat persiapan tutup hidup karena nyaris di sebagian titik seputar pantai banyak Tempat Penjualan Ikan serta Pelelangan Ikan yang wanginya semerbak ditiup angin.

Dianjurkan didampingi oleh Masyarakat Setempat/Tur Guide Lokal untuk memperoleh harga paling baik, umpamanya naik perahu waktu menyebrang ke tempat wisata pulau di seputar Pantai Santolo Garut. .


Wisata lain :





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.