Pantai Tanjung Pakis Karawang

Posted on

Pantai Tanjung Pakis Karawang

 
Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis terdapat di Kabupaten Karawang Jawa Barat, tepatnya ada di Desa Tanjungpakis, Kecamatan Pakisjaya, lebih kurang seputar 70 km. dari pusat kota Karawang.

Baca juga : Wisata Curug Luhur ( Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor )


Pantai itu mempunyai potensi wisata bahari yang menjanjikan. Itu dapat dipandang dari banyak wisatawan yang datang waktu musim berlibur. Terlebih, waktu libur lebaran seperti sebagian waktu lalu. Pantai itu disesaki pengunjung dari dalam serta luar Karawang.

Biasanya, mereka yang datang, membawa semua sanak keluarga maupun pasangan dengan memakai kendaraan pribadi, baik mobil ataupun sepeda motor. Lantaran memanglah, belum terdapatnya layanan transportasi umum yang dapat menjangkau obyek wisata itu. Hingga itu jadi satu diantara masalah wisatawan. Walau sekian, masalah itu tak kurangi semangat untuk berwisat ke Tanjung Pakis.

Terdapat banyak alternatif untuk meraih tempat itu, pertama lewat Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi, atau dapat lewat pintu masuk Tol Karawang Barat.

Baca juga : Wisata Kebun Raya Bogor


Bila anda menginkan saat tempuh yang singkat serta jalur yang menantang, pastikan alternatif lewat Bekasi, namun bila mau lebih lama tetapi dapat pergi ke tempat wisata lain seperti Rumah Laksmana Maeda, Candi Batujaya, atau ingin kembali kenang Chairil Anwar di Tugu Perjuangan Krawang-Bekasi, alternatif lewat Tol Karawang Barat dapat anda cobalah, namun berhubung admin senantiasa melalui jalur Kabupaten Bekasi, jadi bakal admin terangkan lewat rute itu saja.

Dari Kabupaten Bekasi anda dapat lewat rute menuju Masjid At-taqwa pondok pesantren KH. Noer Alie pahlawan nasional asli Bekasi. Dari sana anda lurus saja lewat Babelan. Rute di sana cukup ekstrim serta gersang, admin sangatlah tak menyarankan untuk pergi ke Pantai Tanjung Pakis di musim penghujan. Jalannya cukup seru untuk dilewati dengan kendaraan off road, maklum rute itu kerap dipakai oleh truck pengangkut minyak mentah punya PT Pertamina.

Baca juga : Wisata Arung Jeram di Sukabum


Sesudah melalui hamparan sawah, serta pipa penyalur minyak bumi, anda bakal temukan suatu kapal terdampar dari suatu jembatan, tempat itu dimaksud dengan Kali Cibe’el, entahlah masyarakat setempat menyebutnya sekian. Kembali jalan sebagian km., baru anda bakal masuk perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang yang dibelah oleh sungai besar, lokasi itu dimaksud Muara Gembong.

Keadaan jalan di Muara Gembong telah cukup rapi dengan coran beton yang cukup kuat. Bila anda mujur, anda bakal temukan Biawak dengan ukuran yang cukup besar hilir mudik di tepi jalan, atau cuma untuk menyebrang menuju rawa-rawa di selama jalan.

Anda bakal banyak temukan tulisan “Sewa Eretan”, eretan jadi hanya satu alat transportasi penghubung pada Kabupaten Karawang serta kabupaten Bekasi yang dibelah oleh Sungai Muara Gembong. Eretan yaitu perahu yang terbuat dari susuanan kayu, serta ditarik memakai tali, nyaris serupa dengan Getek, tetapi eretan lebih kokoh.

Baca juga : Wisata Situ Wanayasa Purwakarta


Cost untuk menyebrang dengan eretan 10. 000 untuk motor, serta 30. 000 – 50. 000 untuk mobil, bergantung type mobil, serta 2000 untuk penumpangnya. Sesudah menyebrang anda bakal kembali meneruskan perjalanan menuju Pantai Tanjung Pakis seputar 1. 5 jam. Bila telah temukan banyak tambak udang serta bandeng, berarti anda makin dekat dengan maksud.

Anda mesti membayar sebesar Rp 25. 000/orang untuk masuk lokasi Pantai Tanjung Pakis, lantaran telah dikelola dengan pihak pemerintah setempat, hingga keadaan Pantai Tanjung Pakis telah tambah baik.

Di sana anda dapat menyantap hidangan laut yang masih tetap fresh dari tangan beberapa nelayan tambak yang jual hasil tambaknya dirumah makan yang berjejer apik di tepi pantai, anda dapat juga menyewa penginapan dari harga termurah 100. 000/kamar hingga yang paling mahal 700. 000/kamar, adapula berolahraga pantai seperti ATV, bodat, serta permainan ketangkasan yang lain yang pas untuk putra putri anda.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.