Wisata Curug Luhur ( Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor )

Posted on

Keindahan Curug Luhur 

Keindahan Curug Luhur
Curug Luhur


Curug Luhur yaitu nama suatu air terjun yang ada di kaki Gunung Salak. Curug berarti dalam bhs Sunda yaitu air terjun serta mulia berarti tinggi. Nama curug ini dapat disimpulkan sebagai curug tinggi atau paling tinggi. Nama ini merujuk pada fisiknya yang disebut yang paling tinggi di antara beragam curug yang ada di kaki gunung lambang Bogor itu. Tinggi curug ini seputar 62 mtr. dari permukaan tanah.

Curug Luhur telah mulai sejak lama adalah suatu object wisata yang memercayakan pada keindahan alam sekitarnya. Di sana ada kolam air pas di bawah curahan air. Sekitarnya juga ada sungai kecil yang mengalirkan air dari sang air terjun. Pemandangan alam yang asri serta tenang dahulu adalah hal yang diprioritaskan untuk menarik pengunjung

Keindahan Curug Luhur
Keindahan Curug Luhur

Lokasi
Curug Luhur ada di Desa Ciapus Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor. Jaraknya seputar 20-22 km. (diukur menggunakan odometer Supra Fit November 2014 waktu lalu) dari Kebun Raya Bogor. Saat tempuh (bergantung type angkutan yang digunakan dan keadaan jalan raya) sekitar pada 1 hingga 1 1/2 jam.

Langkah menuju ke Curug Luhur

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, tempatnya bisa diraih lewat dua jalur (dari Jakarta)
Lewat Kebun Raya – Empang – Cikaret – Ciapus
Lewat Jalan Soleh Iskandar – Jalan Ciomas – Laladon – Simpang Pagelaran (belok kanan lurus) – Curug Luhur
Jaraknya nyaris sama. Cuma di pilihan no 2 tingkat kepadatan jalan raya lebih rendah lantaran lewat jalur perkampungan. Meskipun sekian jalur no 2, jalannya telah teraspal dengan baik.

Keindahan Curug Luhur
Curug Luhur

Bila menggunakan kendaraan umum
Ada angkot no 03 Biru jurusan Ramayana – Ciapus ada di depan Bogor Trade Mall/Museum Zoologi. Sayangnya angkot ini akhir rutenya yaitu di perempatan Ciapus yang jaraknya masihlah 7 km. dari tempat. Dengan cara resmi tak ada angkot kelanjutan menuju loasi curug. Meskipun sekian kerapkali angkot no 03 Biru ini dapat meneruskan perjalanan dengan biaya ekstra (bila penumpangnya penuh).

Oleh karenanya dianjurkan tambah baik menggunakan kendaraan pribadi jika akan ke Curug Luhur
Taman Wisata Curug Luhur Bogor

Harga Tiket
Curug Luhur atau namanya saat ini Taman Wisata Curug Mulia dikelola pihak swasta yang mengaplikasikan tarif masuk sebesar

Ticket masuk : Ro. 40, 000. – per orang

Tarif Parkir : Rp. 8, 000/per sepeda motor serta Rp. 20, 000/per mobil

Tarif ini yaitu tarif resmi. Cuma umumnya ada pungutan penambahan dari ‘preman’ seputar dengan argumen layanan parkir serta lain sebagainya

Keindahan Curug Luhur
Waduk Curug

Apa yang ada di Curug Luhur?

Tidak sama dari saat lantas Taman Wisata curug ini tak akan memercayakan curugnya sendiri serta keindahan alam seputar. Taman wisata ini memercayakan pada suatu “waterboom” atau “water adventure park” seperti yang ada di kota. Ada beragam jenis kolam buatan untuk beragam umur. Perosotan mengulir menuju kolam-kolam juga tunjukkan suatu usaha mengikuti taman rekreasi air yang terdapat banyak di kota Bogor. Air untuk kolam datang dari aliran air yang sama juga dengan air terjunnya hingga merasa dingin.

Air terjun-nya sendiri masihlah ada cuma telah dipagari serta pengunjung tak diperbolehkan bermain didalam kolam alami dibawah curug.

Diluar itu didalam kompleks taman wisata ini ada banyak warung-warung yang sediakan jajanan dan souvenir.

Taman Wisata Curug Luhur
Sarana yang ada di Curug Luhur

Prosotan Keindahan Curug Luhur
Prosotan

Sepintas Pandang
Sayang! Saya terasa sayang sekali dengan pergantian yang berlangsung di Curug Luhur. Di saat telah makin susah mencari nuansa alami dari alam, satu lagi suatu keindahan alam mesti diganti untuk kebutuhan komersial.

Bila lihat kondisinya sekarang ini tak tampak lagi ada pemandangan alam yang menentramkan. Rimbunnya pohon-pohon telah diganti dengan beragam bangunan serta sarana penunjang yang lain.

Pengelola tempat ini kelihatannya cuma coba mengikuti beberapa hal yang tengah ngetrend di kota untuk menarik pengunjung. Tak tampak untuk coba mengharmonisasi bentuk dari beragam bangunan serta sarana yang ada dengan alam seputar. Rupanya prinsip yang utama membuahkan juga digunakan di sini.

Wisata Curug Luhur
Kolam Renang

Walau sebenarnya bila memprioritaskan rencana waterboom sendiri di kota Bogor telah ada sangat banyak obyek wisata dengan rencana yang sama dengan Marco Polo Water Adventure, The Jungle, Zam Zam Tirta. Sarana serta keamanan di taman wisata semacam yang ada di kota Bogor tambah lebih komplit. Diluar itu jaraknya tak jauh dari pusat kota dibanding mesti ke Taman Wisata Curug Luhur

Ticket masuknya juga termasuk cukup mahal mengingat Zam Zam Tirta cuma Rp 15, 000 di hari umum serta Rp. 25, 000 saja di hari libur/akhir minggu. Marcopolo Water Adventure kenakan tarif Rp 45, 000 hari umum serta Rp 60, 000 akhir minggu atau hari libur sekali lagi dengan sarana yang lebih komplit serta tempat parkir yang terjamin (tarif parkir juga lebih murah). Keduanya juga gampang dibuka dari kota Bogor.

Wisata Curug Luhur
Makan dulu biar ga panik

Kelihatannya pengelola Taman Wisata Curug Luhur memercayakan pada nama tenar sang air terjun yang telah di kenal bahkan juga diluar Bogor terlebih warga Jakarta. Cuma pertanyaannya hingga kapan nama besar sang air terjun bisa menyokong kehidupan taman wisata itu. Terlebih apabila dalam beragam segi ekonomi taman wisata ini akan tidak dapat berkompetisi dengan tempat rekreasi semacam.

Pertanyaan kelanjutannya, saat pengelolaan taman wisata ini berhenti lantaran beragam argumen kalah berkompetisi? Lantas apa yang berlangsung dengan beragam bangunan yang ada di sana? Dapatkah keindahan Curug Luhur dikembalikan seperti awal mulanya apabila hal itu berlangsung?
Pertigaan Ciapus
Pertigaan akhir trayek 03 Biru Ramayana Ciapus

Saya mungkin saja sangat paranoid serta pesimistis dalam soal ini. Cuma kunjungan paling akhir ke sana berikan kesan kalau tempat itu kurang demikian tertangani. Saya berharap ketakutan saya tak berlangsung. Mudah-mudahan!

Saran

– Cermati anak-anak anda sepanjang bermain lantaran tampak lantai seputar taman wisata cukup licin serta di bagian-bagian tampak lumut

– Janganlah pulang sangat sore mengingat cuaca Bogor kerap hujan serta cepat gelap. Jalan ke serta dari tempat minim penerangan

– Tambah baik menggunakan kendaraan sendiri lantaran angkot menuju serta dari tempat begitu terbatas

2 thoughts on “Wisata Curug Luhur ( Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.