Wisata Pantai Suwuk Kebumen

Posted on

Pantai Suwuk Kebumen adalah pantai Selatan ke-2 yang saya kunjungi di Kebumen, ikuti rute yang di buat oleh Bambang dari Aliftrans. Kebumen mempunyai garis pantai Selatan panjang, yang apabila saja memperoleh perhatian tinggi dari pemda serta orang-orangnya, pantai-pantainya dapat jadi sumber pendapatan besar serta berkepanjangan.

Gerbang Utama Pantai Suwuk Kebumen
Gerbang Pantai Suwuk Kebumen

Dari Pantai Petanahan kami balik arah ke Utara sejauh 2, 5 km, serta lantas belok kiri mengambil arah ke Barat sesudah masuk di Jl Petanahan – Sruweng, yang disebut jalur jalan paling Selatan di Pulau Jawa, hingga mentok di pertigaan, serta belok ke kiri ikuti jalan paling utama sampai hingga di gerbang Pantai Suwuk.

Gerbang masuk ke Pantai Suwuk Kebumen sudah di buat jauh semakin bagus daripada yang ada di Pantai Penatahan, nyaris mirip gerbang yang ada di Taman Yang diimpikan Jaya Ancol, Jakarta. Lebar gerbang ini seputar 40 mtr., cukup lega untuk menyimpan kendaraan pengunjung dalam jumlah besar kurun waktu yang berbarengan.

Wisata pesawat terbang pantai suwuk
Wisata Pesawat Terbang

Sesudah membayar ticket masuk ke Pantai Suwuk Kebumen sebesar Rp. 3. 500 per orang, kami mengambil jalan lurus serta masuk di antara pohon-pohon kelapa. Sesudah turun dari kendaraan, saya juga jalan ke pinggir pantai sesaat Bambang mencari tempat parkir yang kosong serta teduh.

Seseorang gadis kecil duduk diatas punggung kuda yang jalan pelan dituntun pemandunya di selama tepian pantai, sesaat di latar belakang anak-anak sekolah mengenakan seragam hijau biru dengan jumlah cukup banyak terlihat bergerombol bermain air di bibir pantai.

Ombak Pantai Suwu
k Kebumen termasuk dahsyat, sedikit lebih dahsyat daripada gelombang laut di Pantai Petanahan, serta karena itu ada papan peringatan dilarang mandi ditancapkan di pinggir pantai ini. Cuma saja, papan peringatan kerap dipasang tidak untuk diindahkan. Mengakibatkan, korban tetaplah berjatuhan.

Pantai Suwuk Kebumen
Pantai Suwuk Kebumen

Pengunjung Pantai Suwuk tampak tambah lebih ramai daripada Pantai Petanahan, di hari yang sama. Sekurang-kurangnya ada tiga rombongan besar anak mengenakan seragam sekolah, terkecuali pengunjung keluarga. Di jalan tepian pantai seseorang gadis kecil tertawa terlepas dibonceng ATV oleh anak lelaki yang serius memegang gagang setir kendaraannya yang melaju.

Keunggulan Pantai Suwuk Kebumen yaitu ada kolam renang yang di atasnya ditempatkan pesawat Boeing 737-200 asli buatan 1986. Pesawat ini terlebih dulu punya TNI AU yang dibawa berbentuk potongan dari Lanud Juanda Surabaya serta tiba di Pantai Petanahan pada 22 Maret 2014. Potongan pesawat lalu dirakit jadi pesawat utuh.

Area Parkir Pantai Suwuk Kebumen
Area Parkir Pantai Suwuk Kebumen

Di segi kanan Pantai Suwuk tampak warung berjejer sejajar pantai sampai hingga ke ujung yang jaraknya seputar 400 mtr.. Warung di segi kiri ada pula tetapi jumlahnya lebih sedikit. Di segi kanan ada juga panorama perbukitan, yang terakhir saya kenali kalau beberapa darinya adalah Pantai Karangbolong.

Tidak lama kemudian saya naik kendaraan, tak keluar ke gerbang depan tetapi menyusuri jalan kecil di dekat gerbang yang menghadap ke Barat hingga mentok serta belok kiri. Di samping kanan tampak ujung Sungai Telomoyo yang bermuara di Muara Suwuk, memisahkan Pantai Suwuk dengan Pantai Karangbolong.
Sungai Telomoyo menyimpan aliran sepuluh sungai besar di Kebumen sebelumnya selesai di Muara Suwuk. Bukan sekedar lantaran tukang perahu itu gigih tawarkan jasanya hingga pada akhirnya saya sepakat untuk menyewa perahu, tetapi juga lihat orang di seberang sungai yang keluar dari mulut Gua Karangbolong, serta tukang perahu sepakat untuk membawa saya singgah kesana.

Pantai Suwuk
Pantai Suwuk

Perjalanan menyusuri Sungai Telomoyo dari Muara Suwuk arah ke hilir nyatanya mengasyikkan. Gelombang air yang tidak bersahabat cuma ada di dekat Muara Suwuk. Kami melalui rimba Nipah, seseorang pria yang memancing sendirian diatas karang, serta melalui dibawah jembatan beton dengan jejeran pemancing ikan, sampai hingga ke percabangan sungai.

Untuk anak-anak, Pantai Suwuk Kebumen adalah tempat menarik lantaran kolam renang dengan pesawat besar itu, ada kuda tunggang, serta ada juga ATV. Tetapi untuk saya, ujung Barat Pantai Suwuk lebih menarik dengan muara sungai yang bergolak serta peluang menyusur sungai, dan menyeberang ke gua Karangbolong yang Travelog-nya dapat di baca pada tulisan selanjutnya.

Suasana Pantai Suwuk
Suasana Pantai Suwuk

Pantai Suwuk Kebumen sedetailnya : 4. Tengara Larangan 5. ATV 6. Boeing 737-200 7. Hijau 8. Keberanian 9. Warung 10. Dahsyat 11. Teratasi 12. Bonceng ATV 13. Kerasan 14. Jembatan Bambu 15. Perahu 16. Hulu 17. Tumpuk Batu 18. Pohon-pohon 19. Muara Suwuk 20. Karangbolong
Pantai Suwuk Kebumen

Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kebumen (saksikan di Peta) . Tempat Wisata di Kebumen. Hotel di Kebumen. Karcis ticket masuk Rp. 3. 500, menunggang kuda Rp. 10. 000 per anak, atau Rp. 15. 000 bila dinaiki 2 anak.

3 thoughts on “Wisata Pantai Suwuk Kebumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.