Wisata Situ Wanayasa Purwakarta

Posted on

Wisata Alam Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa

Pada jaman purba daerah Wanayasa yaitu suatu daerah di kaki Gunung Burangrang tetapi terlebih dulu dalam hitungan jutaan th. waktu lalu ada di kaki Gunung Sunda.

Daerah Wanayasa sekarang ini ada di bawah kaki gunung tangkuban perahu serta populer sebagai daerah yang subur lantaran adalah daerah abu volkanik saat Gunung Sunda meletus

Meletusnya Gunung Sunda juga mengakibatkan terbentuknya cekungan-cekungan dalam radius 100 km. Satu diantara cekungan di bagian selatan Gunung Sunda di kenal sebagai cekungan Danau Bandung Purba.

Sedang di bagian utara tersisa cekungan yang dikatakan sebagai Situ Wanayasa serta Situ Cibeber serta di kenal sebagai “pangparatan” Situ Wanayasa.

Situ Wanayasa PurwakartaSinyal tanda kalau Situ Wanayasa adalah situ alam diantaranya dengan adanya banyak sumber air di ruang serta didalam Situ Wanayasa tersebut.

Oleh karenanya, hingga saat ini belum di ketahui kedalaman sebenarnya dari Situ Wanayasa itu, lantaran tidak pernah kering sekalipun serta memiliki bentuk seperti kuali hingga bikin Situ Wanayasa sangatlah kokoh, dengan sisi terdalam disangka ada dibagian barat daya Pasir Mantri saat ini.

Eyang Tambak yaitu salah seseorang tokoh yang disegani di Wanayasa pada masanya, hingga ia diangkat jadi pengatur air dari Situ Wanayasa untuk kebutuhan persawahan yang airnya memercayakan Situ Wanayasa.

Pada saat Eyang Tambak yang kerap melakukan perbaikan tambakan situ wanayasa yang sukai bocor serta mengurug di bagian-bagian yang tanahnya labil. Eyang Tambak diprediksikan hidup sektar era ke-19.
Situ Wanayasa Purwakarta

Jaman dulu ada empat bukit kecil di ruang yang ada di tepi situ itu. Saat ini yang tersisa cuma penclut Pasir Mantri.

Di tiap-tiap bukit kecil itu ada makam serta petilasan kuna, yang erat hubungannya dengan perjalanan histori Wanayasa.

Situ Wanayasa PurwakartaPada sekarang ini Situ Wanayasa, adalah suatu danau (situ) dengan luas seputar 7 hektar, dikelilingi pohon-pohon, bukit-bukit hijau, air danaunya bersih serta alami. Mempunyai ketinggian seputar 600 mtr. dari permukaan laut dengan temperatur hawa rata-rata sekitar pada 17 s/d 20 derajat Celsius.

Prasarana yang telah ada, listrik, telephone serta kendaraan umum. Untuk tingkatkan akses serta kenyamanan untuk pengunjung, jalan menuju Situ Wanayasa sudah dihotmix, pengaturan Gedung Kewedanaan jadi fasilitas kegiatan kebudayaaan serta pembangunan fasilitas wisata berbentuk Guest House.

Pada th. 2007 Tubuh Pariwisata Kabupaten Purwakarta sudah lakukan usaha pengaturan lokasi Situ Wanayasa, diantaranya pembuatan gazebo, yang bisa digunakan pengunjung untuk tempat beristirahat sembari nikmati keindahan pemandangan Situ Wanayasa.

Diluar itu juga sudah di buat juga jembatan semi permanen yang menghubungkan dari segi ke pulau kecil yang terdapat ditengah situ, hingga saat ini pulau kecil yang ada ditengah situ bisa diraih pengunjung dengan gampang, di mana dalam th. yang sama sudah dikerjakan juga pengaturan taman ditengah Situ itu, diantaranya penyediaan sebagian tempat duduk yang bisa digunakan pengunjung untuk bersantai.

Situ Wanayasa Purwakarta

Situ Wanayasa terdapat 23 km dari kota Purwakarta, dengan hawa yang sejuk berlatar belakang gunung Burangrang, hingga Situ Wanayasa yang luasnya 7 ha demikian menyatu dengan alam. Situ Wanayasa serta sekitarnya sangatlah mungkin untuk diperkembang jadi Taman Rekreasi serta Desa Wisata.

Sekarang ini lingkungan di sekitar Situ Wanayasa ada banyak tempat tinggal makan atau tempat jajanan yang menggoda selera. Jika anda hoby makan dengan lakukan wisata kuliner, berikut tempat yang pas buat anda kunjungi.

Seputar 8 km dari Situ Wanayasa ada sumber air panas Ciracas yang berlokasi di dalam hamparan persawahan yang indah dengan hawa yang sejuk. Potensi object wisata Sumber Air Panas Ciracas bisa diperkembang beragam sarana diantaranya hotel, bungalow, kolam renang serta fasilitas rekrasi yang lain.

Diluar itu ada air terjun Curug Cipurut yang disebut satu tempat yang nyaman untuk rekrasi baik hiking ataupun camping ground. Menuju tempat Curug Cipurut, ditempuh dengan jalan kaki selama ± 3 km ke arah Selatan kota Wanayasa.

Terkecuali dari itu kita bisa lakukan agro wisata di Situ Wanayasa, lantaran dengan kesejukan hawa serta hamparan pemandangan alam yang indah dari perkebunan teh, manggis serta perkebunan pala, kita sekeluarga bisa lakukan aktivitas `garden party` sembari menimati makanan khas dengan pala, maranggi serta menuai buah mnggis. Obyek-obyek wisata ini, menunggu pengembangan dari pihak investor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.