Object wisata Waduk Sempor Kebumen

Posted on

Waduk Sempor yaitu satu diantara object wisata yang ada di Desa Sempor, kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah. Waduk sempor adalah bendungan pada daerah Sungai Cincingguling atau dimaksud juga Sungai Sempor yang mengalir dari timur laut ke selatan di Kaki Gunung Serayu Selatan serta bermuara di Samudra Hindia. Waduk Sempor terdapat 8 km disamping utara kota Gombong. Waduk sempor ada di ketinggian lebih kurang 30 mtr. diatas permukaan air laut.

 Object wisata Waduk Sempor
Object wisata Waduk Sempor 

Object wisata Waduk Sempor adalah satu diantara andalan object wisata di Kebumen. Waduk ini memanglah menaruh potensi yang besar sebagai object wisata. Terkecuali daya tarik alamnya yang demikian besar, object wisata ini dapat dilengkapi dengan beragam fasilitas pendukung, diantaranya wisma-wisma penginapan yang dapat disewa dengan cara perseorangan ataupun rombongan. Tempat ini dapat pas jadikan tempat untuk seminar, rapat kejra serta aktivitas yang lain, lantaran terkecuali tempatnya tenang, juga mempunyai fasilitas yang ideal untuk aktivitas itu.


Histori Waduk Sempor 
Ketika Indonesia dikuasai oleh Belanda tepatnya th. 1916, Pemerintah Belanda berasumsi Sempor adalah tempat yang ideal untuk satu waduk untuk sediakan air yang bakal dipakai untuk irigasi beberapa daerah di sekelilingnya. Sesudah Belanda meninggalkan Indonesia, Pemerintah Indonesia kembali memakai kembali potensi untuk waduk di Sempor pada th. 1950. Pada th. 1958 pembangunan fisik Bendungan Serbaguna Sempor diawali lewat Proyek Sempor. Proyek pembangunan Waduk Sempor usai pada th. 1978.

 Object wisata Waduk Sempor
Object wisata Waduk Sempor 

Pemandangan Waduk Sempor 
Panorama di Waduk Sempor didominasi oleh air di waduk serta pohon-pohon pinus di bukit. Waduk ini dapat juga dipakai sebagai tempat nikmati matahari terbit (sunrise). Panorama bebatuan serta nada gemericik air bisa di nikmati di sungai pada sekitaran waduk. Waduk Sempor sudah dilengkapi dengan sarana untuk bersepeda serta berlari-lari enjoy untuk beberapa wisatawan. waduk sempor
Hamparan air beriak kecil dalam suatu wadah alam berbentuk waduk, yang menyatu dengan perbukitan hijau di sekelilingnya, adalah panorama cantik yang dapat kita jumpai di object wisata Waduk Sempor, suatu object wisata yang menaruh beribu pesona serta narasi.

Daya tarik paling utama object wisata ini yaitu alamnya. Waduk seluas beberapa puluh hektar ini, apabila dilihat demikian serupa suatu danau alam yang dipagari oleh perbukitan. Dengan support iklim yang mempunyai curah hujan cukup memutari sang ” danau “. Suatu serasi alam yang terwujud dari kombinasi waduk dengan sang sabuk hijau adalah lukisan hidup yang demikian menakjubkan.

Waduk Sempor dilengkapi beragam sarana. Untuk rekreasi air umpamanya, ada speedboat, slowboat, bebek dayung dan perahu dayung. Diluar itu, Anda dapat juga pilih acara lain, seperti berjalan-jalan di sekitar waduk sembari nikmati pemandangan indah serta hawa sejuk beri kesegaran. Objek Wisata Waduk Sempor adalah karya manusia yang terpadu dengan alam. Ditambah lagi system pengelolaanya yang segera diakukan oleh beberapa orang yang profesional di bagiannya.

 Object wisata Waduk Sempor
 Object wisata Waduk Sempor 

Monumen Waduk Sempor 
Di tempat object wisata Waduk Sempor ada suatu Monumen. Monumen Sempor diresmikan oleh Menteri Pekerjaan Umum serta Tenaga Listrik waktu itu Prof DR Ir Sutami pada Maret 1978. Monumen itu di bangun untuk kembali kenang beberapa pekerja Proyek Sempor warga sebagai korban jebolnya Waduk Sempor pada th. 1967. Waktu itu Waduk Sempor masihlah berupa timbunan tanah. Terdaftar jebolnya Waduk Sempor waktu itu mengonsumsi korban sejumlah 127 orang.


Akses Menuju Waduk Sempor 
Waduk Sempor, yang terdapat seputar 30km dari Kota Kebumen ke arah barat serta 8 km dari pusat kota Gombong begitu gampang dijangkau. Object wisata waduk Sempor telah dilewati oleh kendaraan umum, Dari Kebumen, naik kendaraan umum serta turun di Gombong. Anda dapat naik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum berbentuk mikrolet warna ungu, dengan tarif seputar Rp5 ribu. Diperlukan saat seputar 30 menit untuk meraih Waduk Sempor, lantaran medan yang lumayan terjal.

Tiket
Untuk masuk object wisata Waduk Sempor dipungut Retribusi masuk sebesar :
Dewasa Rp. 4. 500.
Anak umur 5 (lima) th. ke bawah Rp. 2. 500.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.