Pantai Gigi Hiu/Batu Layar Lampung

Posted on

Gigi Hiu/Batu Layar – Sekian banyak tempat inidah dan menarik di Indonesia, Lampung sudah tentu termasuk di dalamnya. Di Lampung anda akan disuguhi berbagai atraksi alam yang sangat mengagumkan, dari mulai gajah-gajah Lampung hingga serombongan lumba-lumba cantik yang seringkali muncul dan menampakan diri di Teluk Kiluan. Meskipun demikian selain dua atraksi wajib yang harus anda kunjungi jika sedang berada di Lampung, anda juga semestinya mencoba berkunjung ke sebuah lokasi pantai yang menawan dan eksotis. Bernama Pantai Pagadungan, lokasi tersebut juga seringkali disebut sebagai Pantai Gigi Hiu.


Pantai Gigi Hiu ini cukup berbeda dengan pantai lainnya yang banyak tersebar di Indoesia. Pantai Gigi Hiu atau Pegadungan ini memiliki keeksotisan yang terletak dari banyaknya gugusan batu-batu karang yang menjulang tinggi bak tebing dengan susunan yang cukup unik. Gugusan-gugusan batu tersebut memiliki tinggi dan juga besar yang cukup bervariasi antara 1 meter hingga 10 meter untuk ketinggiannya.

Itulah lokasi dari Pantai Pegadungan yang dikenal sebagai Pantai Gigi Hiu berkat adanya tebing-tebing yang menyerupai gigi dari hewan laut yang cukup ganas yakni hiu. Meskipun dengan keeksotisannya itu pula lokasi ini disebut sebagai Batu Layar karena batunya yang berkembang bagaikan perahu layar.

Runcing Menyerupai Gigi Hiu

 Runcing Menyerupai Gigi Hiu

Masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan Batu Layar. Sekilas kawasan objek wisata ini memang menyerupai layar terkembang. Namun, para pengunjung kemudian memberi nama Gigi Hiu karena bentuknya yang runcing dan tak beraturan seperti gigi hiu. Ternyata penamaan Gigi Hiu membawa berkah tersendiri, semakin banyak pengunjung yang datang dan mencari lokasi wisata yang satu ini walau letaknya sangat terpencil.

Meyerupai Layar Terkembang

Meyerupai Layar Terkembang

Berlokasi di Pegadungan Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Lampung, lokasi Gigi Hiu sendiri adalh sebuah daerah yang cukup jauh dari lingkungan penduduk dan juga keramaian. Meskipun demikian sebenarnya lokasi ini letaknya tidak terlalu jauh dari sebuah lokasi mengagumkan lainya yakni Teluk Kiluan.


Pantai Pegadungan

Meyerupai Layar Terkembang

Lokasi objek wisata yang satu ini berjarak sekitar 12 km dari pintu masuk Objek Wisata Teluk Kiluan. Walaupun begitu, Teluk Kiluan dan Gigi Hiu merupakan kawasan objek wisata yang berbeda dan tidak terletak dalam satu lokasi. Jalanan yang terjal dan curam seolah “mewajibkan” para wisatawan untuk beralih ke kendaraan roda dua ataupun menyewa jasa ojek dari Teluk Kiluan. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan dari pintu masuk Teluk Kiluan. Jalanan yang rusak sepertinya tak menyurutkan para pengunjung untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini. Gigi Hiu akan ramai saat akhir pekan tiba, biasanya para fotografer akan berburu sunset di sini saat senja tiba.

Akses Jalan Menuju Gigi Hiu

 Akses Jalan Menuju Gigi Hiu

Tidak seperti kebanyakan lokasi wisata bahari di Indonesia ternyata pantai yang satu ini bukanlah spot yang tepat bagi anda yang ingin melakukan kegiatan bawah laut. Pantai mengagumkan yang satu ini justru menawarkan keindahan lokasinya melalui pemandangan yang tersaji, sehingga memang kebanyakan pengunjung yang hadir ke lokasi ini merupakan para fotografer yang ingin mengabadikan keindahan alam melalui lensa kameranya. Sajian terbaik yang bisa anda dapatkan jika berkunjung ke Pantai Pegadungan khususnya Gigi Hiu adalah ketika matahati terbit. Pada saat itu anda akan disuguhkan pemandangan indah dari pancaran lembayung berwarna merah jingga diantara sela-sela batu-batu karang besar nan runcing serta deburan ombak besar yang juga memantulkan cahaya dari warna matahari yang indah.


Indahnya Menikmati Sunset di Gigi Hiu

 Akses Jalan Menuju Gigi Hiu

Agar mendapatkan jepretan gambar yang maksimal kita bisa memanjat beberapa batuan karang dengan bagian atasnya yang agak rata. Barulah batuan-batuan unik nan eksotis itu seperti tersembul keluar dari lautan. Ini merupakan view yang cocok untuk mengambil gambar. Batuan cantik ini konon terbentuk karena deburan ombak yang yang begitu besar yang menghempas batuan karang. Konon, menurut warga setempat proses itu berlangsung berpuluh-puluh tahun bahkan mungkin ratusan tahun hingga terbentuk batuan cantik seperti sekarang ini. Pesona Gigi Hiu kini kian moncer saatnya kita sambut para wisatawan yang berkunjung ke Sai Bumi Khua Jukhai ini dengan senyuman.


Pesona Gigi Hiu

Pesona Gigi Hiu

Sangat unik dan mengagumkan bukan Pantai Gigi Hiu ini? Mari berkunjung bersama dengan keluarga dan teman anda setelah sebelumnya membagikan video dan artikelnya. Jangan lupa juga memberikan komentar mengani keesotisan pantai di Lampung ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *