Pantai Mutun di Lampung

Posted on

Pantai Mutun  – Jika berkunjung ke Bandar Lampung, tak afdol rasanya jika tidak mengunjungi pantainya. Ada pantai Pasir Putih yang biasa dikunjungi wisatawan. Sebenarnya Lampung memiliki banyak sekali pantai bersih karena belum banyak wisatawan yang tahu dan datang kesana.

Diantara pantai-pantai yang ada, kali ini saya akan membahas tentang pantai Mutun karena Pantai inilah yang paling sering saya kunjungi. Pantai Mutun adalah pantai yang berada di Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pasawaran, Lampung. Sangat cocok untuk wisata keluarga.

Untuk berkunjung kesana, hanya membutuhkan waktu tempuh 45 menit dengan mobil dari pusat kota Bandar Lampung, relatif singkat bukan? Akses menuju kesana cukup mudah, banyak papan-papan penunjuk jalan yang akan membawa anda melewati Lempasing dan juga pasar ikan sebelum sampai kesana.
Pantai Mutun

Pantai Mutun
Pantai Mutun

Sepanjang perjalanan, anda akan disuguhi pemandangan pinggir pantai di sebelah kiri dan juga bukit-bukit serta gunung kapur di sebelah kanan. Setelah sampai di gang dengan bertuliskan Pantai Mutun, pertama-tama anda akan melewati kebun dengan pohon dan rerumputan yang tinggi, lalu setelah itu baru sampailah anda di Pantai Mutun tersebut.

Untuk masuk kesana, anda akan dikenakan biaya retribusi Rp 5.000 per orang dan Rp 10.000 untuk biaya masuk mobil. Tak masalah jika anda tidak ingin berenang di pantai karena di sana anda bisa menyewa pondokan kecil berukuran 2×2 m yang terbuat dari bambu dan berada di bawah pohon rindang dengan harga Rp 30.000.

Pantai Mutun Dipenuhi Manusia

Pantai Mutun Dipenuhi Manusia
Pantai Mutun Dipenuhi Manusia

Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan di Pantai Mutun seperti berrenang, berjemur, menyusuri sepanjang bibir pantai, bermain waterboom atau pun naik banana boat.

Asyiknya Main Banana Boat
Anda mungkin biasa jika mengunjungi waterboom air tawar. Sensasi berbeda akan Anda temukan di pantai ini, waterboom air asin. Ya, di pantai eksotis ini ada waterboom yang terletak di tengah pantai. Anda akan langsung terjun ke laut saat meluncur dari waterboom ini. Rasa khawatir Anda akan segera lenyap saat sudah meluncur ke pantai. Anda tak perlu takut, waterboom ini aman dari batuan karang.
Serunya Main Di Waterboom

 Serunya Main Di Waterboom
 Serunya Main Di Waterboom

Saat berkunjung ke Pantai Mutun Anda bisa menyebrang ke Pulau Tangkil. Pulau seluas 2 hekatere ini memiliki pasir yang begitu lembut. Waktu yang dibutuhkan untuk menyebrang ke pulau yang banyak dihuni monyet ini sekitar 8-10 menit dari Pantai Mutun. Biaya yang dikeluarkan untuk setiap orang yakni Rp.25.000, pulang pergi. Tetapi, jika Anda berkunjung ke pulau ini dengan rombongan minimal lima orang, Anda cukup membayar Rp. 15.000 / orang.
Pulau Tangkil

 Pulau Tangkil
Pulau Tangkil

Ada banyak olahraga air yang bisa Anda lakukan disini mulai dari memancing, berrenang, flying fish, parasailing, banana boat, kano hingga jet ski. Tarif yang dikenakan pun bervariasi mulai Rp.15000 untuk parasailing hingga Rp.500000 untuk glass bottom boat. Sementara untuk kano Rp.30000 per jam untuk satu orang.
Pondokan Di Pulau Tangkil

Pondokan Di Pulau Tangkil
Pondokan Di Pulau Tangkil

Pada bagian kiri belakang pulau ada juga pantai berpasir. Lumayan cantik pantainya. Tidak ada pohon bakau di pulau ini. Hanya semak belukar, aneka pepohonan dan pohon kelapa yang mendominasi pulau ini. mungkin hanya sekitar 3 % dari luas pulau ini yang dimanfaatkan untuk pariwisata ataupun kegiatan ekonomi. Lahan lainnya memang didominasi bebatuan cadas dan semak belukar yang sangat rimbun.

Dengan berlibur di Pantai Mutun, bagi saya adalah liburan asik bersama keluarga untuk melepas penat dengan harga yang cukup murah meriah. Tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk refreshing sekedar menjauh dari rutinitas yang ada. Silahkan dicoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *