Pantai Terbaya Lampung

Posted on

Pantai Terbaya  – Siapa tak kenal dengan julukan kota Gajah? Yups, memang Lampung merupakan kota Gajah yang sering sekali dijadikan destinasi wisata oleh turis domestik maupun internasional. Selain bisa berwisata sejarah di sana, kita juga bisa menengok kuliner khas Lampung yang cukup memanjakan lidah ketika lapar. Nah, tahukah anda bahwa sebenarnya ada destinasi wisata yang menarik di Lampung yang ternyata masih alami dan perawan. Objek wisata tersebut berupa pantai yang bernama Pantai Terbaya.

Pantai Terbaya adalah pantai yang berlokasi di Kota Agung, Tanggamus, Lampung. Kota Agung sendiri merupakan ibukota Kabupaten Tanggamus yang merupakan kota kecil di kaki Gunung Tanggamus. Jadi apabila anda berniat berkunjung ke Pantai Terbaya ini cukup menginjakkan kaki di Kota Agung terlebih dulu sebelum memulai rute ke Pantai Terbaya karena aksesnya akan jauh lebih mudah apabila dimulai dari Kota Agung tersebut. Anda membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung. Jalanan yang dilalui relatif mulus dan aman. Ada beberapa kelokan yang akan Anda lewati saat masuk kawasan Kota Agung. Pemandangan perbukitan yang begitu hijau pun begitu memukau.
Pantai Terbaya Lampung

Pantai Terbaya Lampung
Pantai Terbaya Lampung

Saat akhir pekan tiba, pantai ini akan dipenuhi oleh pengunjung dari berbagai daerah. Bahkan, pengunjung dari luar kota seperti Jakarta, Palembang dan Serang pun sempat singgah disini. Pantai Terbaya cukup familiar di kalangan masyarakat Lampung terutama Tanggamus. Selain letaknya yang strategis di pinggir jalan juga lumayan murah tiket masuknya. Setiap pengunjung harus membayar tiket masuk, bagi pengguna sepeda motor dikenai harga Rp 15ribu. Sementara, untuk pengunjung yang menggunakan mobil pribadi dikenai charge Rp 25ribu. Bagi rombongan bus dikenai harga Rp 80ribu – Rp 150ribu.

Pantai indah ini menjadi salah satu pantai tujuan utama di Tanggamus. Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya yang didominasi pasir putih. Pantai terbaya berpasir hitam dan banyak sekali bebatuan yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Batu-batu laut ini memang sudah ada sejak jaman dulu. Semakin ke arah kanan pantai, semakin banyak batu-batu pualam yang akan Anda temukan. Walaupun banyak bebatuan , namun Anda tetap saja bisa nyaman menyusuri bibir pantai nan eksotis ini.
Pasir Hitam yang Mempesona

 Pasir Hitam yang Mempesona
Pasir Hitam yang Mempesona

Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan saat mengunjungi pantai ini. Mulai dari menyusuri bibir pantai dengan pasirnya yang berwarna hitam hingga renang di pinggir pantai. Namun, hanya bagian sisi kanan pantai yang bisa digunakan untuk berenang. Ketinggian gelombang rata-rata antara 1- 2,5 meter. Pada saat-saat tertentu gelombang bisa mencapai 7 meter dan pengunjung dilarang berenang. Pada sisi kirinya umumnya banyak bebatuan berwarna hitam yang memenuhi pantai hingga kedalaman tertentu.
Mandi di Pantai Terbaya

 Mandi di Pantai Terbaya
Mandi di Pantai Terbaya

Pantai Terbaya sudah mulai dikunjungi wisatawan sejak tahun 70-an, namun baru sekitar tahun 1989 pantai ini baru benar-benar dibuka secara resmi untuk wisatawan. Sejak saat itulah pantai sepanjang 5 km ini semakin ramai didatangi para wisatawan. Biasanya wisatawan tahu dari mulut ke mulut. Namun tak sedikit juga yang mengetahuinya lewat internet. Tak hanya itu, lautnya yang luas, dengan larat belakang Gunung tanggamus, menghadirkan sunset yang elok berkilau di kala senja menjelang.
Sunset Pantai Terbaya

Sunset Pantai Terbaya
Sunset Pantai Terbaya

Yuk, segera agendakan liburan kalian di Pantai Terbaya, Lampung ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *