Wisata Air Terjun Maribaya Bandung

Posted on

Air Terjun Maribaya Bandung : Bandung yang populer sebagai Paris Van Java Indonesia memanglah kerap jadikan sebagai destinasi wisata untuk beberapa wisatawan dari Jakarta. Jaraknya yang dekat serta suhunya yang lebih dingin bikin kota ini senantiasa penuh waktu berlibur.

Bandung memanglah populer dengan Kawah Putih serta Trans Studio, namun diluar itu Bandung juga mempunyai wisata alam lain yang asik untuk menggunakan akhir minggu. Wisata alam itu yaitu Taman Wisata Maribaya Bandung.

Air terjun Maribaya Bandung
Air terjun Maribaya Bandung

Lokasi
Air terjun Maribaya adalah sisi dari Taman Rimba Raya Ir. H. Djuanda yang berlokasi di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Sekitaran 15 km dari kota Bandung serta sekitaran 5 km dari arah timur Lembang.

Air terjun ini bisa dibuka dengan transportasi umum. Jalur yang perlu Anda tempuh yaitu dengan naik angkot dari Lembang ke arah Maribaya. Sesudah meniti perjalanan lebih kurang 5 km, Anda bakal tiba di jembatan Maribaya.

Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi dari Jakarta dapat memakai rute Cikampek – Cipularang – keluar di Sadang. Dari Sadang – Subang – Ciater – Lembang. Jalan menuju tempat ini telah beraspal serta begitu nyaman dilalui kendaraaan.

Retribusi
wisata air terjun Maribaya Bandung
Supaya dapat masuk ke tempat wisata ini, Anda dipakai tarif ticket masuk 8. 000 Rupiah untuk tiap-tiap pengunjung. Apabia Anda menginginkan mandi di pemandian air panas jadi Anda mesti membayar cost sendiri sebesar 5. 500 Rupiah untuk orang dewasa, serta 2. 500 Rupiah untuk anak-anak. Tempat wisata Maribaya Bandung di buka mulai jam 8 pagi s/d 4 sore.
Mitos asal muasal Maribaya
taman wisata Maribaya Bandung

taman wisata Maribaya Bandung
Taman wisata Maribaya Bandung

Taman wisata Maribaya Bandung

Di kaki Gunung Masigit ada satu perkampungan kecil yang dialiri oleh dua sungai. Di perkampungan ini hidup seseorang wanita yang mempunyai anak cantik. Anak itu bernama Maribaya, lantaran kecantikannya, sang anak jadi sumber kehebohan untuk golongan lelaki.

Lantaran kecantikan puterinya, mereka takut bakal berlangsung petaka pada keluarganya. Oleh karenanya mereka mengambil keputusan untuk pergi bertapa ke Gunung Tangkuban Perahu untuk mencari wangsit.

Sekembalinya dari pertapaan, Eyang Raksa Dinata yang disebut bapak dari Maribaya menggerakkan wangsit untuk menumpahkan bokor, lalu munculah sumber air panas yang memiliki kandungan belerang.

Sumber air panas itu mulai diperkembang pada th. 1835 oleh Eyang Raksa. Hingga banyak pengunjung yang datang kesana untuk rekreasi atau berobat. Eyang Raksa yang terlebih dulu cuma menginginkan hindari pertumpahan darah lantaran anaknya jadi memperoleh barokah berbentuk pendapatan dari pengunjung yang banyak berdatangan.

wisata Maribaya Bandung
wisata Maribaya Bandung

Di Maribaya terdapat banyak tempat menarik yang bisa Anda kunjungi, tempat yang pertama yaitu Air Terjun Maribaya. Air terjun ini yaitu air terjun yang masihlah begitu alami dengan latar pohon-pohon yang bakal bikin Anda terasa tenang apabila ada disini.

Air terjun ini dapat umum dikatakan sebagai Curug Omas oleh warga sekitaran. Dengan ketinggian lebih kurang sekitaran 30 mtr., di dekat air terjun ini dapat didirikan dua jembatan yang mempermudah beberapa pengunjung nikmati air terjun tanpa ada mesti takut basah.

Terkecuali nikmati keindahan air terjun dari jembatan, Anda dapat juga nikmati keindahan air terjun dari dekat sembari berfoto diatas bebatuan raksasa yang ada dibawah air terjun. Bila Anda menginginkan beraktivitas ini baiknya buat persiapan pakaian ubah lantaran pastinya Anda bakal basah kuyub terserang percikan air yang deras.

Maribaya Bandung
Maribaya Bandung

Anda dapat juga mengadakan tikar di sekitaran air terjun sembari menyantap bekal berbarengan rekan serta keluarga. Tentu mengasyikkan bersenda gurau berbarengan beberapa orang paling dekat diiringi gemercik nada air, udara yang sejuk serta semilir angin. Ada pula beberapa pejajak tikar untuk Anda yg tidak membawa persiapan piknik. Beberapa penjajak tikar ini dapat dapat Anda mintai tolong untuk memesankan makanan di warung sekitaran.

Terkecuali nikmati keindahan air terjun, Anda dapat juga berendam di air panas. Berendam di air panas di Maribaya diakui bisa mengobati penyakit. Sembari berendam di air panas Anda dapat juga nikmati jagung bakar serta ketan bakar yang lezat.

Untuk Anda yang suka pada jalan kaki sembari nikmati alam terbuka dapat coba trekking di Taman Rimba Raya Djuanda. Dengan trekking lewat taman ini kelak Anda dapat temukan gua Belanda serta gua Jepang. Anda bahkan juga dapat bebas keluar masuk gua ini. Apabila Anda mengambil keputusan untuk masuk kedalam gua janga lupa mempersiapkan alat penerangan seperti senter.

Hal semacam ini karena didalam gua sangat gelap serta tanpa ada penerangan hingga Anda mustahil dapat menyusuri gua ini. Bila Anda tidak mau bebrapa ribet membawa alat penerangan, disini juga disiapkan tempat penyewaan lampu senter.

Ke Maribaya Bandung janganlah lupa juga nikmati kelezatan Bandrek haneut yang disebut minuman khas kota Bandung. Anda bia beli minuman ini di warung-warung yang ada di lokasi-lokasi peristirahatan. Terkecuali bandrek, bala-bala juga adalah makanan favorite orang-orang Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.