Wisata Benteng Van Der Wijck Kebumen

Posted on
Benteng Van Der Wijck : yaitu benteng pertahanan Hindia-Belanda yang di bangun sekitaran era ke 19. Terdapat di Kota Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kurang lebih 300 m dari jalan raya Kebumen – Yogyakarta, benteng ini yaitu satu diantara object wisata menarik di Jalur Pantai Selatan. Nama Van Der Wijck sendiri datang dari nama komandan ketika itu yang kariernya cukup cemerlang dalam membungkam perlawanan rakyat Aceh. Pada awal didirikan, benteng ini dinamakan Fort Cochius (Benteng Cochius) dari nama salah seseorang Jenderal Belanda Frans David Cochius (1787-1876) yang pernah ditugaskan di daerah Bagelen (salah lokasi karesidenan Kedu). 
Benteng Van Der Wijk Gombong
Benteng Van Der Wijk Gombong
Dengan luas meraih 3606 m2 serta tinggi 9, 67 m, warna merah yang menguasai jadikan benteng ini terlihat mencolok di banding bangunan-bangunan kuno di sekitarnya. Benteng ini mempunyai 16 barak dengan ukuran 7, 5 x 11 m2. Kompleks bangunan di sekitaran Benteng Van der Wicjk yaitu barak militer yang awalannya dipakai untuk meredam kemampuan pasukan Pangeran Diponegoro. Lantaran kehebatan beliau yang juga di dukung pemimpin-pemimpin lokal di selatan Jawa, Belanda mengaplikasikan taktik benteng stelsel yakni pembangunan benteng di tempat yang telah dikuasainya. Maksudnya terang, untuk menguatkan pertahanan sekalian mempersempit ruangan gerak musuh, terlebih di karesidenan Kedu Selatan. Benteng ini didirikan atas prakarsa Jenderal Van den Bosch. Pada zaman penjajahan Jepang, kompleks benteng ini jadi tempat kursus prajurit PETA. 
Tampak Dari Samping
Tampak Dari Samping
Saat ini, kompleks benteng ini jadi Sekolah Calon Tamtama serta barak militer TNI AD. Ada juga bangunan yang digunakan sebagai hotel serta ruang serba manfaat. Tetapi tidak cuma itu saja, benteng ini dapat jadi object wisata andalan daerah Gombong serta sekitarnya. Tidak Hanya sebatas benteng tua, saat ini pihak pengelola juga lengkapi object wisata ini dengan taman bermain anak seperti kincir putar, perahu angsa, mobil-mobilan dan lain-lain. Diluar itu, pihak pengelola juga sediakan kereta mini yang mengangkut pengunjung dari pintu gerbang paling utama menuju benteng yang memanglah jaraknya agak jauh. Ada juga patung dinosaurus raksasa yang pasti bikin anak-anak jadi suka serta senang. Tidak ketinggal warung-warung makan yang bermacam memberi semarak object wisata Benteng Van der Wijck. 
Terlihat Dari Atas
Terlihat Dari Atas
Tetapi, yang paling unik sesungguhnya yaitu ada kereta mini persis diatas benteng. Dengan kereta ini pengunjung dapat melingkari benteng serta nikmati panorama dari atas benteng. Mungkin saja ini hanya satu di Indonesia di mana pengunjung dapat menaiki kereta diatas benteng. Dari atas benteng pengunjung dapat melihat prajurit yang tengah berlatih di lapangan tidak jauh dari kompleks benteng. Cukup membayar ticket Rp 5000 per orang, pengunjung dapat menaiki kereta mini sepanjang kurang lebih 15 menit. Walau panorama sekitaran tak spektakuler, tetapi sensasi menaiki kereta diatas benteng cuma dapat Anda peroleh di sini. 
Taman Bermain
Taman Bermain
Terkecuali kereta diatas benteng, pengunjung dapat juga melihat-lihat sebagian ruang dalam benteng. Ruang-ruangan itu dulunya berperan sebagai barak militer, pos jagalah, serta kantor. Ada juga ruang yang spesial diisi bebrapa photo benteng dahulu kala, sebelumnya dipugar, serta setelah dipugar. 
Wahana Kereta
Wahana Kereta
Ada lagi yang unik, yakni satu papan pengumuman yang bertuliskan “Sebelum masuk benteng baiknya Anda berdoa sesaat menurut keyakinan semasing. ” Walau berkesan menakut-nakuti, namun baiknya memanglah diikuti saja. Memanglah, sebagai kompleks militer tua yang mempunyai histori panjang, tentu banyak berlangsung pertumpahan darah di sini, hingga kesan seram susah untuk di hilangkan. Tetapi sepanjang Anda berlaku sopan, Insya Allah akan tidak berlangsung apa-apa. Anda harus juga ingat, benteng ini ada dalam kompleks militer, jadi janganlah berlaku seenaknya serta hormatilah beberapa orang yang tinggal di kompleks ini. Tunggulah apa lagi, bila Anda melalui kota Gombong, janganlah lupa berkunjung di Benteng Van der Wijck serta nikmati pesonanya.

One thought on “Wisata Benteng Van Der Wijck Kebumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.