Wisata Cikedung Pemalang

Posted on

Wisata Cikedung Unik
Sebagai satu usaha untuk lebih tingkatkan daya saing Kabupaten Pemalang serta memberi faedah pada orang-orang luas dan menghadapi kejenuhan beberapa wisatawan yang sama dengan dunia moderen serta glamour dan memiliki nuansa instan, sangat bijak bila kita juga lakukan terobosan di bagian pariwisata yang berbasiskan pada alam serta budaya tradisional. Sesuai dengan hal itu, jadi begitu dibutuhkan ada pengembangan tempat – obyek wisata dengan rencana Back to Nature atau kembali pada alam, yang mana rencana itu begitu sinkron dengan kondisi pasar wisata saat ini.

Wisata Cikedung
Wisata Cikedung

Kabupaten Pemalang bakal mengemas sebagian desa yang bakal dipoles dalam satu Desa Wisata, satu diantara desa itu yaitu desa Cikendung Kecamatan Pulosari, yang terdapat sekitaran 45 km ke arah selatan Pemalang. Dengan udara yang sejuk serta ada di kaki gunung Slamet, desa itu bakal dikemas jadi Desa Wisata Budaya Berbasiskan Pegunungan. Hal semacam ini begitu dapat dikerjakan lantaran desa Cikendung ini dilihat stategis dari beragam segi dari beragam unsur baik tempat, fasilitas prasarana, kontur, kultur, dan diliat dari posisi yang begitu strategis, lantaran ada di jalur wisata pada International Batik Center (IBC) di Kabupaten Pekalongan, Pantai Widuri serta wisata Air panas Guci di Kabupaten Tegal. Hingga jalur itu begitu padat dilewati oleh beberapa wisatawan baik yang menggunakan roda dua, mobil pribadi ataupun bus pariwisata.

Ramuan paling utama
desa wisata diwujud kan dalam pola hidup serta kwalitas hidup masya rakatnya. Keaslian juga dipe ngaruhi kondisi ekonomi, fisik serta sosial daerah pedesaan itu, umpamanya ruangan, warisan budaya, aktivitas pertanian, bentangan alam, layanan, pariwisata histori serta budaya, dan pengalaman yang unik serta eksotis khas daerah. Dengan hal tersebut, pemodelan desa wisata mesti selalu serta dengan cara kreatif mengem bangkan jati diri atau ciri khas daerah.

situs watu lumpang

Ramuan utama yang lain dalam usaha pengembangan desa wisata yang berkepanjangan yakni pelibatan atau partisipasi orang-orang setempat, pengembangan mutu product wisata pedesaan, pembinaan grup usaha setempat. Keaslian bakal memberi faedah berkompetisi untuk product wisata pedesaan. Unsur-unsur keaslian product wisata yang paling utama yaitu kwalitas asli, keorisinalan, kekhasan, ciri khas daerah serta kebanggaan daerah diwujudkan dalam pola hidup serta kwalitas hidup orang-orangnya dengan cara spesial terkait dengan perilaku, integritas, serta keramahan tamahan. Dengan hal tersebut Desa Wisata Cikendung bakal dapat jadi satu diantara daerah maksud wisata unggulan yang bakal memberi khasanah pariwisata di Jawa Tengah biasanya serta di Kabupaten Pemalang pada terutama.

Desa wisata Cikendung berhawa sejuk serta ada di kaki gunung. Lokasi desa ini dikelilingi rimba pinus serta perkebunan teh. Terdapat beberapa potensi yang dipunyai desa Cikendung yang dapat dkembangkan serta di pasarkan tak saja di level regional walau demikian di level nasional bahkan juga international. Dengan pendekatan serta pemahaman dari Kepala Desa dan orang-orangnya, Desa Cikendung ini telah siap jadi daerah maksud wisata berbentuk desa wisata budaya berbasiskan pegunungan.

Seni tradisonal “Silakupang”
Seni tradisonal “Silakupang

Dengan potensi budaya lokal diantaranya, pementasan seni tradisional “Silakupang” (Sintren, Lais serta Kuda Kepang, Ruwat Bhumi yang telah dikerjakan mulai sejak beberapa ratus th. waktu lalu, ada Situs“ Watu Lumpang, Dolanan tradisional, serta yang lain. Ditambah dengan potensi wisata alam, Curug Watu Lawan, Website Keramat Kyai Cibengang, Kebun Teh punya PTPN IX Semugih, serta Ruang Rimba Pinus.
Seni tradisonal “Silakupang”, bauran pada kecantikan serta mistis

Desa Wisata Cikendung tawarkan beragam jenis aktivitas wisata yang berguna serta begitu mendidik aktivitas wisata yang di tawarkan diantaranya : Village Tourism, Paket wisata ini diperuntukkan untuk beberapa wisatawan yang menginginkan menikrnati hidup dalam kesederhanaan di satu kampung dengan keindahan alam, kesejukan hawa serta keramahan masyarakat sekitaran. Wisatawan bisa lihat kehidupan sehari-harinya dari masyarakat desa, nikmati makanan tradlsional, lihat kesenian tradisional. Science, Fun and Creativity, Paket wisata ini tawarkan cara Learn From Experience, yakni belajar dari pengalaman Dengan cara ini jadi pengetahuan dapat diperoleh lewat cara yang unik serta mengasyikkan Program ini di tawarkan untuk anak-anak sekolah (SD,SMP, SMA).

 Wisatawan bakal dikenalkan bagaimana caranya menuai daun teh, lihat sistem pembuatan teh, serta bikin minuman teh sehat, serta Outbound Program Program ini didesain untuk wisatawan untuk berikan motivasi awal, tingkatkan hubungan kerja dengan orang lain, serta tingkatkan jiwa kepemimpinan. Memakai alam sebagai media belajar, diliputi situasi yang mengasyikkan bakal bikin visatawan makin ditantang untuk ikuti program ini.
Cikendung memanglah desa wisata yang unik serta cukup mengundang ketertarikan untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.