10 Tempat Wisata di Kebumen yang Sangat Menarik

Posted on

Kebumen yaitu satu kabupaten yang terdapat di Propinsi Jawa Tengah. Keadaan lokasi Kebumen berbentuk pegunungan, pantai serta dataran rendah. Dengan keadaan lokasi seperti ini bikin daerah Kebumen mempunyai beragam jenis tempat wisata yang menarik. Menginginkan tahu, apa sajakah obyek wisata di Kebumen? Tersebut penjelasannya.

 1. Pantai Ayah Kebumen

Pantai Ayah Kebumen

Pantai Bapak atau dimaksud Pantai Logending ini memiliki ruang yang cukup luas, Di pantai ini Anda dapat nikmati sejuknya hawa di sekitar pantai. Tidak cuma itu, di pantai ini Anda dapat juga bermain sepakbola, voli pantai, atau cuma bersantai sembari nikmati keindahan alam di Pantai Bapak. Anda juga dapat juga bermain ke rimba yang letaknya tak jauh dari pantai bapak ini.

Baca juga : 11 Tempat Wisata Banjarnegara Yang Sangat Luar Biasa


2. Goa Jatijajar Kebumen

Goa Jatijajar Kebumen

Goa Jatijajar terdapat di desa Jatijajar, Kecamatan Bapak, Kabupaten Kebumen yakni sekitaran 42 km dari arah barat daya pusat kota Kebumen. Goa ini mempunyai luas sekitaran 5, 5 hektar. Goa Jatijajar yaitu satu goa yang terbentuk dari batu kapur. Panjang Goa Jatijajar dari pintu masuk paling utama ke pintu keluar 250 mtr., lebarnya sekitaran 15 mtr. serta tinggi 12 mtr.. Di goa ini Anda bakal di suguhi beberapa macam diorama yang bercerita histori asal mula nama goa ini.

3.Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti ini ada di Desa Karangduwur, kecamatan Bapak, Kabupaten Kebumen. Bila dari kecamatan Gombong lebih kurang sekitaran 40 km. Di pantai ini Anda dapat rasakan hawa pantai yang masihlah fresh. Disini ada juga juga mercusuar setinggi 20 mtr. yang bisa Anda gunakan untuk lihat panorama pantai yang indah.


Baca juga : 11 Pilihan Tempat Wisata di Purwokerto Paling Menarik


4. Benteng Van Der Wijck Kebumen

Benteng Van Der Wijck Kebumen

Benteng Van Der Wijck adalah satu benteng yang di bangun oleh pemerintah Hindia-Belanda di era ke 18. Dahulunya benteng ini dipakai sebagai benteng pertahanan. Benteng Van Der Wijck berjarak sekitaran 35 km dari pusat Kota Kebumen. Saat ini benteng ini sudah jadikan oleh Pemerintah Kebumen sebagai obyek wisata histori.

5. Gunung Pranji Kebumen

Gunung Pranji Kebumen

Gunung Pranji terdapat di perbatasan Desa Pengaringan dengan Desa Watulawang. Saat yang pas untuk lihat keindahan panorama di Gunung Pranji ini yaitu malam hari. Saat malam hari diatas puncak gunung seakan-akan bintang melingkari kita serta ditambah dengan panorama lampu-lampu tempat tinggal masyarakat sekitaran yang makin bikin situasi jadi romantis.

Baca juga : 13 Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah yang Pantas Dikunjungi


6. Pantai Lembupurwo Kebumen

Pantai Lembupurwo Kebumen

Pantai Lembupurwo terdapat di Desa Lembupurwo yakni dibagian timur dari pusat kota Kebumen. Walau pantai Lembupurwo ini berpasir hitam namun dengan air lautnya yang bersih bakal bikin Anda kerasan untuk bersantai di pantai ini. Dsini, Anda dapat juga nikmati hembusan angin yang sejuk sembari nikmati makanan dengan rasa khas daerah ini. Makanan itu seperti tempe mendoan, rempeyek undur-undur serta lainnya

7. Pantai Petanahan Kebumen

Pantai Petanahan Kebumen

Pantai Petanahan terdapat di samping selatan dari pusat kota Kebumen, tepatnya ada di kecamatan petanahan. Pantai Petanahan mempunyai hamparan pasir yang putih serta ombak yang tidaklah terlalu besar. tempat wisata ini masihlah termasuk belum cukup ramai. Jadi begitu pas sekali untuk bersantai sembari nikmati hembusan angin pantai yang fresh.

Baca juga : 13 Tempat Wisata di Cianjur yang Harus Dikunjungi


8. Pantai Karangbolong Kebumen

Pantai Karangbolong Kebumen

Wisata pantai di Kebumen yg tidak kalah menariknya yaitu Pantai Karangbolong. Pantai ini terdapat di Kecamatan Cinangka Kebumen. Bila dari pusat kota Kebumen berjarak sekitaran 40 km. Di lokasi pantai karangbolong ini ada Gua Karangbolong yang ada disisi timur. Goa ini diprediksikan sudah ada mulai sejak 15 hingga 30 juta th. waktu lalu. Hingga goa ini digunakan untuk sarang burung walet.

9. Masjid Saka Tunggal Kebumen

Masjid Saka Tunggal Kebumen

Masjid Saka Tunggal adalah satu diantara masjid tertua di Kabupaten kebumen. Masjid Saka Tunggal terdapat di Desa Pekuncen, Kecamatan Sempor. Masjid ini di bangun pada th. 1722 oleh Bupati Kendurean yaitu putra Adipati Mangkuprojo yang disebut seseorang Wrongko Dalam di Keraton Kartosuro. Diberi nama Masjid Saka Tunggal lantaran saka guru masjid ini cuma ada satu.



Baca juga : Wisata Memancing Terpadu Lembah Gunung Kujang


10. Goa Petruk Kebumen

Goa Petruk Kebumen

Goa Petruk ada di lokasi wisata eko-karst Gombong selatan. Tepatnya terdapat di Dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Bapak. Gua Petruk inimempunyai 3 lantai goa yakni goa basic, goa hindu serta goa petruk. Goa basic untuk wisata umum mempunyai panjang stalaktit serta stalakmit 100 mtr.. Bila Anda menginginkan menelusuri lebih sampai ujung jadi mesti dengan pemandu. Setelah tiba di ujung goa Anda dapat berkunjung ke pantai atau air terjun yang ada di dekat ujung goa ini.

Tempat wisata lain :

Baca juga : Wisata Penangkaran Buaya Blanakan

Baca juga : Wisata Gunung Lembu Spot Sunrise Yang Menggoda

Baca juga : Wisata Gunung Bongkok Purwakarta Jawa Barat

Baca juga : Wisata Gunung Cupu Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta

Baca juga : 11 Tempat Wisata Populer di Banjarmasin

Baca juga : Keindahan Obyek Wisata Alam Curug Putri Brebes Tegal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.