15 Tempat Wisata di Aceh yang Paling Terkenal

Posted on

Aceh yang terlebih dulu dimaksud dengan nama Nanggroe Aceh Darussalam (2001-2009) yaitu satu Propinsi yang terdapat di ujung Pulau Sumatra. Aceh mempunyai otonomi yang ditata sendiri, tidak sama dengan propinsi lain di Indonesia, lantaran argumen histori. Di samping utara, Aceh bersebelahan dengan Teluk Benggala, Samudra Hindia di samping barat, Sumatra Utara di samping tenggara serta selatan, Selat Malaka di samping timur.

Baca juga : 11 Pilihan Tempat Wisata di Purwokerto Paling Menarik


Selepas musibah tsunami di Aceh tanggal 26 Desember 2004, derap jantung kota ini pernah berhenti. Tetapi bersamaan dengan sembuhnya aktivitas ekonomi serta orang-orangnya, derap kehidupan dalam orang-orang juga turut kembali sembuh. Propinsi Aceh juga kembali bangkit serta membenahi bidang pariwisatanya dengan baik. Banyak daerah wisata yang menyuguhkan macam object wisata yang tidak kalah menarik dari kota-kota lain yang ada di Indonesia. Nah, di bawah ini daftar informasi obyek wisata yang paling indah juga menarik di Aceh yang perlu anda kunjungi.


1. Pantai Iboih Aceh

Pantai Iboih Aceh

Tidak disangkal bila Aceh dianugerahi dengan pantai-pantai yang indah serta cantik. Pantai Iboih yaitu satu diantara pantai paling cantik disini. Pantai dengan pasir putih serta laut yang demikian jernih berwarna hijau toska atau biru cerah, ditambah dengan suasananya yang tenang bakal menyempurnakan berlibur anda.

Baca juga : 6 Tempat Wisata di Tasikmalaya Paling Menarik


Pantai Iboih tawarkan keindahan bawah laut yang bisa anda nikmati tanpa ada mesti berenang meskipun. Disini anda dapat snorkeling serta diving. Waktu anda snorkeling, siap-siap anda bakal kagum dengan airnya yang bening. Bila anda belum senang bermain didalam air, anda masihlah dapat menggunakan saat berpiknik di tepian pantai, dibawah nyiur yang demikian menyejukkan atau berjemur dibawah sinar mentari.


2. Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh

Masjid Raya Baiturrahman di bangun oleh Sultan Iskandar Muda th. 1612 serta sudah jadi ikon Aceh. Masjin Baiturrahman juga jadi object wisata religi di Aceh yang ramai dikunjungi lantaran kemegahan serta keindahannya. Bangunan paling utama pada Masjid ini berwarna putih dengan kubah hitam besar yang dikelilingi tujuh menara. Kesan megah Masjid ini makin merasa karenanya ada kolam besar serta pancuran air di bagian depan Masjid.

3. Air Terjun Blang Kolam Aceh

Air Terjun Blang Kolam Aceh

Air Terjun Blang Kolam ada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara, dapat ditempuh kurun waktu kurang lebih 30 menit dari Lhokseumawe. Obyek wisata alam yang satu ini sayang, bila anda terlewat. Lantaran disini, anda dapat lihat air terjun kembar setinggi 75 mtr. serta dikelilingi beberapa pohon-pohon yang rindang. Ditempat ini beberapa orang yang bermain air di sekitaran air terjun, berendam di kolam tampungan air terjun, atau cuma bersantai di tepiannya saja. Di Air Terjun Blang Kolam, anda dapat juga berkemah serta nikmati alam bebas cuma dengan tarif Rp 5. 000 per orang.

Baca juga : 13 Tempat Wisata di Cianjur yang Harus Dikunjungi


4. Air Terjun Suhom Aceh

Air Terjun Suhom Aceh

Air Terjun ini terdapat di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong. Air terjun ini mempunyai tinggi kurang lebih 50 mtr. serta dibagi jadi dua tingkat. Tetapi pengunjung tak diijinkan naik ke tingkat dua serta tiga dengan argumen untuk keselamatan, lantaran ada pembangkit listrik yang bertegangan tinggi.

Untuk dapat meraih lokasi obyek wisata ini, anda mesti melalui jalan yang naik turun dengan panorama pegunungan Paro serta Kulu. Di dalam perjalanan anda bakal menjumpai banyak monyet yang berkeliaran. Umumnya monyet-monyet ini memohon buah-buahan serta camilan beberapa pemakai jalan yang tengah melalui.


5. Pantai Lampuuk Aceh

Pantai Lampuuk Aceh

Pantai Lampuuk ini mempunyai pasir putih yang lembut serta tebing karang yang ada di ujung pantai, serta garis pantai selama 5 km dari arah selatan ke utara. Pantai Lampuuk yaitu satu diantara obyek wisata yang dapat dimaksud Pantai Kuta di Aceh. Beberapa orang datang untuk nikmati keindahan obyek wisata yang satu ini. Ada banyak aktivitas yang dapat anda kerjakan di pantai ini, seperti bermain selancar, berenang, bermain banana boat, serta berjemur.


Baca juga : 11 Tempat Wisata Banjarnegara Yang Sangat Luar Biasa


6. Pantai Lhoknga Aceh

Pantai Lhoknga Aceh

Tempat Pantai Lhoknga tidak jauh dari Pantai Lampuuk, berjarak sekitaran 20 km dari Banda Aceh. Pantai Lhoknga mempunyai pasir yang luas serta landai, pas anda pakai untuk berjemur atau bermain voli pantai. Disini juga ada pohon-pohon yang rindang untuk tempat anda bersantai. Bila anda kurang senang bersantai serta berjemur, anda dapat coba berselancar di lautnya. lantaran Pantai Lhoknga mempunyai ombak yang pas untuk berselancar dengan ketinggian 1, 5 – 2 mtr..


7. Pantai Ulee LheueAceh

Pantai Ulee LheueAceh

Pantai Ulee Lheue cuma berjarak sekitaran 3 km dari pusat kota Banda Aceh, tepatnya ada di Kecamatan Meuraxa. Aktivitas paling popular di pantai ini yakni memancing. Di lokasi pantai ini terdapat banyak penjual alat pancing bila anda lupa membawa alan untuk memancing. Bila anda tidak sukai memancing, anda masihlah dapat menyewa perahu nelayan untuk berlayar di lautnya. Atau duduk enjoy di pinggir pantai serta nikmati jagung bakar. Ada barisan pegunungan yang ada di seberang pantai, hingga memberi keindahan Pantai Ulee Lheue.


8. Pulau Rubiah Aceh

 Pulau Rubiah Aceh

Pulau Rubiah terdapat di Sabang, tepatnya ada di samping barat laut Pulau Weh. Nama Rubiah di ambil dari satu tulisan yang ada pada nisan yang ada di pulau ini. Pulau Rubiah di kenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Sekurang-kurangnya ada 14 dari 15 biota laut yang sekarang ini dilindungi di Indonesia. Anda dapat diving serta snorkeling disini, silakan anda berenang berbarengan bermacam ikan tropis serta nikmati indahnya terumbu karang yang berwarna warni.

Baca juga : Wisata Curug Agung di Kecamatan Bawang – Banjarnegara


9. Kuala Merisi Aceh

Kuala Merisi Aceh

Kuala Merisi adalah satu tempat untuk nikmati pantai dengan situasi yang sepi juga tenang. Ada di Desa Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee. Dengan garis pantai yang panjang serta ombak yang kecil pantai Kuala Merisi begitu pas untuk bermain air di tepian pantai. Anda dapat nikmati deburan ombak dari pinggir pantai dengan mengadakan tikar, rasakan udara sejuk hembusan angin pantai. Seringkali juga obyek wisata yang satu ini jadikan untuk tempat berselancar lantaran ombaknya begitu pas untuk berolahraga air.


10. Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh

Pada th. 2004 Tsunami menerjang Aceh serta tersisa duka untuk warga Aceh yang sudah selamat ketika itu. Untuk kembali kenang sekalian menghormati korban yang wafat dalam musibah tsunami, dibangunlah satu Museum Tsunami yang berlokasi di Jalan Sultan Iskandar Muda pada th. 2009. Ada lorong panjang ditambah dengan nada gemuruh ombak serta kucuran air di selama lorong yang bakal mengingatkan anda pada bencana besar itu.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke Museum ini serta lihat apa sajakah yang tersisa dari gelombang tsunami. Terdapat beberapa benda bekas bencana tsunami yang di pajang. seperti sepeda punya korban. Terkecuali benda bekas bencana itu, ada juga photo korban wafat serta narasi mengenai kesaksian korban yang selamat, serta alat simulasi elektronik gempa bumi.

Baca juga : Wisata Capolaga Adventure Camp


11. Pantan Terong Aceh

Pantan Terong Aceh

Pantan terong yaitu satu bukit yang umum dipakai untuk nikmati keindahan Aceh Tengah dari atas. Obyek wisata ini ada pada ketinggian sekitaran 1830 mtr. diatas permukaan laut. Bila anda menginginkan datang ke obyek wisata ini janganlah lupa membawa jaket serta pakaian hangat lantaran hawa di sekitaran sini cukup dingin. Anda bisa lihat Danau Laut Tawar yang mirip kuali raksasa dari sini. Diluar itu anda dapat juga nikmati sunrise serta sunset dengan panorama begitu cantik. Jadi, sediakan kamera untuk mengabadikan peristiwa ini.

12. Danau Laut Tawar Aceh

Danau Laut Tawar Aceh

Danau Laut Tawar yaitu satu danau serta lokasi yang ada di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Di samping barat danau ini ada kota Takengon yang disebut ibukota dari kabupaten Aceh Tengah. Suku yang menempati daerah itu yaitu Suku Gayo. Menyebutkan danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar. Danau ini mempunyai luas sekitaran 5. 472 hektar, panjang 17 km, serta lebar 3. 219 km. Dimaksud Danau Laut Tawar lantaran lokasi perairan danau ini begitu luas, serta air yang ada di danau ini dapat adalah air tawar.

Tempat wisata lain :

Baca juga : Wisata Memancing Terpadu Lembah Gunung Kujang

Baca juga : Wisata Penangkaran Buaya Blanakan

Baca juga : Wisata Gunung Lembu Spot Sunrise Yang Menggoda

Baca juga : Wisata Gunung Bongkok Purwakarta Jawa Barat

Baca juga : Wisata Gunung Cupu Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.