10 Keindahan Tempat Wisata Yang Perlu Tahu di Jambi

Posted on
10 Keindahan Tempat Wisata Yang Perlu Tahu di Jambi

10 Tempat Wisata Populer di Jambi – Jambi terdapat di pesisir timur Pulau Sumatera. seperti Gorontalo serta Bengkulu, propinsi ini memiliki nama yang sama juga dengan ibu kotanya. Diliat dari saat lalunya, Jambi yaitu satu diantara lokasi dibawah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya, hingga tak heran bila diketemukan kompleks candi besar di daerah ini.

Object wisata di Jambi tidak cuma tentang peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Disini, ada banyak obyek wisata menarik untuk dikunjungi. Bila anda ada di Jambi, luangkan saat anda untuk berkunjung ke obyek wisata di Jambi supaya anda bisa mengetahui Jambi lebih dekat. Di bawah ini daftar obyek wisata Jambi yang harus buat anda kunjungi.


1. Danau Sipin di Jambi

Danau Sipin di Jambi

Danau Sipin di kenal dengan Solok Sipin oleh masyarakat setempat, berlokasi di Simpang Baluran Ketahui, kec. Telanaipura. Dalam bhs setepat, kata ” solok ” bermakna danau. Terkecuali sebagai obyek wisata di Jambi, danau Sipin adalah tempat budidaya ikan air tawar yakni nila serta mujair. Anda bisa lihat keramba serta jala punya beberapa nelayan yang ada di dalam danau. Bila anda menginginkan berkeliling danau atau menginginkan lihat kesibukan beberapa nelayan lebih dekat, anda bisa menyewa perahu yang bisa menyimpan 3 – 4 orang, cukup hanya membayar Rp. 5000/orang.


2. Tanggo Rajo di Jambi

Tanggo Rajo di Jambi

Tanggo Rajo sama jauh dengan Taman Alun-alun Kapuas atau yang umum dimaksud Pantai Losari, tawarkan wisata kuliner yang ada di pinggir perairan. Tanggo Rajo banyak dikunjungi pada sa’at sore serta malan hari lantaran panorama Sungai Batanghari yang cukup indah serta menarik, yaitu adalah sungai terpanjang di Sumatra.

3. Monas Jambi di Jambi

Monas Jambi di Jambi

Monumen Nasional bukan sekedar ada di Kota Jakarta saja, Jambi mempunyai tiruan monumen ini, tepatnya berlokasi di bundaran kompleks pemerintah kota. Monas yaitu satu diantara obyek wisata di Jambi yang banyak di kunjungi untuk menunjukkan kemiripannya dengan Monas yang ada di Kota Jakarta. Diliat sepintas, Monas di Jambi ini memanglah serupa memiliki bentuk dengan Monas di Jakarta, cuma saja ukurannnya lebih kecil. Hal-hal lain yang membedakan ke-2 Monas ini yaitu 4 buah jam dinding di tiap-tiap segi Monas serta 4 buah ukiran yang ada di bawahnya.

4. Taman Mini serta Taman Rimba Jambi 

Taman Mini serta Taman Rimba

Taman Mini ini yaitu object wisata Jambi yang mendatangkan miniatur budaya di Propinsi Jambi. Serta tawarkan taman rekreasi, fasilitas olah raga, serta wisata budaya. Rencana yang sama juga dengan Taman Mini di Jakarta, yaitu menghadirkan tiruan bangunan khas daerah. Yang membedakan yaitu, bila di Jakarta menghadirkan budaya semua daerah Indonesia, namun di sini cuma menghadirkan budaya disetiap kabupaten Janbi.


5. Kolam Renang Tepian Rajo di Jambi

Kolam Renang Tepian Rajo

Kolam renang Tepian Rajo ada di Jl. Kapt. Sujono, Kecamatan Kota Baru, kurang lebih sekitaran 6 km dari kota Jambi. Kolam renang ini mempunyai ukuran 20 x 50 mtr. persegi serta berstandar internasional. Di sini ada kolam renang dewasa serta kolam renang anak – anak. Tidak cuma renang, Kolam Renang Tepian Rajo juga dipakai sebagai tempat kompetisi polo air serta kerapkali diselenggarakan latihan di sini.

6. Taman Anggrek Sri Soedewi di Jambi

Taman Anggrek Sri Soedewi

Taman anggrek ini berlokasi di Jl. Ahmad Yani atau depan Kantor Gubernur Jambi. Obyek wisata ini dapat berikan info mengenai langkah perawatan anggrek yang baik sesuai sama macamnya. Obyek wisata yang satu ini kerapkali dikunjungi pengagum bunga dari dalam maupun luar kota. Di sini anda bisa temukan kian lebih 60 type anggrek, dengan taman seluas 2, 5 hektar. Bila anda menginginkan lihat segera bunga – bunga anggrek ini, anda bakal dipakai cost Rp 2. 000 untuk orang dewas serta Rp 1. 500 untuk anak – anak.

7. Candi Muaro Jambi di Jambi

Candi Muaro Jambi

Kompleks candi Muaro dikatakan sebagai candi yang beraliran Buddhisme. Candi ini yaitu peninggalan Kerajaan Sriwijaya serta Melayu. Satu diantara obyek wisata di Jambi yang menarik ini dapat dikatakan sebagai kompleks candi terluas yang ada di Indonesia. Pada th. 2009, candi yang berbentuk susunan batu bata merah ini diputuskan UNESCO sebagai satu diantara website warisan dunia yang harus dilindungi.

Diketemukan oleh S. C Crooke, seseorang letnan berkebangsaan Inggris, pada th. 1820, Lalu Candi Muaro Jambi ini dipugar oleh pemerintah Indonesia di th. 1975. Sampai hingga saat ini, terhitung ada 61 buah candi yang beberapa besar tertutup tanah.


8. Museum Negeri Jambi 

Museum Negeri Jambi

Bila Anda penggemar wisata budaya serta histori, datang ke Museum Negeri Jambi yaitu pilihan yang pas. Letak obyek wisata ini ada di Jalan Urip Sumoharjo No. 1 Jambi. Bentuk bangunan museum ini didesain mirip Tempat tinggal Kajang Lako yang disebut tempat tinggal kebiasaan di Jambi.

Ditempat ini, Anda bisa temukan sangat banyak koleksi benda-benda bersejarah serta bernilai seni budaya Jambi dari saat ke saat seperti anyaman khas Jambi, peralatan berburu, batik tenun dengan motif bunga khas Jambi serta binatang yang diawetkan.


9. Masjid Agung Al Falah di Jambi

Masjid Agung Al Falah di Jambi

Masjid Agung Al Falah di kenal dengan sebutan Masjid Seribu Tiang, lantaran bangunan masjid yang unik. Masjid ini dipenuhi dengan tiang penyangga tidak ada dinding hingga sistem aliran hawa serta sinar semakin dapat jalan lancar. Walau dijuluki Masjid Seribu Tiang, namun jumlah tiang yang ada di masjid Agung Al Falah ini sesungguhnya cuma 256 buah saja.

Sistem pembangunan masjid Agung Al Falah ini berjalan sepanjang sembilan th. yakni pada th. 1971-1980. Kemampuan jama’ah yang dapat ditampung di obyek wisata budaya ini sampai 10. 000 orang jamaah.

10. Pasar Keramik Sitimang di Jambi

Pasar Keramik Sitimang di Jambi

Bila Anda termasuk juga orang yang suka mengoleksi keramik, obyek wisata yang satu ini mungkin saja pas untuk Anda. Lokasi Pasar Sitimang ini ada di Jalan Sisingamangaraja. Pasar Keramik Sitimang ini banyak juga di kenal sebagai pusat penjualan keramik di Jambi mulai sejak th. 1980 an.

Anda dapat temukan beragam bentuk keramik seperti guci, toples, peralatan makan s/d hiasan tempat tinggal. Umumnya keramik-keramik yang di jual ditempat ini di kirim segera dari negeri Cina serta motifnya susah diketemukan ditempat lain.

Wisata tempat lain :

10 Keindahan Tempat Wisata Yang Perlu Tahu di Jambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.