10+ Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Posted on
10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Anda yang punya kebiasaan bolak-balik Jakarta–Jogja melalui jalur selatan Jawa Tengah tentu tidak asing lagi dengan nama Purworejo. Kabupaten yang ada diantara Kebumen serta Kulon Progo ini memanglah kerap disinggahi oleh mereka yang lewat jalur selatan. Purworejo juga jadi tanah kelahiran untuk sebagian tokoh nasional, seperti Pahlawan Revolusi Ahmad Yani serta Sarwo Edhie Wibowo, mertua bekas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dibalik tenangnya kota Purworejo yang oleh beberapa orang tuanya dikatakan sebagai Kota Pensiunan ini, ada keelokan tersembunyi yang pastinya menggoda untuk disinggahi. Apa saja sih potensi pariwisata yang dipunyai Kota Pramuka ini? Yuk, susuri keduanya sama!

1. Purworejo miliki sebagian pantai yang tidak kalah cantiknya dengan Bali. Umpamanya Pantai Jatimalang, destinasi favorite masyarakat lokal

10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Tidak sama dengan pantai-pantai yang ada di Pacitan atau Gunung Kidul yang biasanya berpasir putih dan tersekat-sekat oleh perbukitan pantai Purworejo umumnya panjang, luas, serta mempunyai pasir berwarna hitam atau cokelat, seperti pantai-pantai di daerah Bantul ataupun Kulonprogo. Satu diantara pantai di Purworejo yang paling populer yaitu pantai Jatimalang.

Pantai ini tidak demikian jauh, hanya 18 km dari pusat kota, dapat ditempuh dengan angkot juga! Terkecuali rasakan deburan ombak besar khas pantai selatan, anda akan dimanjakan dengan bermacam sarana untuk wisatawan.

Takut bermain air laut? Ada kolam renang air tawar di tepi pantai yang terbuat dari terpal warna-warni. Anda dapat juga coba mengendarai ATV menyusuri pantai. Juga tidak butuh bebrapa ribet mencari toilet ataupun penginapan lantaran semuanya telah ada disini. Bila lapar, bermacam kuliner dari ikan fresh tangkapan nelayan siap memanjakan lidahmu.

2. Nikmati nuansa pantai yang masihlah asri serta alami di Pantai Ketawang

10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Bila anda menginginkan nikmati pantai yang masihlah asri serta alami di Purworejo, datang saja ke Pantai Ketawang yang ada di Desa Ketawang, Kecamatan Grabag. Dengan meniti perjalanan sejauh 22 km dari pusat kota, anda telah dapat nikmati pantai yang masihlah tidak sering dikunjungi ini. Bila mujur, anda dapat melihat warga setempat yang meningkatkan kudanya disini.

3. Pesona ornament indah di dinding perut bumi dapat anda saksikan di Goa Seplawan

10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Purworejo juga mempunyai goa alami sebagai satu diantara daya tarik wisatanya. Namanya Goa Seplawan. Goa ini terdapat di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, sekitaran 20 km dari pusat kota ; bila anda melalui jalan raya Purworejo–Jogja, papan penunjuk jalan ke goa ini tentu terlihat.

Di goa selama lebih kurang 700 mtr. serta lebar sekitaran 15 mtr. ini, anda dapat menjelajah sekalian mencermati indahnya beragam ornament alami yang ada di dinding goa. Diluar goa, situasi rimba pinus yang sejuk serta asri di lereng pegunungan Menoreh akan buat anda kerasan ada di lokasi ini. Terlebih, tidak jauh dari sini ada sentra durian dan kambing peranakan etawa khas Purworejo.

4. Untuk kamu yang mencari pemandangan air terjun, ada Curug Silangit yang siap menjamumu dengan keelokannya


10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Tidak cuma pantai serta goa, Purworejo juga menaruh beberapa air terjun dengan pemandangan yang menawan. Salah nya ialah curug Silangit yang terdapat di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing. Air terjun ini mempunyai ketinggian 50 mtr. yang terdiri kedalam tiga tingkatan. Tingkatan pertama tingginya 30 mtr., sesaat dua tingkatan paling akhir semasing setinggi 10 mtr.

Di basic air terjun, ada kedung atau kolam yang airnya begitu dalam. Bila anda tidak dapat berenang, tambah baik waspada serta tetaplah ada di tepian. Untuk menuju ke curug ini, aksesnya cukup gampang kok. Anda dapat menaiki kendaraan pribadi ataupun angkutan umum.

5. Ada juga Curug Muncar, air terjun tersembunyi yang miliki potensi luar biasa

10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Satu air terjun yang mengagumkan indah serta belum terjamah tangan-tangan manusia menunggu buat kamu sambangi di desa Kaliwungu, kecamatan Bruno, sekitaran 45 menit dari pusat kota. Di ketinggian 900 mtr. dari permukaan laut, situasi yang sejuk serta hijau bakal menyergapmu. Di sinilah anda dapat temukan Curug Muncar yang tingginya meraih 40 mtr. ini.

Untuk meraih curug ini, anda harus trekking sepanjang lebih kurang 30 menit. Namun, selama jalur trekking anda bakal disajikan dengan kesejukan serta pemandangan perbukitan yang menawan. Penasaran

6. Indahnya pemandangan kota Purworejo dari ketinggian dapat anda nikmati dari puncak bukit

10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Nah, bila anda inginkan keindahan puncak bukit dengan pemandangan lanskap kota Purworejo dibawah kakimu, anda dapat menemukannya di puncak bukit Geger Menjangan. Bukit ini ada tidak jauh dari pusat kota, tepatnya ada di dekat kolam renang Artha Tirta.

Untuk hingga ke puncak, anda harus menapaki beberapa ratus anak tangga lebih dahulu. Sesampainya diatas anda bakal temukan satu pendopo yang berperan sebagai gardu pandang. Sesudah bersusah payah, nikmatilah pemandangan lanskap kota Purworejo yang terhampar di depan mata anda.

7. Rimba wisata Kusumo Asri : pesona wanawisata yang dipunyai Purworejo layak untuk dinikmati

10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Bila anda menginginkan nikmati wisata rimba di Purworejo, rimba wisata Kusumo Asri yaitu tempat yang cocok buat kamu menuju. Terkecuali rimba pinus yang menarik untuk disusuri, lokasi ini dapat ditunjang dengan bermacam sarana, seperti bumi perkemahan, dan wahana outbound. Lokasi ini dapat memiliki kebun binatang mini yang pasti dapat memikat hati anak-anak yang bertandang kemari. Supaya dapat nikmati keindahan lokasi ini, segera saja deh datang ke Desa Mayungsari, Kecamatan Bener.

8. Terkecuali alam yang menakjubkan, Purworejo juga mempunyai tempat wisata histori yang tidak kalah menarik. Datang saja ke Museum Tosan Aji di pusat kota

10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Tertarik dengan peninggalan histori berbentuk benda-benda pusaka? Sambangi Museum Tosan Aji yang terdapat di selatan alun-alun Purworejo ini. Museum ini dimaksud sebagai Museum Pusaka lantaran beberapa besar koleksinya berbentuk Tosan Aji, yakni senjata-senjata pusaka yang bersejarah yang dikira mempunyai kemampuan gaib. Ada kian lebih seribu bilah senjata pusaka yang dipamerkan, dari mulai keris, pedang, tombak, ataupun senjata yang lain.

Tidak cuma itu, museum ini dapat menunjukkan koleksi beragam benda cagar budaya yang diketemukan di lokasi Purworejo, seperti gamelan, prasasti, arca, hingga fosil. Yang pasti, museum ini tawarkan pengalaman unik yang mungkin saja tidak anda bisa ditempat lain.

9. Pernah bertanya-tanya bedug paling besar didunia ada dimana? Jawabannya : di Purworejo


10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Alun-alun Purworejo sebagai ruangan umum warganya ini konon yaitu yang terluas di pulau Jawa, dengan luas meraih 6 hektar. Di lokasi berikut aktivitas pemerintahan serta keagamaan berjalan. Dari Museum Tosan Aji, anda dapat jalan kaki ke utara menuju Masjid Agung Purworejo atau Masjid Darul Muttaqien untuk lihat satu bedug istimewa yang diklaim sebagai yang paling besar didunia.

Bedug Kyai bagelen atau yang di kenal dengan Bedug Bagelen ini memanglah bedug paling besar yang di buat th. 1834 lewat cara melubangi kayu jati utuh, jadi tidak dari kayu yagn disambung. Kebayang tidak pohonnya sebesar apa? Konon, kayu jati yang dipakai untuk bikin bedug ini yaitu pohon berumur beberapa ratus th. yang dikeramatkan. Wuihh.


10. Mumpung di Purworejo, pasti belum komplit bila anda belum melihat kesenian Tari Dolalak yang luwes serta unik


10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Apabila singgah ke Purworejo, janganlah terlewat untuk melihat tari kesenian khas Purworejo yang bernama Tari Dolalak. Tari Dolalak sendiri adalah kesenian yang ada mulai sejak jaman Belanda. Nama “dolalak” sendiri datang dari not do serta la, lantaran dulunya tarian ini memakai alat musik yang cuma mempunyai dua suara.

Tari Dolalak populer dengan kostumnya yang unik, yakni kostum yang memiliki bentuk datang dari seragam serdadu Belanda, komplit dengan topi pet, celana pendek, dan kaus kaki. Penari juga sering memakai kacamata hitam, terlebih pada keadaan trance dimana penari dapat menari sampai berjam-jam tanpa ada henti. Tarian ini umumnya dipertunjukkan pada perhelatan lokal ataupun moment nasional di Purworejo.

Nyatanya Purworejo miliki segi pariwisata yang menarik, ‘kan? Bisa tuh bila anda punya niat membuatnya destinasi liburanmu setelah itu.

Wisata tempat lain :

10 + Keindahan Wisata di Purworejo yang Sangat Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.