Berburu Keramik di Pasar Keramik Sitimang Jambi

Posted on
Berburu Keramik di Pasar Keramik Sitimang Jambi

Dahulu, sentra penjualan keramik di Pasar Sitimang lebih di kenal sebagai pusat penjualan guci antik dari China. Tetapi, walau guci tidak lagi laku, nama Pasar Sitimang selalu berkibar. Saat ini, Pemerintah Kota Jambi menyulap Pasar Sitimang jadi satu diantara maksud wisata berbelanja.

Populer mulai sejak lama sebagai tempat berburu keramik elegan tetapi harga miring, bikin Pasar Sitimang disambangi konsumen dari beragam kelompok. Bahkan juga banyak konsumen yang datang dari luar kota Jambi.

Berburu Keramik di Pasar Keramik Sitimang Jambi

Dahulu, kata Zadiga, pengelola toko keramik Isalin, banyak pengunjung yang memburu keramik berbentuk guci biru bergambar gajah. ” Pajangan itu jadi primadona sepanjang bertahun-tahun, walau sebenarnya harga nya juga lumayan mahal, ” kata Zadiga.

Tetapi, walau guci telah tidak laku lagi, pedagang dapat menjaga ketenaran Pasar Sitimang. Beberapa pedagang dapat melindungi nama Pasar Sitimang karena kreatif dalam pilih barang dagangan.

Saksikan saja, pedagang keramik disini cuma memajang keramik-keramik eksklusif. Bahkan juga, sering tampak, koleksi pada satu toko dengan toko yang lain tidak sama. Terlebih banyak konsumen berniat mencari design serta motif yang tidak sering di jual.

Berburu Keramik di Pasar Keramik Sitimang Jambi

Agar tokonya tetaplah ramai pengunjung, Zadiga juga senantiasa ikuti perubahan design keramik. Ia rajin datang ke beberapa toko keramik di Jakarta untuk lihat perubahan model keramik. ” Sembari kirim pesanan di Jakarta, setiap bln. saya mencari trend keramik yang banyak disukai, ” katanya.

Memajang koleksi keramik yang tengah jadi trend memanglah harus dikerjakan oleh beberapa pedagang keramik di Pasar Sitimang ini. ” Pelanggan kami yang umumnya pengecer keramik di daerah lain. Mereka senantiasa menginginkan motif paling baru yang eksklusif, ” tutur Dodi, pengelola toko Zakaria.

Menurut Dodi, design keramik yang sekarang ini banyak disukai yaitu peralatan makan prasmanan dengan motif berwarna emas berpadu dengan warna putih. ” Motif ini banyak di cari lantaran penampilannya berkesan mahal serta elegan, ” katanya.

Berburu Keramik di Pasar Keramik Sitimang Jambi

Walau demikian, di gerainya, Dodi tetaplah sediakan koleksi keramik dengan motif-motif classic dengan sedikit ukiran. ” Keinginan keramik classic ini ada banyak, terlebih dari pelanggan lama, ” katanya.

Beberapa puluh th. jadi pusat penjualan keramik, Pasar Sitimang telah menjelma jadi satu diantara ikon Kota Jambi. Didy Wurjanto, Kepala Dinas Kebudayaan serta Pariwisata Propinsi Jambi juga menyampaikan, mulai sejak th. lantas, Pasar Sitimang resmi jadi maksud wisata berbelanja Kota Jambi.

Didy juga mengharapkan, langkah ini semakin lebih memperkuat nama Pasar Sitimang sebagai surga berbelanja keramik. Baik, untuk beberapa wisatawan maupun kolektor keramik dari beragam kota di Indonesia.

Berburu Keramik di Pasar Keramik Sitimang Jambi

Bahkan juga, lanjut Didy, Pasar Sitimang sering jadi maksud berbelanja beberapa petinggi pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat. ” Pasar Sitimang juga sudah diperkenalkan lewat program city tur. Jadi wisatawan lokal ataupun mancanegara yang berkunjung ke Jambi tentu singgah kesini, ” kata Didy.

Pemda Jambi berani mempromosikan Pasar Sitimang lantaran keramik yang di jual disini mempunyai kekhasan serta design yang eksklusif. Pedagang keramik di sentra ini memanglah mempunyai keunggulan membaca selera customer.

Diluar itu, keramik di pasar ini diimpor segera dari China. ” Ini product asli dengan kwalitas paling baik dari China, ” tutur Didy

Wisata tempat lain :

Berburu Keramik di Pasar Keramik Sitimang Jambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *