Indahnya Panorama Pulau Samalona di Bumi Makassar

Posted on
Indahnya Panorama Pulau Samalona di Bumi Makassar

Nusantara memiliki beribu-ribu pulau yang indah. Pulau-pulau itu berderet dari Sabang sampai Merauke dalam kesatuan negara Republik Indonesia. Satu diantara pulau terindah yang dipunyai Indonesia yaitu Pulau Samalona. Pulau itu ada dalam lokasi Indonesia timur, tepatnya di lokasi administrasi pemerintahan Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Untuk menuju Pulau Samalona, pengunjung mesti meniti jarak sekitaran 2 km dengan memakai perahu motor. Layanan sewa perahu motor dapat diketemukan di dermaga Kota Makassar yang letaknya tak jauh dari Pantai Losari. Jalan raya di dermaga itu senantiasa repot. Pasalnya, dermaga ini bukan sekedar melayani wisatawan yang menginginkan bertandang ke pulau, namun juga melayani lalu-lintas warga serta beberapa pedagang.

Harga sewa perahu motor beragam, bergantung maksud serta karakter penyewaan. Ada dua karakter penyewaan perahu motor, yaitu berbentuk pribadi atau umum. Yang disebut pribadi disini perahu motor disewa dengan cara penuh serta bakal temani wisatawan hingga kunjungan usai. Harga sewa perahu dengan cara pribadi menuju Pulau Samalona sekitar Rp500. 000 – semakin lebih murah bila pengunjung pintar menawar harga. Sedang bila berbentuk umum, wisatawan bakal berhimpun dengan penumpang lain yang satu maksud serta kembali sesuai sama jam yang telah ditetapkan. Pasti dengan harga sewa yang tidak sama.

Indahnya Panorama Pulau Samalona di Bumi Makassar

Dari dermaga Kota Makassar, perjalanan menuju Pulau Samalona dengan memakai perahu motor membutuhkan saat sekitaran 30 menit. Saat tiba di Pulau Samalona, pengunjung bakal disambut hamparan pasir putih serta air laut yang jernih. Karena sangat jernihnya, pengunjung bisa lihat indahnya terumbu karang segera dari atas perahu.

Luas Pulau Samalona makin berkurang dari th. ke th.. Di penghujung 2012, luas pulau ini cuma sekitaran 2 hektare. Walaupun kecil, pulau ini dilengkapi beragam sarana penunjang wisata, seperti penginapan, kamar basuh, serta kedai. Bila pengunjung menginginkan lihat keindahan bawah laut, juga ada layanan sewa alat-alat diving serta snorkeling komplit dengan pemandu bila dikehendaki. Harga sewa alat-alat snorkeling Rp50. 000-Rp100. 000, bergantung kepandaian pengunjung dalam menawar harga.

Indahnya Panorama Pulau Samalona di Bumi Makassar

Pamandangan bawah laut Pulau Samalona populer sampai penjuru dunia. Tak heran bila sehari-hari senantiasa ada wisatawan baik lokal ataupun asing yang meluangkan diri untuk datang ke pulau ini. Bila jemu bermain air, silahkan merapat ke kedai. Di kedai ini, ada olahan masakan khas daerah pesisir, seperti ikan serta kepiting bakar.

Pulau Samalona adalah kekayaan punya nusantara yang perlu dijaga serta dilestarikan. Jangan pernah promosi wisata yang tengah digencarkan malah makin mengakibatkan kerusakan kealamian pulau ini. Terlebih banyak yang yakin kalau Pulau Samalona yang luasnya senantiasa berkurang dari th. ke th. ini dipercaya bakal terbenam di th. 2020.

Wisata tempat lain : 

Indahnya Panorama Pulau Samalona di Bumi Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.