Keindahan Surga Wisata Alam di Purworejo yang Harus Diketahui

Posted on

Kabupaten Purworejo yang ada diantara Kebumen serta Kulon Progo sampai kini belum demikian di kenal sebagai satu diantara maksud wisata di tanah Jawa. Hingga banyak keuntungan yang traveler peroleh bila menjelajahi kabupaten ini. Salah nya ialah temukan banyak tempat keren yang masihlah alami dengan situasi yang sepi.

Kebetulan Kabupaten Purworejo mempunyai sangat banyak wisata alam yang keren-keren. Ada pantai, air terjun hingga desa wisata dapat anda temui di sana. Bila anda tinggal di lokasi Jawa Barat serta menginginkan ekplorasi wisata di lokasi timur Jawa lewat Jalur Selatan atau demikian sebaliknya, janganlah terlewat untuk singgah sesaat di kabupaten ini. Tersebut Travelingyuk rangkumkan himpunan wisata alam keren di Kabupaten Purworejo yang dapat anda singgahi.

1. Dapatkan Curug Tawing di Desa Tlogoguo yang Miliki Mitos Awet Muda

Keindahan Surga Wisata Alam di Purworejo yang Harus Diketahui

Sebelumnya mengawali eksplorasi wisata alam di Purworejo baiknya anda sediakan dahulu fisikmu sebab beberapa besar destinasi ini memerlukan trekking yang bakal kuras staminamu. Sebagai permulaan anda dapat bertandang ke desa Tlogoguo di kecamatan Kaligesing. Di desa ini ada rimba pinus yang cukup lebat serta didalam lokasi ini ada air terjun bernama Curug Tawing.

Dalam bhs setempat curug bermakna air terjun serta tawing yaitu tebing. Curug Tawing adalah air terjun yang datang dari tebing, demikianlah kurang lebih makna nama air terjun cantik ini. Pada akhir minggu serta hari libur umumnya ada anak-anak muda yang hoby ngetrip berkunjung ke tempat ini. Tetapi jumlahnya belum banyak hingga kealamian air terjun ini masihlah begitu terbangun. Curug Tawing miliki mitos yang mengatakan siapapun yang meminum atau mandi dengan airnya jadi dapat awet muda serta di beri kesehatan. Tak jauh dari air terjun traveler dapat juga berkunjung ke Gua Anjani.

2. Pantai Ketawang, Pantai Dengan Mercusuar di Purworejo 

Keindahan Surga Wisata Alam di Purworejo yang Harus Diketahui

Samping selatan kabupaten Purworejo bersebelahan dengan Samudera Hindia, begitu daerah ini mempunyai banyak pantai untuk tempat rekreasi. Satu diantara yang telah di buka sebagai destinasi wisata yaitu Pantai Ketawang. Pantai ini terdapat di dusun Ketawang, desa Ketawangrejo, kecamatan Grabag, Purworejo.

Kekhasan dari pantai ini yaitu ada mercusuar yang dapat dinaiki traveler sampai ke puncaknya. dari atas sana mereka bisa lihat luasnya hamparan pasir pantai dan deburan ombak pantai selatan yang menggelegar. Suguhan paling utama Pantai Ketawang yaitu panoramanya yang indah di mana traveler bakal dipertunjukkan cantiknya deretan Pegunungan Sewu serta Menoreh di segi timur. Berikut satu diantara pantai paling populer di Purworejo, anda harus bertandang ke sana.

3. Curug Kyai Kate, Tempat yang Cocok Untuk Mendengar Nyanyian Alam

Keindahan Surga Wisata Alam di Purworejo yang Harus Diketahui

Untuk traveler yang kesehariannya tinggal di lokasi perkotaan tentu rindu dengan situasi sepi di mana mereka dapat mendengar nyanyian alam yang terwujud dari hembusan angin serta kicauan burung. Purworejo dapat memberi itu semuanya, langkahnya dengan menyambangi Curug Kyai Kate di desa Gunung Cenderung, Kecamatan Bruno.

Curug Kyai Kate yaitu air terjun yang mempunyai debet air yang cukup deras serta terdapat dibawah bukit hingga lokasi ini cukup sunyi serta nyaman sekali. Selama seharian yang dapat anda dengar cuma kicauan burung serta gemuruh air yang jatuh dari puncak tebing. Sesekali anda bakal bersua dengan warga yang umumnya mencari kelapa di sekitaran lokasi atau memancing di sekitaran sungai yang ada di dekat air terjun.

4. Rasakan Damainya Kehidupan Orang-orang Desa Dengan Bertandang ke Desa Wisata Somongari Purworejo

Keindahan Surga Wisata Alam di Purworejo yang Harus Diketahui

Terdapat di lokasi Perbukitan Menoreh yang juga adalah satu deret dengan lokasi menuju Candi Borobudur ada desa wisata yang damai. Yaitu Desa Wisata Somongari yang dengan cara administratif masuk dalam lokasi kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Kehadiran desa wisata ini tidaklah terlalu jauh dari pusat kota sebab cuma berjarak 13 km. saja.

Topografi Desa Somongari berbentuk perbukitan yang juga dialiri oleh dua sungai yang nanti bakal membuahkan air terjun cantik yang lalu di ketahui bernama Curug Silangit. Terkecuali menyuguhkan keindahan alam berbentuk air terjun paling tinggi di Purworejo, bertandang ke desa wisata ini traveler dapat juga nikmati satu kebiasaan tahunan bernama Jolenan yang diselenggarakan tiap-tiap bln. Sapar pada penanggalan Jawa. Saat paling baik bertandang ke desa ini yaitu pada musim panen manggis serta durian, Desa Wisata Somongari benar-benar sangat di kenal dengan agrowisatanya berbentuk ke-2 type buah itu.

5. Curug Muncar, Destinasi Alam yang Pas Untuk Menjauh dari Hingar Bingar

Keindahan Surga Wisata Alam di Purworejo yang Harus Diketahui

Di Kabupaten Purworejo tak susah untuk mencari beberapa tempat sepi untuk merelaksasi diri. Cukup sambangi satu per satu potensi air terjunnya. Spot selanjutnya juga terkait dengan air terjun yaitu Curug Muncar. Seperti dilongok Travelingyuk dari laman resmi pemkab Purworejo, air terjun ini masih tetap dalam keadaan yang alami.

Curug Muncar begitu pas untuk traveler yang hoby dengan petualangan alam. Terlebih dulu traveler juga dihimbau untuk menyiapkan bekal serta fisik sebelumnya datang ke lokasi. Pasalnya rute yang bakal dilewati untuk meraih ke lokasi air terjun di ketinggian 900 mtr. diatas permukaan laut ini begitu menantang dengan tanjakan yang seolah tidak ada habisnya. Anda dapat temukan lokasi Curug Muncar di Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno.

6. Nikmati Sunset Cantik di Pantai Keburuhan

Keindahan Surga Wisata Alam di Purworejo yang Harus Diketahui

Satu diantara pantai di Kabupaten Purworejo mempunyai panorama sunset yang indah sekali. Pantai itu yaitu Pantai Keburuhan. Pantai yang terdapat di Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol. Kabupaten Purworejo mempunyai akses yang begitu gampang untuk dijangkau bahkan juga untuk kendaraan roda empat meskipun.

Pantai Keburuhan yaitu pilihan yang pas untuk traveler yang sukai dengan situasi sepi tetapi ada di lokasi yang gampang dijangkau. Datang ke pantai ini pada sore hari traveler bakal disajikan panorama indah matahari tenggelam. Sedang kesibukan lain yang dapat dikerjakan di pantai ini yaitu wisata susur sungai dengan memakai perahu. Traveler bakal di ajak menyusuri sungai selama 3 km dari muara pantai Keburuhan.


7. Gua Nguwik Ada Untuk Traveler Penggemar Susur Gua

Keindahan Surga Wisata Alam di Purworejo yang Harus Diketahui

Traveler penggemar susur gua bakal dimanjakan dengan keindahan Gua Nguwik di Purworejo. Sebab terkecuali miliki suguhan pahatan alam di perut bumi, gua ini dapat jadi website purbakala di mana didalamnya pernah diketemukan fosil badak jawa purba bercula satu di kedalaman 200 mtr.. Menurut riset usia fosil itu meraih 900 ribu th.

Gua Nguwik terdapat di dusun Katerban, desa Donorejo, kecamatan Kaligesing. Kunjungan wisatawan ke gua ini bakal membludak pada akhir minggu serta tiap-tiap libur nasional. Biasanya mereka datang lantaran penasaran dengan berita yang mengedar di mana didalam gua ada fosil hewan purba. Lokasi gua ini ada 30 km dari kota Jogja serta 6 km dari kecamatan Kaligesing.

8. Taman Sidandang Tempat Ayik Untuk Bermain Air di Purworejo

Keindahan Surga Wisata Alam di Purworejo yang Harus Diketahui

Satu tempat yang dikerjakan serius oleh pemkab Purworejo sebagai obyek wisata yaitu Taman Sidandang. Lokasi perbukitan dengan rimba yang masihlah terbangun dan kehadiran air terjun keren serta kolam-kolam alami bikin kombinasi prima sebagai maksud wisata alam. Lihat potensi yang demikian besar, lalu dibangunlah beragam sarana pendukung untuk mempermudah traveler yang ingin bertandang.

Taman Sidandang ini ada di desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing. Traveler cuma memerlukan saat sekitaran 20 menit berkendara dari pusat kota untuk menuju ke lokasi. Object wisata alam ini sudah dirintis mulai sejak th. lantas dengan peresmian yang dikerjakan oleh Bupati Purworejo segera. Di lokasi ini traveler dapat lakukan beragam kesibukan seru salah nya ialah berenang di kolam ali dengan air terjun di sampingnya.

9. Menyusuri Gua Seplawan yang Pernah Diketemukan Patung Emas di Dalamnya

Keindahan Surga Wisata Alam di Purworejo yang Harus Diketahui

Ada di deretan pegunungan Menoreh ada satu gua yang mana pada awal penemuannya sempat juga diketemukan patung emas, berikut Gua Seplawan. Gua Seplawan ada di perbatasan pada Purworejo serta Kulon Progo, Yogyakarta. Dengan cara administratif gua ini masihlah jadi lokasi dari desa Donorejo, kecamatan Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah.

Gua Seplawan mendatangkan keindahan ruangan bawah tanah dan lokasi pegunungan yang indah. Sebelu masuk ke gua traveler bakal bersua dengan patung dewa Siwa serta Parwati. patung ini yaitu tiruan dari arca asli yang diketemukan berbarengan dengan gua Seplawan pada th. 1979. Saat ini arca yang asli disimpan di Museum Nasional Jakarta. Menyusuri lorong gua yang telah di beri lampu penerangan ini traveler bakal di buat mengagumi akan dengan ukiran alam bawah tanah selama 700 mtr. itu. Gua ini dapat disusuri dengan gampang sebab pengelola sudah bangun akses masuk ke gua termasuk juga menempatkan lampu penerangan.

10. Pantai Jatimalang Bakal Jadi Pelengkap Kunjungan Di Purworejo

Keindahan Surga Wisata Alam di Purworejo yang Harus Diketahui

Lengkapi eksplorasimu di Kabupaten Purworejo anda dapat bertandang ke Pantai Jatimalang. Pantai yang satu ini harus anda kunjungi sebelumnya pergi dari kabupaten ini sebab ini yaitu pantai paling popular di sana. Letak pantai ini ada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, sekitaran 17 km. dari pusat kota.

Sebagai wisata andalan kabupaten Purworejo, Pantai Jatimalang memanglah sudah mempunyai sarana yang komplit. Umpamanya saja traveler yang takut bermain air lantaran ombak yang besar dapat menyewa motor ATV untuk berkeliling pantai. Atau aktivitas yang lain seperti berenang di kolam renang yang ada di tepi pantai sampai mencicipi olahan seafood yang ada di warung makan di sekitaran pantai.

Mengingat wilayahnya yang demikian luas dengan topografi yang bermacam besar kemungkinan ada banyak tempat tersembunyi yang lain yang belum dijamahi traveler. Untuk traveler asli Purworejo yang teratur lakukan eksplorasi dapat mengenalkan spot-spot baru di sana dengan menuliskannya di kolom komentar.

Wisata tempat lain : 

Wisata Religi Beduk Terbesar Dunia di Purworwjo Wisata Alam di Curug Silangit Purworejo Wisata Goa Seplawan Keindahan Alam di Purworejo Wisata Pantai Ketawang di Purworejo Wisata Andalan Purworejo Pantai Jatimalang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.