Liburan di Danau Tempe Makassar Dengan Sejuta Keindahannya

Posted on
Liburan di Danau Tempe Makassar Dengan Sejuta Keindahannya

Danau Tempe adalah danau yang terdapat dibagian Barat Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan, tepatnya di Kecamatan Tempe sekitaran 7 km dari Kota Sengkang menuju pinggir Sungai Walanae. Danau dengan luas sekitaran 13. 000 hektare ini di ketahui mempunyai spesies ikan air tawar yang tidak sering didapati ditempat lain. ikan itu popular di orang-orang setempat dengan nama Bale Bungo yang digolongkan termasuk juga type ikan langka.

Hasil rekontruksi Tang, (2005) atas perjalanan pergantian Danau Tempe sekarang ini di ketahui kalau Danau Tempe awal mulanya yaitu sisi dari selat yang menghubungkan Selat Makasar yaitu Teluk Pare-pare di Samping Barat serta Teluk Bone di Samping Timur. Danau Tempe yaitu sisi selat yang memisahkan Sulawesi Sisi selatan dengan sisi Sulawesi yang lain dibagian Utara. Pernyataan itu didasarkan pada Naskah La Galigo, tulisan Bompeng Ri Langi (Enrekang) serta yang lain yang diambil Cristian Perlas dalam Buku The Bugis (Tang, 2005). Danau tempe sarat dengan momen peradaban Sulawesi saat lampau.

Liburan di Danau Tempe Makassar Dengan Sejuta Keindahannya

Lokasi Danau Tempe menurut sejarahnya yaitu adalah lokasi pusat perdagangan yang sudah di kenal beberapa pedagang dari luar daerah Sulawesi, sebelumnya Bandar Makassar yang lalu jadi pusat perdagangan lokasi Timur Indonesia (Tang, 2005).

Gerakan lempengan bumi dan sistem sedimentasi yang terus-terusan selama saat bikin selat menyempit serta mendangkal, hingga yang tersisa sekarang ini yaitu tiga lokasi perairan yang terpisah, yaitu Danau Tempe, Danau Buaya, serta Danau Sidenreng (yang awal mulanya yaitu satu kesatuan yakni Danau Tempe), dan Sungai Cenrana yang menghubungkan Danau Tempe ke Teluk Bone. Bila ketiga danau itu dikumpulkan oleh genangan air pada elevasi 10 m dpl bakal mempunyai luasan sampai 47. 800 Ha (Bappeda Kab. Wajo, 2006).

Liburan di Danau Tempe Makassar Dengan Sejuta Keindahannya

Danau Tempe sudah di kenal adalah penghasil ikan air tawar paling besar didunia, lantaran basic danau ini menaruh beberapa sumber makanan ikan yang melimpah. Histori perikanannya adalah yang tertua dalam bagian perikanan di mana pekerjaan sepanjang hari orang-orang pesisir danau memanglah di kenal sebagai nelayan turun temurun. Di masa th. 1970an, Danau Tempe adalah satu diantara penyuplai paling utama penuhi keperluan ikan untuk mengkonsumsi di pulau Jawa. Bahkan juga pada saat itu, Danau Tempe pernah jadi sumber paling besar ikan sidat untuk keperluan ekspor Indonesia. Pemasarannya jadi meraih benua Eropa serta Amerika.

Liburan di Danau Tempe Makassar Dengan Sejuta Keindahannya

Danau Tempe saat ini jadi satu diantara media riset beberapa akademisi yang berdatangan dari beragam belahan dunia. Terkecuali jadi tempat wisata yang mengagumkan, beragam bentuk riset dikerjakan terlebih menyangkut fauna endemiknya. Danau Tempe juga jadi tempat digelarnya beragam pertunjukan budaya serta upacara ritual di atas danaunya. Acara khas daerah ini umumnya dikerjakan tiap-tiap th. pada bln. Agustus serta jadi satu diantara tempat wisata menarik di Sulawesi Selatan

Wisata tempat lain :

Liburan di Danau Tempe Makassar Dengan Sejuta Keindahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.