Melihat Keindahan Monas Jambi di Jambi

Posted on
Melihat Keindahan Monas Jambi di Jambi

Dulunya Cuma Tugu Biasa

Siapa yang tidak tau Tugu Monas Kota Baru, ikon Kota Jambi yang senantiasa gemerlap pada malam hari. Lampu berwarna warni menarik perhatian warga untuk berkumpul di sana, di bundaran simpang empat. Bahkan juga keramaian masihlah belum surut sampai awal hari.


JENNIFER AGUSTIA, KOTA JAMBI

Saat anda melalui bundaran Kota Baru saat malam hari, pasti anda tertarik untuk berhenti. Sekurang-kurangnya mamoir sesaat memerhatikan miniatur monas itu. demikian halnya saat lihat poster atau iklan even-event pemerintah Kota Jambi, senantiasa ada gambar tugu Kotabaru yang mirip Tugu Monas, ikon DKI Jakarta. Pertanyaannya mengapa ikon Kota Jambi mesti mirip Monas? Tak adakah ikon asli Kota Jambi yang dapat mewakili masyaralat Kota Jambi?

Junedi Tenur, Budayawan Jambi menyampaikan, tugu Kota Baru itu memanglah nyaris serupa dengan Tugu Monas di DKI Jakarta, tetapi tidaklah seutuhnya serupa. “Bisa saja orang menyampaikan serupa Monas, lantaran kobaran ai diatasnya, ” kata Junedi.

Melihat Keindahan Monas Jambi di Jambi

Sambil kembali kenang, Junedi menyampaikan sesungguhnya pada awal pembangunannya dahulu, Tugu Monas Kota Baru itu hanya tugu jam umum. Tetapi, lantaran ada kobaran api diatasnya, jadi disebutlah Monas. Ketidaksamaannya dari Tugu Monas DKI Jakarta yang mempunyai sisi teras, Tugu Monas Kota Baru tak memliki teras, melinkan patung angso duo dibawahnya.

Junedi juga menyampaikan, sesungguhnya tak hany Kota Jambi saja yang mempunyai tugu dengan kobaran ai diatasnya, tetapi ada juga kota-kota lain. “Tugu Juang Surabaya juga mempunyai api diatasnya, namun lantaran kita seringkali ke Jakarta serta saksikan monas, maka dari itu dimaksud Tugu Monas, ” tuturnya.

Melihat Keindahan Monas Jambi di Jambi

Makna dari tugu Monas Kota Baru itu sendii menurut Junedi yaitu lambang dari kemauan perjuangan orang-orang Kota Jambi yang menggebu-gebu. “Itulah arti lambang api itu, perjuangan yang menggebu-gebu yang ditopang oleh angso duo sebagai lambang Kota Jambi, ” tuturnya.

Tentang histori pembangunannya, tugu Monas Kotabaru, Junedi tak dapat memastikannya. Tetapi, dia menyampaikan pembangunannya nyaris berbarengan dengan pembangunan perkantoran walikota di Kotabaru. Menurut dia, pembangunan perkantoran di Kota Baru itu dikerjakan pada jaman pemerintahan walikota Jambi, Zainir Haviz.

Melihat Keindahan Monas Jambi di Jambi

Disamping itu, menurut dia bukan sekedar Tugu Monas itu sebagai ikon Kota Jambi, bahkan juga sekarang ini tengah di bangun ikon lain di seberang Kota Jambi. Yang ada sekarang ini, kuburan batu, kuburan belanda, lokasi Kota Tua Pasar yang mencakup Unja lama juga adalah ikon Kota Jambi.

Lantas mengapa mesti menghadirkan gambar Tugu Monas Kotabaru disetiap aktivitas Pemerintah Kota Jambi, bukannya menghadirkan ikon angso duo yang telah terang adalah legenda terbentuknya Kota Jambi. Sekda Kota Jambi, daru Pratomo menyampaikan untuk ikon Kota Jambi tetaplah Angso Duo, dengan argumen legenda itu. “Karena memanglah angso duo yang berhenti di Tanggo rajo, ” tuturnya.

Tetapi untuk lambang Kota Jambi memakai gambar Tugu Monas, dia menyampaikan lantaran di bundaran Monas Kota Baru tersebut yang disebut titik tri argulasi Kota Jambi. Astinya, lanjut Sekda, di Tugu Monas Kotabaru lah yang titik 0 Kota Jambi. Dengan argumen itu juga, tiap-tiap aktivitas pemerintah Kota Jambi kerapkali dipusatkan di bundaran Tugu Monas Kota Baru.


Wisata tempat lain : 

Melihat Keindahan Monas Jambi di Jambi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *