Menikmati Keindahan Benteng Fort Rotterdam Makasar

Posted on
Menikmati Keindahan  Benteng Fort Rotterdam Makasar

Benteng Fort Rotterdam yaitu satu diantara benteng yang megah serta menawan yang ada di Makasar, Sulawesi Selatan. Awal mulanya, benteng ini dikatakan sebagai benteng Jumpandang atau Ujung Pandang. Benteng ini adalah peninggalan histori Kesultanan Gowa, Kesultanan ini pernah Berjaya sekitaran era ke-17 dengan ibu kota Makassar.

Kesultanan ini sesungguhnya mempunyai 17 buah benteng yang mengelilingi semua ibu kota. Cuma saja, bila dibanding dengan benteng lainnnya, Benteng Fort Rotterdam yaitu benteng paling megah serta keasliannya masihlah terpelihara sampai saat ini. Benteng Fort Rotterdam di bangun oleh Raja Gowa ke X yang bernama Imanrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung atau Karaeng Tunipalangga Ulaweng pada th. 1545 M.

Menikmati Keindahan  Benteng Fort Rotterdam Makasar

Awal mulanya bentuk benteng ini yaitu sisi empat, seperti arsitektur benteng style Portugis. Benteng Fort Rotterdam terbuar dari kombinasi batu serta dan tanah liat yang dibakar sampai kering. Pada tanggal 9 Agustus 1634, Sultan Gowa ke XIV bikin diinding tembok dengan batu padas hitam yang datang dari daerah Maros. Lalu, dinding tembok ke-2 dekat pintu gerbang di bangun pada tanggal 23 Juni 1635.

Pada th. 1655 sampai 1669 benteng ini pernah hancur lantaran armada perang Belanda yang di pimpin oleh Gubernur Jendral Admiral Cornelis Janszoon Speelman menyerang Kesultanan Gowa yang di pimpin oleh Sultan Hasanuddin yang mempunyai tujuan untuk kuasai jalur perdagangan rempah rempah serta memperluas sayap kekuasaan untuk mempermudah mereka buka jalur ke Banda serta Maluku.

Menikmati Keindahan  Benteng Fort Rotterdam Makasar

Pada akhirnya beberapa benteng hancur sesudah terserang sepanjang setahun. Pada akhirnya, Sultan Gowa dipaksa untuk di tandatangani Kesepakatan Bongaya pada tanggal 18 November 1667. Lalu, Gubernur Jendral Speelman bangun kembali benteng yang hancur dengan jenis arsitektur Belanda. Benteng itu kemduian diberi nama Fort Rotterdam, yang disebut nama tempat kelahiran Speelman.

Dinding benteng ini kokoh menjulang setinggi 5 mtr. dengantebal dinding sekitaran 2 mtr., dengan pintu paling utama memiliki ukuran kecil. Bila diliat dari hawa benteng ini berupa sisi lima seperti penyu yang akan masuk dalam pantai.

Menikmati Keindahan  Benteng Fort Rotterdam Makasar

Lantaran benteng ini memiliki bentuk serupa penyu, terkadang juga benteng ini dapat diberi nama Benteng Panynyua (Penyu). Benteng ini memiliki 5 Bastion, yakni bangunan yang lebih kokoh serta posisinya lebih tinggi di tiap-tiap pojok benteng yang umumnya diletakkan kanon atau meriam diatasnya.

Wisata tempat lain : 

Menikmati Keindahan  Benteng Fort Rotterdam Makasar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.