Pusat Sovenir Jalan Somba Opu Makassar

Posted on
Pusat Sovenir Jalan Somba Opu Makassar

Sperti jadi satu ketentuan tidak tercatat, kalau sepulang dari melancong mesti membawa ole-ole. Memanglah bila bertandang ke satu daerah, tidak komplit rasa-rasanya bila pulangnya tak membawa oleh-oleh atau ole-ole khas dari daerah itu. Oleh-oleh dapat berbentuk makanan, baju, atau souvenir yang unik. Demikian juga bila anda lakukan kunjungan wisata ke Makassar, harus hukumnya menginjakkan kaki di Jalan Somba Opu, pusat ole-ole khas Makassar.

Jalan Somba Opu ada di kelurahan Maloku, Kec. Ujung Pandang, sisi barat kota Makassar. Membentang dari utara ke selatan dengan panjang ± 1 Km, jalan ini bersebelahan dengan Jalan Penghibur, yang disebut tempat Pantai Losari. Jalan ini dapat ada tak jauh dari Fort Rottedam yang ada di Jalan Ujungpandang. Dermaga Kayu Bangkoa yang disebut tempat berlabuhnya kapal-kapal menuju pulau-pulau yang ada di Selat Makassar juga ada tak jauh dari sini. Diluar itu, beragam hotel di Makassar banyak juga berdiri di sekitaran tempat itu. Tak salah dengan tempatnya yang strategis itu, pada th. 1970, H. M. Patompo, walikota waktu itu, menetapkannya sebagai pusat ole-ole serta cinderamata Makassar.

Pusat Sovenir Jalan Somba Opu Makassar

Ada beberapa puluh toko yang spesial jual cinderamata khas asal Sulawesi Selatan. Harga yang di tawarkan biasanya sama jauh pada toko yang satu dengan yang lain. Sebagian toko umumnya telah menempatkan label harga di item jualannya, tetapi harga itu umumnya masihlah dapat ditawar. Jadi bila bertandang kesini, janganlah malu untuk menawar.

Tiap-tiap toko umumnya terkecuali jual bermacam kerajinan tangan atau souvenir, juga jual penganan serta obat-obatan khas dari Sulawesi Selatan. Souvenir-souvenir yang populer seperti songko’ Bone, kain serta sarung sutra bugis dari Wajo, pakaian kaos serta gantungan kunci bertuliskan Makassar, atau miniature perahu Phinisi ada nyaris di semuanya toko souvenir yang ada disini. Begitu juga camilan seperti kacang disko, jambu mete, kue bagea, kue baruasa, markisa, dodol, sirup DHT, kopi toraja serta kue-kue kering khas Makassar yang lain. Sesaat obat-obatan yang populer dari Makassar serta banyak disukai yaitu minyak gosok cap tawon serta cap beruang.

Pusat Sovenir Jalan Somba Opu Makassar

Jalan yang namanya di ambil dari nama benteng peninggalan kerajaan Gowa ini dapat populer sebagai pusat penjualan perhiasan emas di Makassar. Tidak heran saat ada di jalan itu, tidak cuma penjual ole-ole khas Makassar yang bakal didapati, tetapi juga jejeran toko perhiasan emas di kiri-kanan jalan itu. Konon emas yang di jual disini, kandungan emasnya lebih tinggi di banding rata-rata kandungan emas di Jakarta. Biasanya pedagang disini, baik penjual emas ataupun ole-ole datang dari etnis Tionghoa yang telah lama bermukim di Makassar.

Jalan Somba Opu ini umumnya mulai ramai mendekati siang hingga malam hari. Tetapi pada malam hari beberapa besar toko emas yang ada dibagian utara (gerbang masuk) umumnya telah tutup, cuma penjual souvenir, beberapa toko alat berolahraga serta musik yang melayani konsumen hingga mendekati larut malam.

Pusat Sovenir Jalan Somba Opu Makassar

 Jadi, bila bertandang ke Makassar, Jalan Somba Opu harus masuk dalam itinerary anda.


Wisata tempat lain : 

Pusat Sovenir Jalan Somba Opu Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.