Wisata Air Terjun Curug Goa Cerme – Bantul, Yogyakarta Istimewa

Posted on

Wisata Air Terjun Curug Goa Cerme - Bantul, Yogyakarta Istimewa

Air Terjun serta Goa Cerme letaknya dekat dengan wisata Goa Cerme. Menurut narasi orang-orang, Goa Cerme ini memiliki histori yang panjang sebagai satu diantara tempat yang kerap dipakai oleh beberapa Sembilan Wali (Wali songo) serta beberapa pemuka agama Islam untuk kepentingan bermusyawarah serta mencari ide.

Kehadiran dari air terjun ini kurang di perhatikan sebagai maksud wisata, walau sebenarnya mempunyai potensi yang cukup besar untuk lebih menguatkan daya tarik dari Goa Cerme. Hingga saat ini, Air Terjun Goa Cerme digunakan oleh orang-orang sekitaran untuk keperluan keseharian ataupun untuk mengairi pertanian di sawah mereka mereka.

Alamat tempatnya ada di Dusun Srunggo, Desa Giritirto, Kec. Purwosari, Kab. Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogjakarta‎.

Jaraknya lebih kurang sekitaran 25 km bila dari kota Bantul. Agar bisa meraih air terjun ini Anda mesti meniti perjalanan dari bawah serta melalui jalan setapak yang ada di lokasi Dusun Srunggo.

Wisata Air Terjun Curug Goa Cerme - Bantul, Yogyakarta Istimewa

Object Wisata Goa Cerme


Obyek wisata yang ada dibawah tanah seperti goa memanglah kerap meningkatkan adrenalin saat tengah ada di dalamnya.Suasananya yang gelap serta sunyi bisa menyebabkan rasa takut tetapi dapat juga bikin penasaran dengan isi yang ada di dalamnya.Seperti wisata Goa Cerme yang disebut satu goa yang dipercaya sebagai satu diantara tempat berkumpulnya beberapa Walisongo serta beberapa ulama-ulama besar zaman dulu

Kata ” cèrme ” ini berarti ceramah atau satu perbincangan, Goa Cerme ini pada saat dahulu kerap dipakai beberapa Walisongo untuk menebarkan agama Islam di tanah Jawa.Sebab tersebut Goa Cerme ini dipakai oleh beberapa Walisongo untuk kebutuhan pertemuan serta mengulas beragam jenis hal tentang Islam serta penyebarannya

Misalnya yaitu untuk tempat mengulas pembuatan Masjid Agung Demak pada saat itu. Goa Cerme ini telah di kenal sebagai satu obyek wisata di Yogyakarta mulai sejak tahun1980-an.

Goa Cerme sebagai objek wisata

Panjang dari Goa Cerme lebih kurang sekitaran 1, 5 km, Goa Cerme ini dapat menembus dua lokasi. Lantaran hal tersebut pintu masuk dari Goa Cerme ada di Dusun Srunggo, Bantul, Yogyakarta, sedang pintu keluarnya ada di daearah Ploso, Gunungkidul.

Goa Cerme termasuk juga satu goa yang panjang serta dalam. Lantaran kedalaman dari Goa Cerme ini, agar bisa meraih basic goa ada anak tangga dengan panjang lebih kurang 750 mtr. serta sekitaran 760 anak tangga.

Wisata Air Terjun Curug Goa Cerme - Bantul, Yogyakarta Istimewa

Didalam goa ini Anda akan lihat panorama yang indah seperti stalagtit serta stalagmit serta ada sungai dibawah tanah, canopy, gourdam, flowstone, gordin dan lain-lain.Tetapi Anda mesti waspada bila tengah ada didalam goa, lantaran di sini ada sarang kelelawar yang ada di sebagian tempat. Terkecuali karenanya lantai didalam goa juga ada air yang menggenangi dengan ketinggian sekitaran 1 – 1, 5 mtr.

Goa Cerme yang panjang ini mempunyai sangat banyak ruang serta kerap dipakai untuk bertapa.

Nama sebagian ruang didalam Goa Cerme

  • Panggung pertemuan 
  • Air zam zam 
  • Mustoko 
  • Air suci 
  • Watu kaji 
  • Pelungguhan/paseban 
  • Kahyangan 
  • Grojogan sewu 
  • Air penguripan 
  • Gamelan 
  • Batu gilang 
  • Lumbung padi 
  • Gedung sekakap 
  • Kraton 
  • Panggung 
  • Goa lawa 
  • Watu gantung 

Lantaran banyak ruang yang ada didalam Goa Cerme ini, di sini juga ada layanan pemandu untuk menyusuri goa hingga beberapa pengunjung akan tidak tersesat didalam goa ini.

Diluar itu, di sekitaran lokasi wisata Goa Cerme juga ada goa-goa kecil lain yang cukup menarik untuk diliat.

Wisata Air Terjun Curug Goa Cerme - Bantul, Yogyakarta Istimewa

Goa Lain di sekitaran Goa Cerme

  • Goa Dalang 
  • Goa Ledek 
  • Goa Badut 
  • Goa Kaum 

Goa-goa itu juga umum dipakai beberapa orang untuk kepentingan bertapa atau bersemedi.

Harga Ticket masuk Wisata Goa Cerme – Bantul, Yogyakarta

Harga ticket masuk wisata Goa Cerme lebih kurang sekitaran Rp. 2. 500 serta untuk cost parkir sepeda motor bakal dipakai cost Rp. 2000.

Bila Anda tak membawa perlengkapan untuk masuk kedalam gua seperti penerangan, di lokasi sini juga ada tempat sewa headlamp (topi senter) dengan harga sekitaran Rp. 5. 000.

Untuk cost layanan pemandu goa, dibanderol dengan harga minimum Rp. 30. 000. Layanan pemandu goa ini umumnya diharuskan untuk pengunjung yang mempunyai tujuan untuk keselamatan serta supaya tak tersesat didalam goa.

Tempat Goa Cerme

Goa Cerme ada dalam lokasi dua kabupaten. Pintu masuk dari Goa Cerme ini ada di Dusun Srunggono, Desa Selopamioro, Kec. Imogiri, Kab. Bantul serta bakal tembus hingga ke Ploso, Desa Giritirto, Kec. Panggang, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta yang disebut satu pintu keluar goa.

Akses Menuju Goa Cerme

Bila Anda dari terminal Giwangan bisa menuju jalan Imogiri timur serta Anda bakal temukan satu papan panduan arah untuk menuju Goa Cerme.

Sesudah Anda melalui Air Terjun Goa Cerme bantul yogyakarta yang ada di Lokasi Selopamioro, Anda bakal melalui tajakan yang cukup tajam. Karenanya sebelumnya lakukan perjalanan ke Goa Cerme upayakan kendaraan Anda dalam konsisi yang sempurna.

Anda dapat juga meraih Goa Cerme memakai sarana transportasi umum. Dari terminal Giwangan Anda dapat naik angkutan umum dengan rute Jogja-Imogiri-Cerme.

Kemudian Anda bisa meneruskan perjalanan dengan jalan kaki untuk hingga ke Goa Cerme. Saat yang terbaik untuk bertandang ke Goa Cerme yaitu pada saat pagi hari lantaran bus yang paling akhir menuju Cerme yaitu sekitaran jam 14. 00 WIB.

Wisata Air Terjun Curug Goa Cerme - Bantul, Yogyakarta Istimewa

Sarana di Goa Cerme

Sarana yang ada di Goa Cerme memanglah tak demikian banyak. Salah satunya yang ada seperti toilet, tempat pertemuan, pusat info serta warung makan.

Panduan berwisata menuju Goa Cerme

  1. Lantaran ruang didalam goa yang gelap serta begitu minim penerangan, pengunjung diharuskan untuk membawa alat penerangan seperti senter atau satu obor.
  2. Lantaran medan jalan yang cukup susah, janganlah cemas saat Anda tengah ada didalam gua. Nikmati saja keindahan untuk keindahan yang ada di tiap-tiap tempat yang Anda lewati. 
  3. Jangan pernah lupa untuk mempersiapkan baju ubah lantaran di sini banyak ruang yang kemampuan airnya nyaris meraih atap gua. Jadi Anda harusnya bersiap-siap untuk basah kuyup.
  4. Manfaatkanlah sepatu, bila dibutuhkan manfaatkanlah sepatu boot membuat perlindungan kaki Anda dari bebatuan didalam gua yang cukup tajam.
  5. Upayakan untuk janganlah terus-terusan memakai flash pada saat tengah mengambil gambar didalam goa, lantaran sinar dari kamera dapat menakuti hewan yang hidup dalam goa ini. 
  6. Janganlah memegang ornamen didalam goa yang masihlah hidup karenanya dapat mengakibatkan kerusakan serta hentikan pertumbuhannya.

Demikian dari ragamtempatwisata. com serta selamat berlibur menuju Air Terjun serta Goa Cerme yang ada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tempat wisata lain :

Wisata Air Terjun Curug Goa Cerme - Bantul, Yogyakarta Istimewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.