Wisata Air Terjun Grojogan Watu Joggol Kulon Progo Jogja

Posted on
Wisata Air Terjun Grojogan Watu Joggol Kulon Progo Jogja

Satu diantara wisata alam air terjun yang ada di Yogyakarta, tepatnya di Kecamatan Samigaluh Kabupaten KulonProgo daerah perbukitan menoreh. Kulon progo memiliki sangat banyak air terjun, dari mulai air terjun dengan tinggi tengah, hingga air terjun yang Air terjun ini bernama Grojogan Watu Jonggol. Air Terjun Watu Jonggol memiliki ketinggian sekitaran 30 – 40 mtr.. Air terjun watu jonggol atau grojogan watu jonggol terdapat di Dusun Nglinggo, Nglinggo barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Air terjun ini terdapat di Desa Wisata Nglinggo. Meskipun terdapat di desa serta dekat perkampungan pendududuk, namun untuk hingga ke tempat air terjun ini tidaklah gampang. Tak seperti berkunjung ke object wisata candi borobudur, untuk hingga di object wisata ini kita mesti sedikit berjuang.

Untuk hingga di Air terjun Grojogan Watu Jonggol, pengunjung mesti melalui sebagian anak tangga serta melalui perkebunan masyarakat dengan keadaan jalan masihlah dari tanah. Untuk memudahkan pengunjung hingga ke air terjun, pengelola sudah menempatkan pagar pembatas di tiap-tiap jalan yang bisa dipakai sebagai pegangan saat jalan.

Wisata Air Terjun Grojogan Watu Joggol Kulon Progo Jogja

Di bawah ini yaitu rute jalan yang bisa di tempuh untuk hingga ke air terjun grojogan watu jonggol :
Dari Yogyakarta = Jl. Godean – lurus ke barat – pasar godean – ke barat – sungai progo – lampu merah kenteng – belok kanan – lurus ikuti jalan ke arah daerah ndekso – tugu dekso – belok kiri – Jl. Samigaluh – lurus ikuti jalan – lalui KANTOR KECAMATAN SAMIGALUH, KANTOR POLISI & PASAR SAMIGALUH – lurus ikuti jalan – belok kanan di per3an DESA WISATA NGLINGGO – ikuti jalan naik keatas – kurang lebih 1, 5 km ada panduan arah ke Grojogan Watu Jonggol – belok kiri serta ikuti panduan arah.

Dari arah Magelang = menuju arah kalibawang – tugu di lampu merah ndekso belok kanan – Jl. Samigaluh – selebihnya ikuti jalan seperti di atas.

Wisata Air Terjun Grojogan Watu Joggol Kulon Progo Jogja

Saat anda telah masuk lokasi Desa Wisata Nglinggo, sesungguhnya begitu gampang untuk temukan obyek wisata ini, lantaran pengelola telah menempatkan panduan arah serta anda bisa ajukan pertanyaan pada masyarakat setempat.

Panduan Wisata :
1. Untuk hingga di Air Terjun Grojogan Watu Jonggol ini baiknya berhati – hati saat masuk lokasi Desa Wisata Nglinggo, lantaran keadaan jalan yang naik turun serta berkelok – kelok dan jalan bakal ramai wisatawan yang bertandang ke air terjun serta puncak kebun teh terlebih waktu hari libur.
2. Yakinkan kalau kendaraan anda siap dipakai untuk naik – turun gunung.


Wisata Tempat Lain : 

Wisata Air Terjun Grojogan Watu Joggol Kulon Progo Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.