Wisata Indahnya Pantai Lampuuk di Aceh Besar Tersembunyi

Posted on
Wisata Indahnya Pantai Lampuuk di Aceh Besar Tersembunyi

A. Selayang Pandang

Sebelumnya gempa serta tsunami 26 Desember 2004, Pantai Lampuuk jadi satu diantara tempat wisata favorite orang-orang Aceh. Pohon cemara tumbuh rimbun di selama pantai dengan hembusan angin pantai yang fresh. Ada banyak tempat makan dengan penjual ikan fresh yang siap dipanggang serta dapat segera di nikmati oleh pengunjung pantai.

Tidak sama perihal sesudah berlangsung tsunami, pantai ini tampak sepi, kurang tertangani serta banyak pohon cemara yang rubuh terserang tsunami. Akan tetapi, sekarang ini pantai ini mulai dikelola kembali dengan cara baik oleh pemerintah. Di akhir minggu atau hari libur banyak pengunjung yang datang untuk berekreasi. Spesial beberapa staf Instansi Swadaya Orang-orang (LSM) internasional yang bertugas di Aceh, banyak dari mereka berekreasi dengan berselancar serta berlayar. Selain itu info yang butuh di ketahui oleh beberapa pengunjung yaitu ada zona terlarang untuk kesibukan berenang, lantaran pusaran ombaknya sangat beresiko.

Wisata Indahnya Pantai Lampuuk di Aceh Besar Tersembunyi

Di sekitaran pantai berdiri megah satu pabrik semen Andalas yang pernah alami rusaknya kronis akibat gempa serta Tsunami. Di dekat pantai juga tampak satu mesjid megah berwarna putih – adalah hanya satu bangunan yang masihlah utuh saat berlangsung tsunami di lokasi ini serta sudah diputuskan oleh pemerintah daerah sebagai monumen tragedi tsunami. Masjid ini ada satu komplek dengan perumahan pasca tsunami yang di bangun pemerintah Turki.

B. Keistimewaan


Pantai Lampuuk begitu indah dengan pasir putihnya. Di pantai ini beberapa wisatawan bisa berenang, berjemur, memancing, berlayar, berselancar, menyelam serta aktivitas rekreasi yang lain. Di lokasi pantai ada Padang Golf Seulawah dengan latar belakang pemandangan laut. Di sore hari pantai ini merasa lebih indah serta penuh pesona. Pengunjung bisa melihat indahnya matahari tenggelam, hingga memberi satu kesenangan tak terlupakan.

Wisata Indahnya Pantai Lampuuk di Aceh Besar Tersembunyi

C. Lokasi

Lokasi Lampuuk terdapat di pantai barat Aceh di ujung pulau Sumatera. Ia ada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Tempatnya berdekatan dengan pantai Lhoknga serta bisa ditempuh lewat jalur Banda Aceh – Calang (Aceh Jaya).




D. Akses Menuju Lokasi

Jarak lokasi pantai dengan kota Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi lebih kurang 20 km. Dari Kota Banda Aceh bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi kurun waktu kurang dari 20 menit. Jika naik angkutan umum, yakni labi-labi (angkot) jurusan Banda Aceh-Lhoknga ditempuh lebih kurang 35 menit.

Wisata Indahnya Pantai Lampuuk di Aceh Besar Tersembunyi



E. Harga Tiket

Sebelumnya tsunami harga ticket masuk lokasi Rp. 1500, tetapi pada sekarang ini belum di ketahui harga ticket dengan cara tentu.

F. Akomodasi

Untuk sekarang ini belum ada akomodasi di sekitaran pantai. Tidak sama keadaannya dengan sebelumnya tsunami yang tersedia banyak cottage (tempat penginapan) untuk pengunjung.

Tempat wisata lain : 

Wisata Indahnya Pantai Lampuuk di Aceh Besar Tersembunyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.