Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah Semarang

Posted on
Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah Semarang



Masjid Agung Jawa Tengah adalah satu diantara masjid termegah di Indonesia. Masjid dengan arsitektur indah ini mulai di bangun pada th. 2001 serta usai pada th. 2006. Kompleks masjid terbagi dalam bangunan paling utama seluas 7. 669 m2 serta halaman seluas 7. 500 m2. Masjid Agung Jawa Tengah terdapat di jalan Gajah Raya, tepatnya di Desa Sambirejo, Kecamatan Stylemsari, Kota Semarang.

Masjid yang dapat menyimpan jamaah tidak kurang dari 15. 000 ini diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada th. 2006. Upacara peresmian ditandai dengan penandatanganan batu prasasti setinggi 3, 2 m serta berat 7, 8 ton yang terdapat di depan masjid. Prasasti terbuat dari batu alam yang datang dari lereng Gunung Merapi.

Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah
Terkecuali sebagai tempat beribadah, Masjid Agung Jawa Tengah juga adalah object wisata terpadu pendidikan, religi, pusat pendidikan, serta pusat kesibukan syiar Islam. Dengan bertandang ke masjid ini, pengunjung bisa lihat kekhasan arsitektur masjid yang disebut kombinasi pada arsitektur Jawa, Roma serta Arab.

Arsitektur Jawa tampak pada bagian-bagian, umpamanya di bagian basic tiang masjid memakai motif batik seperti tumpal, untu walang, kawung, serta parang-parangan. Ciri arsitektur Timur Tengah (Arab) terliat pada dinding masjid dinding masjid yang berhiaskan kaligrafi. Diluar itu, di halaman Masjid Agung Jawa Tengah ada 6 payung hidrolik raksasa yang bisa buka serta tutup dengan cara automatis yang disebut adopsi arsitektur bangunan Masjid Nabawi yang ada di Kota Madinah. Masjid ini dapat sedikit di pengaruhi style arsitektur Roma. Style itu terlihat pada design interior serta susunan warna yang menempel pada beberapa pojok bangunan.

Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah Semarang

Terkecuali bangunan paling utama masjid yang luas serta indah, ada bangunan pendukung yang lain. Bangunan pendukung itu salah satunya : auditorium di segi sayap kanan masjid yang bisa menyimpan lebih kurang 2. 000 orang. Auditorium ini umumnya dipakai untuk acara pameran, pernikahan serta bebrapa aktivitas yang lain. Sayap kiri masjid ada perpustakaan serta ruangan perkantoran yang disewakan untuk umum. Halaman paling utama masjid yang ada 6 payung hidrolik dapat juga menyimpan jamaah sejumlah 10. 000 orang.

Kelebihan lain masjid ini berbentuk Menara Asmaul Husna (Al Husna Tower) dengan ketinggian 99 m. Menara yang bisa diliat dari radius 5 km ini terdapat di sudut barat daya masjid. Menara itu melambangkan kebesaran serta kemahakuasaan Allah. Dipuncak menara dilengkapi teropong pandang. Dari tempat ini pengunjung bisa nikmati hawa yang fresh sembari lihat indahnya Kota Semarang serta kapal-kapal yang tengah berlalu-lalang di pelabuhan Tanjung Emas.

Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah Semarang

Di masjid ini dapat ada Al qur`an raksasa tulisan tangan karya H. Hayatuddin, seseorang penulis kaligrafi dari Kampus Sains serta Pengetahuan Al-qur`an dari Wonosobo, Jawa Tengah. Tidak cuma itu, ada pula tiruan beduk raksasa yang di buat oleh beberapa santri Pesantren Alfalah Mangunsari, Jatilawang, Banyumas, Jawa Barat.

Di ruang Masjid Agung Jawa Tengah ada beragam jenis sarana seperti perpustakaan, auditorium, penginapan, ruangan akad nikah, pemandu wisata, museum kebudayaan Islam, cafe muslim, kios-kios cenderamata, buah-buahan, dan sebagainya. Diluar itu, ada juga beragam jenis fasilitas hiburan seperti air mancur, arena bermain anak-anak, serta kereta kelinci yang bisa mengantarkan pengunjung berputar melingkari kompleks masjid ini.

Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah Semarang

Untuk masuk kawasab Masjid Agung Jawa Tengah, pengunjung tak dipungut cost. Tetapi, bila pengunjung menginginkan masuk ruang spesifik seperti Menara Asmaul Husna, pengunjung diharuskan membayar Rp 3. 000 per orang untuk jam kunjungan pada jam 08. 00—17. 30 WIB. Serta jika pengunjung datang pada pukul 17. 30—21. 00 WIB tarif itu bertambah jadi Rp 4. 000 per orang. Untuk pengunjung yang menginginkan memakai teropong yang ada di Menara Asmaul Husna itu, jadi pengunjung mesti keluarkan biaya penambahan sebesar Rp 500, – per menit.

Ketika berlibur, masjid banyak di kunjungi wisatawan yang datang dari beragam daerah. Bahkan juga sebagian turis luar negeri, terutama muslim banyak yang melunagkan saat bertandang ke masjid ini untuk melaksanakan ibadah sekalian berwisata.

Wisata tempat lain : 

Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.