Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Posted on
Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Benteng Marlborough yaitu satu bangunan benteng pertahanan yang terdapat di pesisir pantai Tapak Paderi – Kota Bengkulu. Benteng Marlborough ini di bangun oleh kolonial Inggris pada th. 1914 – 1719 di bawah pimpinan Gubernur Jendral Josef Colin semasa pendudukan mereka di Lokasi Bengkulu. Benteng Marlborough yaitu benteng paling besar yang pernah di bangun oleh Bangsa Inggris semasa kolonialismenya di Asia Tenggara. Konstruksi bangunan benteng

Benteng Marlborough ini benar-benar sangat kental dengan corak arsitektur Inggris Era ke-20 yang ‘megah’ serta ‘mapan’. Bentuk keseluruhnya komplek bangunan benteng yang mirip penampang badan ‘kura-kura’ begitu mengesankan kemampuan serta kemegahan. Detail-detail bangunan yang European Taste menanamkan kesan kehadiran bangsa yang besar serta berjaya pada saat itu. Dari beragam peninggalan Benteng Marlborough yang masihlah ada didalam bangunan benteng dapatlah di ketahui kalau pada masanya bangunan ini dapat berperan sebagai pusat beragam aktivitas termasuk juga perkantoran, bahkan juga penjara.

Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Beragam catatan histori pernah berlangsung di Benteng Marlborough ini, salah satunya mengenai beragam peristiwa dalam kehidupan bangsa Inggris di Bengkulu waktu itu, sebagian pesta perkawinan di antara mereka, beragam cerita perniagaan rempah-rempah, peperangan-peperangan yang berlangsung, sampai cerita gugurnya Hamilton, gugurnya Thomas Parr serta penundukan/penguasaan benteng ini sepanjang kurang lebih enam bln. oleh perlawanan Tobo Bengkulu dengan Rajo Lelo-nya. Dalam umur yang telah meraih tiga era, nilai Benteng Marlborough ini pasti kian lebih sebatas bangunan bersejarah yang ada di Bumi Bengkulu ini.

Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Namun Benteng Marlborough juga adalah ‘prasasti’ yang menceritakan mengenai hubungan hubungan dua bangsa yang tidak sama, yakni bangsa Inggris serta bangsa Melayu Bengkulu’. Benteng Marlborough seperti ‘permata sejarah’ yang menjadikan satu masa lalu manis dari dua bangsa yang tidak sama dalam satu untaian kalung ‘kehormatan peradaban’-nya semasing. Benteng Marlborough yaitu website yang tidak ada bisa ditinggalkan saat wisatawan berkunjung ke Bengkulu.

Info

Benteng Marlborough (Inggris : Fort Marlborough) yaitu benteng peninggalan Inggris di kota Bengkulu. Benteng ini didirikan oleh East India Company (EIC) th. 1713-1719 dibawah pimpinan gubernur Joseph Callet sebagai benteng pertahanan Inggris. Konon, benteng ini adalah benteng terkuat Inggris di lokasi Timur sesudah benteng St. George di Madras, India. Benteng ini didirikan diatas bukit buatan, menghadap ke arah kota Bengkulu serta memunggungi samudera Hindia.

Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Tempat

Terdapat di Jln. Jend. Ahmad Yani, Bengkulu. Bila anda dari bandara dapat memakai taksi atau Apabila anda memakai kendaraan umum, anda dapat memakai angkot putih mnuju ke terminal Pemandangan dari terminal Pemandangan anda memakai angkot yang berwarna hijau serta berhenti di Jalan Suprapto, lalu naik angkot berwarna kuning yang menuju Benteng Marlborough.

Daya Tarik

benteng ini memiliki arsitek tipikal era 18 yang berupa kura-kura. Tempat benteng dipusat kota bersebelahan dengan Perkampungan China. Anda bisa lihat sebagian jembatan yang menghubungkan sisi ujung serta pusat serta satu jembatan diatas parit yang membuat ekor dan jembatan yang menghubungkan jalan masuk obyek wisata. Dulu jembatan ini dapat diangkat serta di turunkan. Anda dapat juga lihat batas dinding terluar yang masihlah terlihat berbentuk parit-parit seperti zaman dulu.

Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Apabila anda Didalam bangunan ini jadi anda bakal lihat ruangan tahanan, gudang persenjataan, kantor, sebagian meriam, ruangan perlindungan, dan terowongan selama lebih kurang 6 m serta lebar 2 m. apabila anda menuju dibagian belakang wisata anda bakal lihat tiga makam yakni makam Thomas Parr, Charles Muray serta satu makam yg tidak di kenal. Juga Ada prasasti nisan yang bertuliskan nama, tanggal serta th. kematian beberapa tentara Inggris di tempat itu.

Fasilitas

ada wisata yang berdekatan dengan Benteng Marlborough yakni tapak padri serta pantai zakat yang dapat anda nikmati sekalian apabila anda bertandang ke benteng Marlborough. Apabila anda menginginkan bermalam di sekitar Benteng Marlborough ada hotel rio asri yang terdapat tak jauh dari tugu square

Anjuran & Panduan

Cuaca di Bengkulu, termasuk panas, jadi untuk kenyamanan anda, terlebih waktu ada diatas benteng, bawalah sun block, atau pakai baju yang tutup supaya kulit anda tidak terbakar matahari. Janganlah lupa untuk membaca serta lihat sebagian peninggalan-peninggalan yang ada di Benteng untuk memberi pengetahuan anda.lain :

Wisata tempat lain : 

Wisata Sejarah Benteng Marlborough Bengkulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *