Wisata Sejarah di Museum Negeri Propinsi Bengkulu

Posted on
Wisata Sejarah di Museum Negeri Propinsi Bengkulu

Museum Negeri Propinsi Bengkulu Museum Negeri Propinsi Bengkulu-Bengkulu, satu diantara Propinsi di Sisi Barat Negara Republik Indonesia. Nyatanya propinsi ini menaruh demikian banyak tempat wisata baik wisata alam, budaya ataupun historis. Satu diantaranya satu museum negeri yang menaruh sebagian koleksi mengenai Propinsi Bengkulu. Tempat serta Akomodasi Museum negeri Bengkulu ini terdapat di jalan pembangunan nomer 8, Padang Harapan, Kota Bengkulu.

Buat anda yang datang dari luar kota, anda dapat dengan gampang untuk temukan tempat dari Museum Negeri di Kota Bengkulu ini. Lantaran, letak nya kurang lebih cuma sekitaran 19 kilo mtr. dari pelabuhan, 9 km. dari Bandar hawa (bandara) serta 3 km. dari terminal bus. Anda juga dapat pilih menginginkan memakai alat transportasi apa yang bakal anda pakai.Anda dapat memakai kendaraan pribadi, maupun memakai kendaraan umum seperti, angkot, taksi, maupun menyewa kendaraan yang ada di kota Bengkulu. Bila anda memakai kendaraan sendiri, anda dapat mengawali perjalanan anda menuju ke tempat museum negeri Bengkulu ini dari jalan kapten pierre tendean atau jalan mayor jenderal sutoyo.

Wisata Sejarah di Museum Negeri Propinsi Bengkulu

Anda tinggal lurus saja ikuti jalan sampai anda menjumpai simpang empat pada jalan pembangunan, jalan mayor jendral sutoyo, serta jalan kapten pierre tendean, lantas anda masuk ke jalan pembangunan, serta tak jauh dari simpang empat tadi anda bakal temukan tempat dari museum ini. Lantaran letaknya yang ada di tepi jalan serta bakal begitu gampang diketemukan.
Anda dapat juga memakai kendaraan umum seprti angkutan kota (angkot), untuk angkot, anda dapat memakai angkot berwarna putih bila dari bandara, lalu menuju terminal pemandangan untuk meneruskan angkot lain yang berwarna hijau. Berhenti di Jalan Suprapto serta disambung angkot berwarna kuning, anda dapat berhenti di daerah padang harapan.Lantaran tempat dari museum negeri Bengkulu ini ada di daerah padang harapan itu. Cost yang perlu anda mengeluarkan untuk membayar angkutan kota (angkot) ini sebesar Rp 2. 000*) saja. Untuk akomodasi lain menuju ke tempat museum negeri Bengkulu ini anda dapat memakai layanan taksi. Di kota Bengkulu ini ada banyak jenis taksi.

Wisata Sejarah di Museum Negeri Propinsi Bengkulu

Cost yang perlu anda mengeluarkan untuk membayar biaya taksi itu bergantung perjanjian anda dengan si sopir. Atau ada pula taksi yang memakai argometer untuk memastikan tarif perjalanan anda. Histori Singkat Dahulu, awalannya Gedung yang di pakai sebagai Museum Negeri Propinsi Bengkulu ada didalam lokasi Benteng Marlborough, walau demikian menurut penilaian dari pemerintah daerah hal semacam ini tampak kurang efektif serta kurang untungkan.
Oleh karena itu pada th. 1978 sudah di setujui bila bakal di bangun satu gedung baru di sekitaran Jalan Pembangunan yang nanti bakal di pakai sebagai tempat dari Museum Negeri Propinsi Bengkulu yang baru. Bangunan yang terdapat di Jalan Pembangunan No 8, Padang Harapan, Kota Bengkulu ini sudah dirampungkan pas pada tanggal 3 Mei 1980 silam.
Walau demikian, Museum Negeri Propinsi Bengkulu mulai beroperasi di gedung yang baru satu tahun lebih lalu dari sesudah pembangunannya usai, peresmian gedung inipun dikerjakan dengan cara segera oleh Ayah Drs. GBPH Poeger, yang mana beliau adalah Direktor Jenderal Kebudayaan pada saat itu.

Wisata Sejarah di Museum Negeri Propinsi Bengkulu

Wisata Museum Negeri Propinsi Bengkulu ini mempunyai tempat tanah seluas lebih kurang 9. 974 mtr. persegi, didalam Gedung Museum Negeri Propinsi Bengkulu ini ada dua ruang besar yang disebut ruangan pameran tetaplah serta ruangan pameran temporer, lantas ada pula sebagian sarana lagi ruangan perpustakaan, ruangan area untuk menyimpan semuanya koleksi bersejarah, ruangan petugas administrasi, Ruangan auditorium, ruangan audio visual serta beberapa toilet.
Museum ini bisa dikunjungi pada hari selasa hingga hari minggu pada pukul 08 : 00-13 : 00 WIB, sedang pada hari senin serta hari libur nasional yang lain, museum ini tak di buka. Untuk ticket masuk museum dipakai Rp 2. 000*) untuk dewasa serta Rp 1. 000*) untuk anak-anak. Sedang untuk anda yang datang berombongan dengan minimum 25 orang, bakal memperoleh potongan harga sebesar 50% per orangnya.

Wisata Sejarah di Museum Negeri Propinsi Bengkulu

Di sini, anda semuanya dapat bebrapa lihat koleksi yang ada dengan jumlah keseluruhan lebih kurang 6. 220 jenis koleksi. Semasing koleksi itu dibagi jadi 10 jenis kelompok, yaitu bertopik geologika, biologika, etnografika, arkeologika, historika, numismatika, filologika, keramologika, seni rupa, sampai teknologika.Di Museum Negeri Propinsi Bengkulu ini, anda dapat juga lihat sebagian contoh koleksi naskah kuno yang sampai saat ini tak ada yang tahu mengenai jati diri sang penulis. Jumlah semuanya yaitu sekitaran 126 naskah sebagai koleksi, walau demikian sekarang ini baru sepuluh naskah yang sukses di translate dalam bhs indonesia.

Lumrah saja bila agak sulit lantaran naskah kuno yang diisi histori, yang ada di patung-patung, sampai di saran semua sudah berusia beberapa puluh sampai beberapa ratus th. lamanya. Koleksi yang lain yaitu berbentuk kain Traditional khas orang-orang Propinsi Bengkulu, misalnya yaitu Kain Besurek, Kain Besurek adalah semacam kain yang terbuat berbahan katun.
Tehnik membuatnya tak jauh tidak sama seperti pembuatan kain batik, cuma motifnya saja yang tidak sama, Kain Besurek ini mempunyai motif yang berupa huruf kaligrafi, tetapi cuma berbentuk potongan-potongan hurufnya saja, motif itu tak bikin rangkaian kata apa pun. Serta tuturnya, Kain Besurek ini, melambangkan perubahan dari simbol Surya Majapahit ketika mengembangnya saat Hindu – Buddha di Negara Republik Indonesia ini.

Wisata Sejarah di Museum Negeri Propinsi Bengkulu

Panduan
1. Untuk beberapa pelajar serta mahasiswa, baiknya datang berombongan, lantaran lebih seru dapat bersenang-senang sembari belajar berbarengan, anda dapat juga memperoleh potongan potongan harga harga ticket masuk sebesar 50%, lumayan kan.
2. Anda dapat juga membawa bekal sendiri dari luar, jadi bila anda lapar serta capek tak mesti beli makanan disana, di beberapa tempat seperti itu tentu ada cafeteria kecilnya, namun anda tau sendiri harga nya tambah lebih mahal dari umumnya, jadi anda dapat lebih berhemat kan?
3. Janganlah datang waktu saat liburan maupun berbarengan dengan jadwal kunjungan sekolah-sekolah, lantaran pastinya akan demikian ramai serta teramat bising hingga anda tak dapat nikmati dengan cermat koleksi-koleksi di sana. Menginginkan coba bertandang ke kota Bengkulu? Janganlah terlewat tempat yang satu ini ya, di sini anda dapat temukan sebagian koleksi kuno yang cukup komplit, jadi anda dapat memberi wawasan mengenai budaya di Indonesia terkasih ini, Hingga Jumpa di kota Bengkulu.

*) Harga bisa beralih setiap saat


Wisata tempat lain :

Wisata Sejarah di Museum Negeri Propinsi Bengkulu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *