Wisata Sejarah Megahnya Candi Muaro Jambi

Posted on
Wisata Sejarah Megahnya Candi Muaro Jambi

Kompleks percandian apakah yang terluas se asia tenggara? bila jawabannya Borobudur di Jawa Tengah atau Angkor Wat di Kamboja, jadi jawaban anda salah besar. Nyatanya kompleks percandian terluas se Asia Tenggara ada di propinsi Jambi. Lokasi percandian itu bernama Kompleks Percandian Muaro Jambi yang ada di Kabupaten Muaro Jambi, tepatnya di kecamatan Muaro Sebo.

Kompleks candi ini yaitu satu diantara wisata andalan Provinsi Jambi yang mulai di kenal didalam ataupun di luar negeri lantaran nilai sejarahnya yang masihlah penuh misteri. Bahkan juga, kompleks ini telah masuk dalam daftar tentatif World Heritage lohh….

Wisata Sejarah Megahnya Candi Muaro Jambi

Penasaran menginginkan ke sana?? Tempatnya ada di samping Timur Laut Kota Jambi, begitu dekat serta dapat ditempuh dengan kendaraan darat sepanjang lebih kurang 45 menit saja. Bila dari Kota Jambi, cukup jalan ke arah timur, lalu ke utara melalui jembatan Batang Hari II. Teruslah ke utara, anda bakal menjumpai sebagian persimpangan teruslah berbelok kekanan. Sesudah melalui 2 buah jembatan kecil, cermati perhatikan rambu penunjuk jalan lantaran disitu bakal ada penunjuk jalan menuju candi. Ticket masuk kedalam kompleks 8ribu rupiah/motor, telah termasuk juga cost parkir.

Demikian masuk dalam kompleks, bakal tampak sebagian candi, bangunan gedung yang berperan sebagai wisma serta museum yang di pakai untuk menaruh arca arca serta benda peninggalan yang lain yang datang dari kompleks candi Muaro jambi. Namun sayangnya area untuk menyimpan benda bersejarah ini terkadang buka terkadang tutup. Memanglah kesan pertama lihat kompleks candi Muaro Jambi yaitu berantakan serta kurang tertangani. Mungkin saja bila dibanding dengan kompleks candi lain di Pulau Jawa, memanglah kompleks candi Muaro Jambi masihlah belum di kelola dengan baik.

Wisata Sejarah Megahnya Candi Muaro Jambi

Di sini orang-orang setempat menyewakan sepeda dengan tarif 10 ribu hingga 20 ribu perjam. Mengapa mesti sewa sepeda? lantaran kompleks candi ini begitu luas hingga akan tidak dapat di eksplor dengan jalan kaki. Ditambah lagi ada banyak jalan jalan kecil serta tak beraspal hingga mobil ataupun motor bakal susah melalui.

Kompleks website ini memiliki luas 12 Km. persegi, panjang kian lebih 7 Km. dan luas sebesar 260 hektar yang membentang searah dengan jalur sungai. Itu berarti luasnya 12 kali luas kompleks candi borobudur serta 2 kali luas kompleks angkor wat.

Wisata Sejarah Megahnya Candi Muaro Jambi

Kompleks ini terbagi dalam 82 candi yang beberapa besar belum di identifikasi, jadi masihlah berbentuk gundukan tanah/batu bata. Tumpukan atau reruntuhan bangunan kuno itu dimaksud Menapo oleh warga sekitaran candi. Dari demikian banyak candi, ada 12 candi yang telah diberi nama, salah satunya Candi Kotomahligai, Candi Kedaton, candi Gedong satu serta Gedong dua, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Kembar Batu serta Candi Astano, Candi Teluk 1 serta 2, Candi Sialang dan lain-lain.

Sama dengan candi lain di Sumatra, candi yang ada di Muaro Jambi tersusun dari Batu Bata, Candi yang pertama yang didapati yaitu candi Gumpung, candi ini kelihatannya relatif utuh, ada di permadani rumput yang hijau, dikelilingi tembok bata serta parit kecil. Didepan candi gumpung ada Makara dengan bentuk yang begitu unik.

Wisata Sejarah Megahnya Candi Muaro Jambi

Terkecuali candi Gumpung, ada candi tinggi, yang relatif masihlah utuh dengan batu bata yang tersusun rapi. Kita dapat naik ke atas candi tinggi ini, seandainya tak mengakibatkan kerusakan, mencoret ataupun mengotori candi. Dari terlalu jauh terlihat ada banyak tumpukan batu bata yang telah hancur di sekitar candi Tinggi serta Gumpung. Lantas ada Candi Kembar Batu yang terdapat lebih kurang 250 mtr. dari Candi Tinggi. Ohya, tak jauh dari pintu masuk tadi, ada kolam kuno yang bernama Telago Rajo.

Eits.. itu belum semuanya, lantaran yang baru diliat barulah “permulaan” dari kompleks candi Muaro Jambi yang sebenarnya. Berikut waktunya bersepeda lantaran ada banyak candi lain yang masihlah tersembunyi. Salah satunya yaitu Candi Astano yang mempunyai 12 segi, candi ini terlihat dengan cara terang dikelilingi parit serta kanal. Didepannya ada kanal temporer yang hilang muncul sesuai sama gunakan surut. Diluar itu masihlah ada candi gedong I serta II.

Wisata Sejarah Megahnya Candi Muaro Jambi

Dari candi kedaton II jalanan telah tak bagus lagi, beberapa besar jalanan tanah yang berlubang serta becek waktu hujan. Selain kiri kanan jalan bakal terlihat Menapo Menapo (reruntuhan kuno) yang belum di identifikasi. Ada lagi 1 candi besar yang didapati yang letaknya cukup jauh yakni Candi Kedaton. Tetapi sayang candi ini kelihatannya masihlah butuh dipugar.

Candi yang paling jauh yaitu candi Koto Mahligai, letaknya cukup jauh dari Pintu masuk candi muaro jambi, tetapi dekat apabila datang dari jalan jambi – muara sabak. Situasi candi di Koto Mahligai merasa begitu mencekam lantaran di sini sangat banyak Menapo serta reruntuhan kuno yang di kelilingi serta di tumbuhi oleh pohon pohon memiliki ukuran raksasa.

Wisata Sejarah Megahnya Candi Muaro Jambi

Terkecuali Candi, kita dapat juga nikmati wisata kanal kuno di kompleks candi muaro jambi. Kanal kanal serta parit kuno yang dulunya dipakai oleh orang-orang setempat sebagai fasilitas transportasi (seperti di Venice) dari serta ke candi satu ke candi yang lain. kanal kanal itu tersambung dengan danau Kalari serta sungai Batang hari

Candi, kanal, serta parit ini membuat arsitektur kota kuno muaro jambi yang mengagumkan. Diliat dari kompleksitas arsitekturnya, Kompleks candi muaro jambi memanglah benar benar satu ” lost kingdom” di sumatra. Ada yang menyampaikan kalau dulunya kompleks candi Muaro Jambi yaitu tempat belajar agama budha yang cukup populer di asia. Bahkan juga ada asumsi kalau kompleks candi Muaro Jambi yaitu kampus tertua di Nusantara.

Wisata Sejarah Megahnya Candi Muaro Jambi

Memanglah kompleks candi Muaro Jambi masihlah “tertidur” serta butuh dibangunkan kembali. Tersebut mungkin saja pekerjaan beberapa arkeolog muda serta pemerhati untuk merangkai puzzle puzzle dari beberapa puluh menapo yang masihlah berbentuk robohan misteri.

Lepas dari itu, apabila anda bertandang ke Jambi, janganlah lupa untuk datang serta melihat sendiri Kompleks candi Muaro Jambi. Sebatas anjuran, upayakan datang ketika Musim buah Duku atau Duren, lantaran di sekitaran Kompleks sangat banyak Pohon duku serta Duren. Lumayan dapat bisa duku serta duren gratis. Hehehe

Wiata tempat lain :

Wisata Sejarah Megahnya Candi Muaro Jambi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *