Wisata Teluk Kilauan di Lampung Bertemu Lumba-Lumba

Posted on
Wisata Teluk Kilauan di Lampung Bertemu Lumba-Lumba

Propinsi lampung mulai banyak dilirik oleh warga DKI Jakarta serta sekitarnya untuk liburan di akhir minggu maupun hari libur panjang yang lain lantaran lampung tawarkan banyak tempat keindahan alam, terutama pantai yang memukau. Terkecuali pahawang yang mulai populer di lampung, ada juga satu teluk yang populer lantaran penampakan lumba-lumbanya hingga telah banyak beragam acara tv yang meliput tempat ini. Mungkin saja anda telah mulai tidak asing lagi mendengar nama tempat ini, yakni Teluk Kiluan.

Teluk Kiluan terdapat di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus Propinsi Lampung. Untuk meraih Kiluan dari Jakarta serta sekitarnya yaitu anda mesti menyebrangi Selat Sunda dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakaheuni di Lampung. Anda dapat memakai kendaraan pribadi maupun angkutan umum (bis arimbi, primajasa, atau yang lain jurusan jakarta/bekasi/bogor) menuju Pelabuhan Merak. Untuk menyeberang dari pelabuhan merak ke bakauheni, anda bakal dipakai cost sekitaran Rp 15. 000/orang atau apabila memakai mobil mini bus seperti Avanza, Xenia, dan sebagainya cost penyebrangan satu mobil sekitaran Rp 235. 000. Saat yang diperlukan untuk menyebrang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni yaitu sepanjang 2 hinga 4 jam bergantung pada cuaca serta kapal yang anda naiki.

Wisata Teluk Kilauan di Lampung Bertemu Lumba-Lumba

Setelah tiba di Pelabuhan Bakaheuni, anda dapat menuju Bandar Lampung serta ke Desa Kiluan ini. Perjalanan dari Bandar Lampung menuju Kiluan yaitu sekitaran 6 jam memakai kendaraan pribadi. Rute menuju Teluk Kiluan yaitu start dari Bandar Lampung jalan ke arah Padang cermin sampai menjumpai persimpangan masuk pangkalan TNI AL. Di persimpangan itu ambillah jalur ke kiri menuju pangkalan AL/Bumi Marinir/Punduhpidada (bila ke kanan bakal ke arah Kedondong). Jalan selalu sampai Pasar Bawang, di persimpangan pasar itu ambillah jalur ke kanan sampai menjumpai persimpangan paling akhir. Pada persimpangan paling akhir ini ambillah arah kiri, dimana ada gapura menuju Teluk Kiluan.

Jangan sampai anda tertipu dengan rambu-rambu penunjuk jarak menuju kiluan. Pertama, anda bakal lihat rambu penunjuk jarak Teluk Kiluan 20KM. Kemudian melalui 20KM, bakal ada rambu penunjuk arah Teluk Kiluan 7KM, serta paling akhir bakal ada penunjuk jarak menuju Teluk Kiluan 13KM. Tak tahu apa arti dari penunjuk arah serta jarak kiluan ini.

Wisata Teluk Kilauan di Lampung Bertemu Lumba-Lumba

Anda mesti waspada dalam berkendara lantaran jalan akses menuju desa kiluan banyak berlubang, terjal, serta anda mesti melalui sungai kecil lantaran ada jembatan yang tengah diperbaiki di desa kiluan. Jadi anda dianjurkan untuk janganlah pergi atau pulang malam dari serta menuju kiluan lantaran tak ada penerangan disepanjang jalan dan tikungan serta turunan tajam dengan keadaan tubuh jalan yang berlubang lantaran bakal begitu membahayakan perjalanan anda.

Tetapi, walau bagaimanapun, di beberapa spot perjalanan, anda bakal disajikan beragam panorama yang menyejukan mata seperti jalan di antara sawah, melalui kolam-kolam pembuatan garam dengan adanya banyak kincir airnya. Bukit-bukit yang hijau terbentang. Di selama jalan banyak juga biji-biji cengkeh yang dijemur. Sapi-sapi serta kambing-kambing banyak juga kita jumpai di selama jalan.

Wisata Teluk Kilauan di Lampung Bertemu Lumba-Lumba

Waktu anda masuk pintu gerbang diteluk kiluan, anda dihadapi kembali dengan jalan terjal serta ada jembatan yang tengah diperbaiki hingga anda diwajibkan melalui anak sungai waktu berkendara. Tetapi situasi di desa kiluan sangat kental dengan agama hindu (terasa seperti di Bali) karenanya ada pura serta beberapa tempat tinggal di sekitar yang berornamen hindu. Situasi di desa kiluan sendiri sangat asri serta nyaman. Untuk menyeberang ke pulau kiluan, anda bisa memakai perahu/jukung dengan cost sekitaran Rp30. 000 untuk pulang-pergi dari serta menuju pulau kiluan (ditinggal oleh operator jukung, anda cuma butuh janjian jam berapakah dijemput oleh operator jukung).

Saat yang diperlukan untuk menyeberang ke pulau kiluan tidaklah lama, kurang-lebih cuma mengonsumsi saat 10-15 menit dari pelabuhan penyebrangan di teluk kiluan. Pada saat saya ke kiluan, keadaan cuaca tengah tak mensupport, setelah hujan serta awan gelap menyelimuti langit. Walau bagaimanapun, panorama menuju kiluan tak bisa ditinggalkan demikian saja tanpa ada mengambil sebagian bidikan kamera yang dibawa.

PULAU KILAUAN : EKSOTISNYA TELUK LAMPUNG

Setibanya anda hingga di pulau kiluan, anda bakal dihadapi dengan panorama hamparan pantai yg tidak demikian lebar tetapi menakjubkan. Pulau kiluan tidaklah luas tetapi mempunyai panorama biorama sekitaran yang eksotis. Jernihnya air laut yang hijau kebiruan sangat indah. Untuk nikmati pulau kiluan, anda dipakai cost sekitaran Rp 5. 000/orang yang dibayarkan ke pengelola. Terdapat banyak sarana yang di tawarkan oleh pengelola pulau kiluan, yakni penginapan apabila anda menginginkan bermalam dengan cost sekitaran Rp 350. 000 per malam tidak ada batasan jumlah orang bermalam. Pihak pengelola juga tawarkan layanan penyewaan alat snorkling dengan cost sekitaran Rp 25. 000 serta jaket pelampung dengan cost Rp 10. 000. Di teluk kiluan, ada kamar mandi luar dengan ala kandungannya apabila anda menginginkan mencuci tubuh anda setelah berenang/snorkling tanpa ada dipakai cost. Apabila anda menginginkan bermalam di homestay, anda dapat merogoh kocek yang tidaklah terlalu dalam, cuma sekitaran Rp100. 00 – Rp 200. 000 dengan cost makan per jumlah di sekitaran kiluan rata-rata sekitaran Rp 15. 000/jumlah. Di teluk kiluan tak ada jaringan listrik sekarang ini. Listrik yang ada datang dari genset yang dihidupkan dari jam 18. 00-06. 00. Tetapi, dari informasi yang saya dengar, ada gagasan bakal di bangun jaringan listrik ke ruang

Wisata Teluk Kilauan di Lampung Bertemu Lumba-Lumba

TELUK KILUAN : PENGALAMAN BERTEMU DENGAN LUMBA-LUMBA DI ALAM BEBAS

Apabila anda menginginkan lihat lumba-lumba di alam bebas, anda tak perlu jauh-jauh pergi ke pantai Lovina, Bali. Anda cukup datang ke teluk kiluan. Untuk lihat atraksi lumba-lumba di Teluk Kiluan Lampung cuma dapat pada pagi hari dari jam 06. 00 – 10. 00. Anda dapat menyewa jukung dengan harga sewa rata2 Rp. 250. 000/3 orang. Dengan jukung, anda bisa pergi ke tengah laut dengan estimasi saat yang diperlukan sekitaran 25 menit dari bibir pantai kiluan. Sekurang-kurangnya ada dua type Lumba-Lumba di perairan sekitaran teluk kiluan, spesies pertama yaitu Lumba-Lumba Hidung Botol (Tursiops Truncatus) dengan tubuh yang semakin besar serta pemalu. Spesies yang ke-2 yaitu Lumba-Lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil serta suka melompat.

Wisata tempat lain : 

Wisata Teluk Kilauan di Lampung Bertemu Lumba-Lumba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *