10 Tempat Wisata Menarik di Jakarta Pusat

Posted on

Jakarta Pusat yaitu pusat perekonomian, politik, serta macet di Jakarta, banyak pula pusat perbelanjaan berbentuk mall, tetapi bukanlah bermakna tak ada obyek wisata di Jakarta Pusat terkecuali mall. Berwisata di Jakarta Pusat tak mesti senantiasa ke mall tetapi dapat pula ke beberapa tempat menarik yang lain. Tersebut disini 10 obyek wisata di Jakarta Pusat terkecuali mall :

1. Monumen Nasional (Monas) 

Monumen Nasional (Monas)

Monumen Nasional atau Monas yaitu ikon dari kota Jakarta yang ramai dikunjungi wisatawan. Monas yaitu satu tugu dengan tinggi 132 mtr. dengan satu lidah api yang di buat dengan emas di ujung atasnya. Berlokasi di Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, banyak kegiatan yang bisa anda kerjakan ditempat ini, salah satunya nikmati panorama dari puncak monas, berkunjung ke museum yang diisi diorama, lihat relief histori Indonesia, mendengar rekaman proklamasi, sampai berpiknik serta bersepeda. Monas juga kerap sekali dipakai sebagai tempat acara besar, seperti pesta th. baru, dan sebagainya.

2. Gereja Katedral 

Gereja Katedral

Gereja Katedral yang beralamat di Jalan Katedral no 7B, Jakarta Pusat ini populer lantaran desainnya yang bergaya eropa pada saat lantas. Terkecuali terbuka untuk umatnya, Gereja Katedral juga terbuka untuk siapapun yang menginginkan berkunjung ke. Banyak wisatawan, serta rombongan anak sekolah yang datang bertandang ke gereja yang mempunyai situasi tenang serta damai ini. Gereja Katedral begitu tertangani dengan baik, membuatnya jadi satu diantara obyek wisata di Jakarta Pusat dengan bangunan yang paling indah. Diluar itu, Gereja Katedral juga mempunyai museum dengan nama Museum Katedral. Museum ini pernah dinobatkan sebagai museum paling baik di Jakarta dengan kelompok cagar budaya.

3. Pasar Baru 

Pasar Baru

Pasar Baru yaitu satu lokasi perdagangan yang berdiri mulai sejak th. 1820. Terkecuali sebagai pusat berbelanja paling tua di Jakarta, Pasar Baru telah jadi obyek wisata di Jakarta Pusat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik yang dari Indonesia ataupun yang dari luar negeri. Wisatawan-wisatawan ini datang ke Pasar Baru dengan maksud wisata berbelanja. Beberapa toko di Pasar Baru mempunyai bentuk seperti bangunan di Eropa serta China. Beberapa toko ini jual beragam barang, dari mulai baju, sepatu, peralatan berolahraga, kain, kacamata, arloji, batik, perlengkapan salon, sampai makanan serta layanan penjahitan. Beberapa barang disini bisa dibeli dengan harga terjangkau serta sangat banyak pilihannya.

4. Museum Nasional (Museum Gajah) 

Museum Nasional (Museum Gajah)

Museum Nasional, atau popular dengan sebutan Museum Gajah yaitu satu museum yang terdapat di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Ciri khas dari museum ini yaitu ada satu patung gajah yang terbuat dari perunggu, pemberian dari Raja Thailand serta diletakkan di depan pintu museum. Museum Gajah yaitu obyek wisata di Jakarta Pusat yang terkecuali rekreatif, juga mendidik serta kultural. Koleksi yang dipunyai museum ini berbentuk peninggalan histori seperti prasasti, keramik, beberapa barang perunggu, tekstil, patung, alat musik tradisional, perhiasan kuno, wayang kulit, tengkorak manusia purba, dan sebagainya dengan keseluruhan koleksi kian lebih 140, 000 barang.

5. Masjid Istiqlal 

Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal yang berlokasi di Jakarta Pusat yaitu tempat beribadah umat Islam yang juga berperan sebagai obyek wisata religi yang mempunyai daya tarik sendiri untuk wisatawan luar negeri yang beragama Islam. Masjid Istiqlal yaitu masjid paling besar di Asia Tenggara dengan kemampuan sekitaran 200, 000 orang, menara setinggi 90 mtr., serta diameter kubah selebar 45 mtr.. Banyak wisatawan asing yang sukai datang ke Masjid Istiqlal dengan maksud pelajari Islam. Sehari-hari besar Islam, Masjid Istiqlal senantiasa padat oleh umat, bahkan juga Presiden Indonesia juga senantiasa turut aktivitas keagamaan disini.

6. Museum Sumpah Pemuda 

Museum Sumpah Pemuda

Museum Sumpah Pemuda yang ada di Jalan Kramat Raya No. 106 yaitu museum yang mempunyai koleksi benda serta photo yang terkait erat dengan satu diantara momen histori yang paling utama, yakni Sumpah Pemuda th. 1928. Keseluruhan jumlah koleksi barang bersejarah yang dipunyai Museum Sumpah Pemuda yaitu nyaris 3, 000 barang, hingga museum ini begitu pas untuk wisata histori.

7. Taman Ismail Marzuki 

Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki yaitu wadah seni serta budaya di Jakarta. Berlokasi di Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, Taman Ismail Marzuki mempunyai balai pameran, gedung arsip, galeri, bioskop, serta 6 teater moderen. Diluar itu, ditempat ini dapat ada Planetarium yang disebut obyek wisata pendidikan benda-benda langit, serta Institut Kesenian Jakarta yang disebut sekolah seni. Taman Ismail Marzuki dengan cara teratur mengadakan beragam jenis acara pentas seni, salah satunya yaitu pertunjukan wayang, puisi, drama, tari, musik, lukisan, serta film.


8. Tugu Proklamasi 

Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi yaitu obyek wisata histori yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kerap dikatakan sebagai tugu petir, tempat ini yaitu lambang peringatan proklamasi kemerdekaan kita. Tugu proklamasi berdiri di Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, serta adalah tempat dibacakannya naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Sekarang ini, tempat ini kerap dipakai untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, serta kerap jadi tempat berkumpulnya beberapa demonstran yang menginginkan memberi pendapat.


9. Museum Taman Prasasti 

Museum Taman Prasasti

Terdapat di Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Tanah Abang No. 1, Museum Taman Prasasti yaitu satu peninggalan Belanda yang dulunya adalah satu kuburan. Umur makam yang begitu tua bikin tempat ini berkesan angker serta menakutkan, tetapi sangat banyak orang yang sukai berfoto-foto disini lantaran situasi itu. Koleksi yang dipunyai museum dengan luas kian lebih 1 hektar ini yaitu berbentuk prasasti, nisan, kereta jenazah, serta miniatur makam. Benda-benda disini bukanlah sembarang peninggalan kuno, tetapi juga adalah karya seni dari saat lampau.

10. Pecenongan 

 Pecenongan

Mulai sejak beberapa puluh th. lantas, Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat, telah jadi pusat wisata kuliner malam. Yang dapat didapati di Jalan Pecenongan yaitu jejeran tenda di segi kiri serta kanan jalan yang jual beragam type masakan, dari mulai nasi goreng, hidangan laut, babi, sayuran, es campur, bubur ayam, sampai martabak manis. Lokasi wisata kuliner ini mulai hidup saat matahari mulai terbenam, sekitaran jam 6 sore sampai jam 2 malam. 3 hidangan yang paling popular di lokasi ini yaitu hidangan laut, babi, serta martabak. Konon tuturnya Jalan Pecenongan yaitu semula menjamurnya warung tenda ditempat lain. Pecenongan yaitu obyek wisata di Jakarta Pusat yang paling saya gemari lantaran makanannya enak serta beberapa pilihan.

Wisata tempat lain :

10 Tempat Wisata Menarik di Jakarta Pusat

One thought on “10 Tempat Wisata Menarik di Jakarta Pusat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.