13 Tempat Wisata Terbaik di Karawang yang Harus Dikunjungi

Posted on

Karawang yaitu satu diantara kabupaten yang terdapat di Jawa Barat serta di kenal dengan sebutan kota padi atau saat ini kerap dimaksud kota pangkal perjuangan. Ya, terkecuali populer dengan julukan kota padi atau kota pangkal perjuangan, Karawang mempunyai bermacam obyek wisata yang menarik mencakup dari wisata alam, wisata budaya, wisata histori, wisata religi serta yang lain.

Memanglah, tempat wisata di kota ini masihlah belum sepopuler kota lain di Jawa Barat, namun tempat wisatanya tidak kalah indah dengan daerah lain. Bila Anda datang dari kota Jakarta, kota Karawang dapat ditempuh dengan jarak sekitaran 1, 5 jam lewat jalan tol Jakarta-Cikampek. Nah, apa sajakah obyek wisata di Karawang yang menarik untuk dikunjungi. Tersebut penjelasannya.
Tempat Wisata di Karawang


1. Curug Cigentis Karawang

Curug Cigentis Karawang

Curug Cigentis adalah obyek wisata unggulan di Kabupaten Karawang. Tempat Curug ini ada dibawah kaki Gunung Sanggabuana. Waktu perjalanan menuju Curug ini, Anda bakal disajikan panorama alam yang indah serta asri. Walau jalan menuju Curug ini cuma bisa ditempuh dengan jalan kaki saja yaitu sejauh 2 km dari tempat parkir kendaraan, namun rasa capek sepanjang perjalanan bakal dibayar lunas saat Anda tiba di Curug Cigentis ini. Curug Cigentis terdapat di Desa Mekarbuana, Kec. Tegalwaru berjarak sekitaran 44 km dari pusat kota Karawang.


2. Curug Cipanundaan Karawang

Curug Cipanundaan Karawang

Curug Cipanundaan juga ada di kaki Gunung Sanggabuana dengan tiga buah curug sebagai satu dalam satu ruang. Keadaan curug ini masihlah termasuk alami serta diatas Curug ini masihlah ada dua curug lagi yakni Curug Cikarapyak serta Curug Cikoleangkak. Akses menuju ke dua curug ini cukup berat serta memerlukan stamina yang sempurna lantaran memanglah tempatnya cukup jauh dengan jalan setapak melalui sungai berbatu, tebing yang naik turun, menerabas semak serta rimba belukar.

Curug Cipanundaan berlokasi di Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Karawang berjarak sekitaran 42 km. dari pusat kota Karawang.


3. Curug Cikarapyak Karawang

Curug Cikarapyak Karawang

Curug Cikarapyak ada di atas Curug Cipanundaan. Anda bakal disajikan panorama alami sepanjang perjalanan ke Curug Cikarapyak. Tempat Curug ini berlokasi di Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru.

4. Curug Cikoleangkak Karawang

Curug Cikoleangkak Karawang

Curug ini yaitu air terjun paling akhir yang ada di kaki Gunung Sanggabuana yaitu di atas Curug Cikarapyak serta Curug Cipanundaan. Untuk dapat meraih air terjun ini dibutuhkan stamina yang sempurna serta keberanian untuk menjelajahi rimba rimba yang belum banyak tersentuh oleh manusia. Curug Cikoleangkak berlokasi di Desa Kutamaneuh, Kec. Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

5. Bendungan Walahar Karawang

Bendungan Walahar Karawang

Bendung yang di bangun th. 1925 ini ada di Kecamatan Klari, Kab. Karawang. Bangunan unik diatas Kali Citarum ini adalah peninggalan jaman Belanda yang mengairi 87. 396 hektar sawah di lokasi Karawang. Dahulun Bendungan Walahar ini bernama Parisdo.

Pada saat hari libur banyak yang bertandang ke danau untuk memancing atau sebatas meyegarkan fikiran dengan nikmati deburan air yang terjun dari dam. Diluar itu, bendung Walahar juga ditunjang sederetan tempat tinggal makan khas Walahar yang menghidangkan makanan pepes ayam serta pepes ikan jambal.

6. Danau Cipule Karawang

Danau Cipule Karawang

Danau Cipule dapat jadi pilihan obyek wisata keluarga favorite Anda saat bertandang ke Karawang. Danau seluas 90 hektar ini tawarkan situasi asri yang pas untuk melepas kepenatan. Danau ini dapat dimaksud dengan nama Situ Cipule lantaran ditengahnya ada pulau kecil bernama Pulau Cinta.

Danau Cipule berlokasi di Desa Walahar, Kec. Ciampel, Kabupaten Karawang yang berjarak sekitaran 20 km dari pusat Kota Karawang tak jauh dari Bendungan Walahar. Jalan menuju Danau ini juga cukup gampang.

7. Danau Kalimati karawang

Danau Kalimati karawang

Danau ini diberi nama Kalimati lantaran dulu adalah sisi dari aliran sungai Citarum yang berkelok-kelok lantas beralih jadi lurus hingga sisa aliran sungai itu terbendung. Di lokasi Danau Kalimati, Anda bakal menjumpai banyak warung makan simpel dengan beragam menu, dari makanan sate maranggi sampai bakso. Danau Kalimati berlokasi di desa Walahar, kecamatan Klari, kabupaten Karawang, jaraknya sekitaran 11 km dari pusat kota Karawang


8. Curug Bandung Karawang

Curug Bandung mempunyai 7 air terjun dalam satu aliran sungai yakni dari mulai Curug Peuteuy, Curug Picung serta yang terbesar yaitu Curug Bandung. Perjalanan menuju Curug ini termasuk cukuplah berat lantaran mesti jalan kaki sejauh 3 km. Curug Bandung berlokasi di Desa Mekarbuana Kec. Tegalwaru sekitaran 42 km dari kota Karawang.

9. Pantai Tanjung Pakis 

Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis yang ada di ujung Utara Karawang ini mempunyai pantai pasir putih dengan ombak yang tenang. Hal semacam ini lantaran Pantai Tanjung Pakis terdapat di teluk semenanjung pada Kabupaten Bekasi serta Kabupaten Karawang. Di lokasi pantai ini ada penginapan dengan fasilitasnya. Ada juga warung makan tradisional yang umumnya tawarkan menu ikan bakar. Pantai Tanjung Pakis berlokasi di Kecamatan Pakisjaya sekitaran 70 km dari pusat kota Karawang.

10. Pantai Samudera Baru 

Pantai Samudera Baru adalah obyek wisata pantai andalan Karawang sesudah pantai Tanjung Pakis. Pantai berpasir putih serta ombak tenang ini sediakan sarana penunjang wisata. Pantai ini memiliki panorama alam yang eksotis. Di lokasi pantai ini dapat ada warung-warung makan yang jual hidangan laut. Waktu libur lebaran, pantai Samudera Baru banyak dikunjungi wisatawan.


11. Pantai Tanjung Baru 

Pantai Tanjung Baru

Pantai ini nyaris sama jauh dengan pantai yang lain di Karawang. Pantai Tanjung Baru ada di teluk semenanjung pada Kabupaten Subang serta Kabupaten Karawang. Di ruang pantai ini dapat ada warung-warung makan. Anda dapat juga menyewa perahu untuk nikmati indahnya pantai Tanjung Baru. Bila Anda menginginkan datang ke pantai ini dapat menuju ke Kecamatan Cilamaya berjarak sekitaran 45 km dari pusat Kota Karawang.


12. Curug Ciomas (Green Canyon Mini) 

Curug Ciomas (Green Canyon Mini)

Di Jawa Barat tidak cuma Green Canyon Pangandaran yang populer namun ada juga Green Canyon Mini (Curug Ciomas) yakni di Karawang. Seperti sebutannya green canyon Ciomas ini memiliki bentuk mini serta mempunyai air terjun dan sungai berwarna hijau jernih. Pas untuk destinasi wisata akhir minggu.

Tempatnya memanglah tidaklah terlalu luas, namun panorama alam, kehadiran tebing yang mengapit aliran sungai kecil, batu-batu besar dan akar-akar pohon tua adalah suguhan panorama yang cukup eksotis serta memanjakan mata. Curug Ciomas berlokasi di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kec. Pangkalan.
Advertisement.

12. Wonderland Adventure Waterpark (WAW) 

Wonderland Adventure Waterpark (WAW)

Wonderland Adventure Waterpark (WAW) adalah taman rekreasi air paling besar di Karawang yang step pertamanya mendatangkan tiga kolam renang dengan rencana Adventure (petualangan). WAW di bangun di atas tanah seluas 3, 4 Ha dengan kemampuan pengunjung sekitaran 5. 000 orang.

Pintu masuk WAW di bangun dengan ciri-ciri berwarna untuk mengingatkan pengunjung pada wahana ini dengan arsitektur seperti gerbang menuju negeri ajaib. Terkecuali sebagai pintu masuk, pengunjung bisa mengabadikan event bernilai berbarengan keluarga dengan latar belakang yang berkarakter, dipenuhi ornament negeri ajaib. Hal semacam ini jadi satu diantara hal yang bikin WAW jadi tidak sama dengan wahana rekreasi sama dilain tempat.

Gorilla Slide, seluncuran dengan ketinggian 14 Mtr. diatas permukaan tanah dengan panjang 120 Mtr. adalah icon paling utama Wonderland Adventure WaterPark.. Untuk nikmati wahan ini, pengunjung wajibkan memakai pelampung yang sudah kami siapkan. Slide ini amat cepat hingga bisa tingkatkan Adrenalin kita, serta memberi sensasi berpetualang yang tidak terlupakan dibanding dengan Slide WaterPark ditempat yang lain.

Ada pula Funny Pool, sarana kolam dewasa dengan ukuran standard Internasional dengan kedalaman 120 s/d 180 ditujukan untuk penggemar berolahraga renang. Di sini, pengunjung bisa berlatih renang dengan cara bertahap dalam mengetahui berolahraga renang.

Ada juga sarana Sundown Amphi, yang disebut sarana panggung megah dengan sound sistem serta peralatan moderen, pengunjung bisa memakai sarana ini untuk acara seperti Family Gathering, Wedding Party, Fashion Show, Moment Musik, Offair TV, Serta Lain-Lain.

Sesudah capek bermain air, pengunjung bisa nikmati sarana lain yang kami siapkan berbentuk pijat refleksi. Anda yg tidak hobby berenang bisa pula coba sarana yang lain dari mulai fusal centre, fitnes & body language ruang, flying fox, serta kids outbond.

Pada libur lebaran 2016 ini, WAW menyelesaikan pembangunan step keduanya yang makin oke dengan bermacam wahana paling barunya. Ada Adventure River, petualangan kolam arus yang seru serta menantang. Beragam petualangan siap lengkapi keseruan beberapa pengunjung. Ada pula Goa Stalaktit, bikin pengunjung terasanya ada didalam goa, disajikan juga tetesan air yang sejuk dengan dampak sinar yang atraktif.

Pirates Attack, wahana dengan nuansa bajak laut. Animal kingdom, dengan situasi seperti tersesat di kerajaan binatang yang menegangkan. Serta Niagara waterfall, bermain air terjun sambil asyik berseluncur. Pada akhir th. ini, WAW membidik pembangunan step ketiganya rampung, serta selekasnya mendatangkan kembali wahana paling barunya, yakni Volcano Wave (kolam ombak).

Info tentang ticket seperti berikut : 

Harga Ticket Masuk

 : Senin – Jum’at Rp. 65. 000, –
 : Sabtu – Minggu & Hari Libur Rp. 85. 000, –

Jam Operational : 7 Hari dalam 1 Minggu

 Senin – Jum’at : Pkl 09. 00 wib – 18. 00
 Sabtu – Minggu : Pkl 09. 00 wib – 19. 00

Jam Tutup Loket : 17. 00 Wib

Wisata tempat lain :

One thought on “13 Tempat Wisata Terbaik di Karawang yang Harus Dikunjungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.