15 Wisata Kuliner di Pangkalpinang Bangka Belitung

Posted on

Wisata Kuliner di Pangkalpinang Bangka Belitung


1.Es Anggrek Bangka Belitung

Es Anggrek Bangka Belitung

Es anggrek, mungkin saja ada hiasan bunga anggrek atau bahan membuatnya menggunakan anggrek? Salah semua! Nama Anggrek di ambil dari nama restoran dimana es ini ada. Es anggrek yaitu semacam es diblender dengan siraman sirup buatan sendiri. Rasa-rasanya mirip es cream, lembut serta fresh. Ditambah dengan kacang merah yang utuh serta tidak merasa lunak. Nikmat! Terlebih bila menyantap es ini waktu cuaca panas, cocok sekali.


2.Otak-otak Kon Kim Bangka Belitung

Otak-otak Kon Kim Bangka Belitung

Otak-otak ini datang dari olahan sagu serta ikan. Otak-otak disini mempunyai saus yang istimewa, terkecuali berbahan membuatnya yang semakin banyak komposisi ikan dibanding dengan sagu. Rasa-rasanya makin makyus apabila dicocol kedalam saus kacang atau tauco.

3.Grand Parai Bangka Belitung

Grand Parai Bangka Belitung

Suka makan dengan nuansa pinggir pantai? Datanglah kesini. Pantainya ada banyak ikan tenggiri. Untuk menunya, coba tenggiri bakar yang lezat. Menu yang lain yaitu semacam tahu isi, dalamnya terbagi dalam bermacam sayuran plus saus yang mantap. Makin lengkapi kesenangan makan di Grand Parai.

4.Mie Koba Bangka Belitung

Mie Koba

Mie koba, mie yang mempunyai citarasa seafood ini tidak bisa ditinggalkan. Kuahnya warna kecokelatan dengan rasa seafood kental. Nyaaam … bikin lidah bergoyang, karena sangat lezat mie ini.

5.Greeng Lesehan Bangka Belitung

Greeng Lesehan

Greeng Lesehan begitu cocok dikunjungi waktu anda menginginkan nikmati makanan khas daerah Bangka. Sebagian menu yang disiapkan yaitu lempah darat diisi sayur mayur. Yang mencolok yaitu sayuran akar keladi yang punya pengaruh pada rasa kuah lempah darat serta membuat kuah jadi agak berlendir, namun masihlah nikmat. Lempah kuning diisi ikan, sesungguhnya sama juga dengan lempah darat cuma tidak sama bahan pembuatan. Kuahnya asam serta gurih dengan aroma terasi Bangka yang kental di hidung.

6.Dodol Ketan Bangka Belitung

Dodol Ketan Bangka Belitung

Nyaris sama juga dengan dodol yang ada di Jawa. Dodol ketan Bangka juga adalah kombinasi dari gula aren, ketan, serta santan. Rasa-rasanya manis legit serta beraroma khas. Memasaknya diatas api tengah serta gunakan kayu palawan. Bila warnanya telah cokelat kehitaman bermakna dodol telah masak.

Dodol dibuat memanjang serupa pipa paralon yang lalu dibungkus gunakan plastik yang bening. Bila ingin makan dodol ketan Bangka paling pas gunakan kopi pahit, lantaran dodol rasa-rasanya telah manis, kan. Janganlah lupa beli oleh-oleh ini bila berlibur ke Bangka.

7.Getas Bangka Belitung

Getas Bangka Belitung

Getas atau dimaksud dengan juga kletek begitu populer sebagai jajanan Bangka seperti kemplang atau kritcu. Terbuat dari sagu, ikan, garam, serta sebagian bumbu yang lain. Rasa-rasanya nikmat serta pas untuk camilan. Umumnya memiliki bentuk lonjong atau bulat serta akan tidak susah temukan panganan yang satu ini. Lantaran banyak toko yang sediakan. Biasanya dibawa sebagai oleh-oleh khas Bangka.

8.Empek-empek Bangka Belitung

Empek-empek Bangka Belitung

Empek-empak di Bangka, bahan basic membuatnya tidak sama dengan yang ada di Palembang. Bila Palembang umumnya gunakan ikan gabus, Bangka gunakan ikan parang-parang atau tenggiri. Empek-empek disini dibuat bulat memanjang serta dapat di nikmati sesudah di rebus atau digoreng. Dicocol gunakan sambal tauco, sambal umum, atau sambal terasi.

9.Kemplang Bangka Belitung

Kemplang Bangka Belitung

Camilan ini terbuat berbahan ikan tenggiri atau cumi dengan penambahan sagu. Memiliki bentuk tidak cuma bulat saja namun ada juga yang sisi empat serta kotak. Kerupuknya orang bangka ini dapat di nikmati sesudah digoreng gunakan minyak atau pasir serta dipanggang. Tak susah temukan kerupuk kemplang di Bangka. Bahkan juga kita dapat belajar juga langkah membuatnya lantaran banyak di produksi di beberapa tempat tinggal warga.


10.Kritcu Bangka Belitung

Kritcu Bangka Belitung

Bahan pembuatan camilan khas Bangka satu ini yaitu memakai telur cumi berkwalitas. Kerupuk telur cumi berupa persegi panjang dengan ukuran sebesar jemari ini begitu nikmat jadikan camilan. Banyak disukai wisatawan yang bertandang ke Bangka.


11.Lakso Bangka Belitung

Lakso Bangka Belitung

Panganan ini terbuat dari beras serta sagu. Umumnya bisa didapati waktu sarapan atau saat ada acara spesifik seperti selamatan. Kuahnya berbumbu ikan serta bawang merah, lengkaplah kelezatan lakso ini.

12.Pantiaw Bangka Belitung

Pantiaw Bangka Belitung

Pantiaw yang disebut camilan khas Bangka ini dapat diketemukan di toko atau warung dengan gampang. Pantiaw yang terbuat dari tepung beras, bentuk serupa mie, warna putih, dihidangkan dengan bumbu beraroma kuah ikan yang disiram ke atas pantiaw.

13.Kue Rintak Bangka Belitung

Kue Rintak Bangka Belitung

Kue khas dari Pangkalpinang yang terbuat dari kombinasi sagu, santan, telur, gula, wijen, paling enak di nikmati berbarengan secangkir susu atau kopi. Kue rintak ini adalah penganan harus yang perlu ada waktu lebaran.


14.Tai Fu Sui Bangka Belitung

Tai Fu Sui Bangka Belitung

Tai fu sui atau susu kedelai Pangkalpinang banyak di buat oleh orang tionghoa, tetapi ada pula yang orang melayu. Susu kedelai disini digabung dengan rasa buah-buahan serta bisa diminum dalam kondisi panas atau dingin, sesuai sama selera. Ada saat pagi serta malam hari.


15.Rusip serta Kecalok Bangka Belitung

Rusip serta Kecalok Bangka Belitung

Rusip, makanan khas dari Pangkalpinang yang disebut hasil dari fermentasi ikan bilis laut fresh di taruh dalam botol, setelah itu digabung garam serta gula aren. Makanan ini baru dapat dicicipi sesudah satu bulan, enak dikonsumsi berbarengan dengan cabai serta bawang merah. Terkecuali rusip, disini ada juga pekasem (siput laut yang difermentasi) dan kecalok atau udang halus fermentasi.

Wisata tempat lain :

15 Wisata Kuliner di Pangkalpinang Bangka Belitung

15 Wisata Kuliner di Pangkalpinang Bangka Belitung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.