20 Tempat Wisata Yang Harus DiKetahui di Pangkalpinang Bangka Belitung

Posted on
20 Tempat Wisata Yang Harus DiKetahui di Pangkalpinang Bangka Belitung

Setiap kota, termasuk Pangkalpinang yang disebut ibukota dari propinsi Bangka Belitung tentu mempunyai object wisata yang unik serta menarik untuk dikunjungi. Menggunakan berlibur disini berbarengan keluarga terkasih tentu begitu mengasyikkan, ya. Apa sajakah yang dapat kita kerjakan di kota Pangkalpinang? Ada destinasi wisata apa di kota itu? Simak tulisan di bawah ini.

1.Pulau Lampu Bangka Belitung

Pulau Lampu Bangka Belitung

Pulau LampuPulau Lampu adalah pulau kecil di Bangka yang masihlah alami serta tak berpenghuni. Jika menginginkan lihat keindahannya, bisa berkeliling pulau dengan menyewa perahu. Harga sewanya bergantung perjanjian anda dengan yang memiliki perahu. Pokoknya ditanggung bikin mata fresh lantaran panorama pulau begitu indah serta eksotis.

Pulau Lampu ini termasuk dalam pulau yang kecil, nyaris sama luasnya dengan Pulau Lengkuas yang ada di Belitung serta keduanya sama miliki mercusuar. Bila sukai berenang, anda bisa mengerjakannya juga di pulau ini. Airnya jernih, kok. Beri kesegaran berenang ditemani semilir angin serta situasi laut tenang.

Pulau Lampu di kenal orang-orang sekitaran dengan nama Pulau Pelepas. Ini karena manfaat pulau yang digunakan beberapa nelayan untuk beristirahat melepas rasa capek. Oh, ya, janganlah lupa bawa perbekalan yang cukup. Lantaran tidak sering diketemukan tempat makan disini. Tempat : Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka.


2.Pantai Matras Bangka Belitung

Pantai Matras Bangka Belitung

Pantai MatrasPantai Matras termasuk juga satu diantara pantai yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat bertandang ke Bangka Belitung. Memanglah, pantai ini begitu cantik. Oleh karena itu dijuluki sebagai Pantai surga. Hamparan pasir putih membentang selama 3 km dengan lebar pada 20-30 mtr..

Pemandangan hijau Pantai Matras yang dihasilkan oleh himpunan pohon kelapa di sekelilingnya dan aliran sungai jernih yang ada di pantai ini membuatnya jadi tambah indah. Tak heran, kan, bila object wisata Pantai Matras jadi magnet untuk wisatawan bukan sekedar wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara.

Untuk hingga ke Pantai Matras, jalanannya telah bagus dengan kata lain beraspal. Serta terutama, ticket masuknya begitu terjangkau Rp 2000, – s/d Rp 5000, – satu orang. Tempat : Desa Cahaya Baru, Kecamatan Sungailiat.

3.Pantai Tikus Bangka Belitung

Pantai Tikus Bangka Belitung

Pantai TikusPantai Tikus? Mendengar namanya saja telah terasa geli, ya. Namun janganlah cepat ambillah rangkuman, dong. Meskipun namanya Pantai Tikus, namun disini tidak ada tikus, kok.

Malah kita bakal merasakan panorama yang indah nan alami setiba di Pantai Tikus. Nah, satu lagi istimewanya pantai ini yaitu kecantikan sunsetnya.

Ya, kita dapat lihat atau membingkai panorama matahari terbit dengan mata atau lensa kamera. Asik! Pasir putih bersih pantai dibarengi batuan granit serta berdampingan dengan satu bukit yang di kenal dengan Bukit Rebo, harus dikunjungi, deh. Tempat : Desa Rebo, Sungailiat, Bangka.

4.Pantai Teluk Uber Bangka Belitung

Pantai Teluk Uber Bangka Belitung

Pantai Teluk UberPantai Teluk Uber memiliki panorama yang tidak kalah indah dengan pantai lain di Pangkalpinang. Pohon-pohon yang ada di sekelilingnya dengan perahu-perahu nelayan di ruang pantai, cantik sekali.

Dari pantai ini juga kita dapat lihat pesona sunset dan sunrise. Jadi dianjurkan untuk datang saat pagi atau sore hari, supaya tidak ketinggal peristiwa mengagumkan matahari itu.

Jika anda menginginkan bermalam, mungkin. Namun sayangnya disini fasilitasnya belum komplit. Hanya ada satu penginapan dengan 10 kamar saja. Asal nama Pantai Teluk Uber yaitu lantaran daerah pantai yang luasnya lebih kurang 25 hektar ini berupa teluk, menjorok ke daratan. Jadinya dinamakan Teluk Uber.


5.Museum Timah Bangka Belitung

Museum Timah Bangka Belitung

Museum TimahMuseum yang berdiri mulai sejak 1958 diisi mengenai histori pertimahan yang ada di Bangka Belitung. Seperti di ketahui kalau Bangka Belitung benar-benar sangat kaya timah.

Serta di museum ini kita bisa belajar serta mengetahui lebih dekat histori sistem penambangan timah s/d memproses timah lewat cara moderen serta tradisional melalui photo dan dokumen koleksi dari Museum Timah. Asik, kan, berwisata sembari memberi pengetahuan baru.

Butuh di ketahui juga kalau Museum Timah ini yaitu hanya satu yang ada di Indonesia bahkan juga lingkup Asia. Banyak wisata pantai nan eksotis di Bangka Belitung tak lalu bikin wisatawan yang bertandang ke museum menyusut.

Malah, Museum Timah jadi alternatif wisata terkecuali pantai yang ada di Bangka Belitung. Museum Timah di buka tanggal 2 Agustus 1997 oleh PT Timah, Tbk.

6.Pantai Tanjung Bunga Bangka Belitung

Pantai Tanjung Bunga Bangka Belitung

Pantai Tanjung BungaPantai Tanjung Bunga termasuk dalam pantai landai serta mempunyai panorama indah dengan perbukitan di sekelilingnya. Bakal terlihat juga kapal barang serta kapal penumpang waktu lalu lalang di laut terlepas Pantai Tanjung Bunga menuju ke pelabuhan Pangkal Balam.

Bebatuan di pantai ini terusun rapi serta untuk yang suka berpetualang, pilih pantai ini begitu pas.

Lantaran kita bisa lakukan petualangan menyusuri pantai serta daerah perbukitan di sekelilingnya. Pantai Tanjung Bunga berjarak sekitaran 2, 5 km dari pantai Pasir Padi serta bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi juga sewaan.


7.Gereja Maranatha Bangka Belitung

Gereja Maranatha Bangka Belitung

Gereja MaranathaGereja Maranatha di bangun waktu saat pemerintahan Residen J. E. Edie serta berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman. Gereja ini miliki menara jam yang masihlah berperan dengan baik sampai sekarang ini.

Di depan bangunan ada tugu titik 0 pulau Bangka serta Jalan Merdeka. Gereja ini bakal begitu ramai dengan orang yang menginginkan melaksanakan ibadah.

Terutama ketika perayaan umat nasrani, seperti natal ataupun kebaktian yang dikerjakan tiap-tiap minggu.


8.Menara Air Minum Bangka Belitung

Menara Air Minum Bangka Belitung

Menara Air MinumMenara Air Minum atau juga dikenal dengan sebutan watertoren ini memiliki bentuk yang serupa dengan dua tangki ukuran raksasa, tingginya 5 mtr. dengan diameter 8, 25 mtr.. Terdapat beberapa pipa besar untuk supply air ke orang-orang serta dibatasi oleh tugu pembatas dari batuan granit sejumlah 6 buah tugu.

Pembangunan watertoren diawali saat pemerintahan Residen J. E. Edie (1925-1928). Ia lantas lakukan riset tentang sumber air bersih untuk Pangkalpinang.

Serta pada akhirnya didapat 3 tempat yakni, Gunung Doel, Gunung Mangkoel, serta Sungai Nyelanding. Air dari Sungai Nyelanding keruh, sedang Gunung Doel sumber airnya sedikit.

Jadi dipilihlah Gunung Mangkoel sebagai tempat sumber air yang pas. Setelah itu pembangunan Menara Air Minum dilanjutkan ke saat Residen Hooyer (1928-1931). Sekarang ini menara air minum sudah masuk sebagai cagar budaya kota Pangkalpinang.


9.Masjid Jamik Bangka Belitung

Masjid Jamik Bangka Belitung

Masjid JamikMasjid ini didirikan oleh orang-orang kampung tengah serta kampung dalam Tuantunu. Masjid Jamik termasuk juga masjid yang paling besar dengan bentuk awal masjid semi permanen, beratap genteng serupa piramida.

Ada 3 sisi dalam bangunan masjid yakni, lantai satu (paling bawah) untuk tempat shalat serta mengaji, lantai dua untuk menaruh semua perlengkapan masjid dari mulai tikar s/d kitab-kitab kuning, buku agama. Serta lantai tiga adalah menara untuk muadzin adzan.

Masjid ini masuk dalam satu diantara cagar budaya di Pangkalpinang. Masjid Jamik memiliki bangunan yang unik, atapnya berhiaskan tiang penyangga kecil sejumlah 6 buah (kiri 3 serta kanan 3) melambangkan rukun iman. Tangganya 1/2 lingkaran. 5 buah pintu masuk, 6 tiang paling utama, 3 undakan, dengan satu kubah. Oh, ya, masjid ini di bangun pada 18 Desember 1936 serta berlokasi di Jalan Masjid Jamik.


10.Kelekak Community Bangka Belitung

Kelekak Community Bangka Belitung

Kelekak CommunityPertama kali masuk lokasi Kelekak Community, kita bakal disajikan tarian tradisional atau tarian penyambutan khas Bangka. Nah, sebenarnya Kelekak ini yaitu semacam miniatur perkampungan orang-orang Bangka pada era 18.

Maksud pembangunanya, agar lebih tahu atau buka lagi bagaimana caranya hidup serta rutinitas orang-orang Bangka. Seperti, tempat tinggal tradisional Bangka, perlengkapannya, permainan budaya Bangka, makanan tradisional dari Bangka, juga masjid kayu yang berciri budaya lokal.

Kelekak juga umum digunakan untuk manasik haji, lantaran disini ada juga miniatur ka’bah. Tempat Kelekak ini ada di Rimba Taklok Tuantunu, sekitaran 5 km dari pusat kota.


11.Kebiasaan Nganggung Bangka Belitung

Kebiasaan Nganggung Bangka Belitung

Satu diantara kebiasaan orang-orang Pangkalpinang yaitu nganggung. Kebiasaan gotong royong membawa dulang kuningan yang bertutup tudung saji dengan bermacam macam makanan di dalamnya. Makananya tak diseragamkan, tetapi membawa makanan sesuai sama kekuatan semasing keluarga.

Nganggung biasanya dikerjakan waktu ada upacara keagamaan seperti idul adha, idul fitri, nisfu syaban, maulud nabi, serta waktu muharam. Kebiasaan ini juga dikenal dengan nama sepintu sedulang. Umumnya proses yaitu di masjid, kota Pangkalpinang, atau tempat tinggal dinas walikota.

12.Peh Cun Bangka Belitung

Peh Cun Bangka Belitung

Peh cun yang dikerjakan setiap tanggal 5 bln. 5 penanggalan imlek. Peh cun yaitu satu diantara kebiasaan orang-orang tionghoa. Peh cun di gelar di Pantai Pasir Padi. Sesudah sembahyang, orang-orang tionghoa segera buang kue chang atau kue yang terbuat dari ketan diisi udang atau daging ke laut sebagai sinyal hormat.

Butuh di ketahui kalau Peh cun dikerjakan untuk menghormati meninggal dunianya seseorang pahlawan dari Tiongkok yang begitu di cintai oleh rakyat bernama Qu Yuan (jaman dinasti Chu, th. 340 SM).

13.Bangka Botanical Garden Bangka Belitung

Bangka Botanical Garden Bangka Belitung

Bangka Botanical GardenBangka Botanical Garden atau dimaksud dengan juga BBG yaitu tempat pengembangan hortikultura, sediakan bibit dan pakan ternak, termasuk juga jadi tempat peternakan juga.

BBG berdiri diatas tempat sisa dari perusahaan timah serta tempat gambut gawat. BBG ini dapat, lho, bikin tanah gawat dengan tingkat keasaman atau pH dibawah 5 jadi tempat atau tanah yang subur, layak ditanami, jadikan tambak, dan peternakan. Oleh karenanya, tanaman di BBG jadi subur serta tampak asri, lantaran tingkat pH tanah yang pas.


14.Pantai Pasir Padi Bangka Belitung

Pantai Pasir Padi Bangka Belitung

Pantai Pasir PadiGaris pantai dengan pasir putih berih pantai ini meraih 2 km. Uniknya disini, pantai Pasir Padi mempunyai susunan pantai landai serta enak untuk digunakan bersepeda, memakai kendaraan bermotor, atau jalan kaki. Panorama di Pantai Pasir Padi ini sama cantiknya dengan pantai lain di Bangka.

Begitu asri, dengan air laut biru serta berhias pulau di dekatnya. Salah nya ialah Pulau Punai yang ada dekat Pantai Pasir Padi serta bisa dikunjungi apabila air laut surut. Aktivitas yang dapat kita kerjakan terkecuali berenang, main pasir, serta voli pantai yaitu main layangan, sepakbola, bahkan juga lomba motorcross.

Banyak sarana pendukung yang ada di Pantai Pasir Padi salah satunya, resort, permainan air, ruang outbond, ruang bermain anak, dan tempat makan atau restoran seafood dengan harga terjangkau.

Wisata tempat lain :

20 Tempat Wisata Yang Harus DiKetahui di Pangkalpinang Bangka Belitung

20 Tempat Wisata Yang Harus DiKetahui di Pangkalpinang Bangka Belitung

2 thoughts on “20 Tempat Wisata Yang Harus DiKetahui di Pangkalpinang Bangka Belitung

    1. Di Pantai Teluk Uber ini juga telah berdiri satu hotel dengan 10 kamar di sisi kiri portal masuk. Tempatnya ada di dataran tinggi sehingga, untuk pengunjung akan melihat pantai serta lautnya di sela-sela jendela. Diluar itu berdiri juga cafeteria yang terdapat di pojok kiri dari arah masuk, tempatnya seakan tersembunyi dibawah perbukitan, tengah di segi kiri depan, terlihat perbukitan batu serta pohon-pohon sebagai batas pantai ini. Di depan, beberapa pengunjung bakal lihat himpunan perahu nelayan yang bertumpu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.