Berwisata Menyusuri Keindahan Alam Tangkahan Sumatera Utara

Posted on
Berwisata Menyusuri Keindahan Alam Tangkahan Sumatera Utara

Ini rimba bukanlah sembarang rimba. Disini kau dapatkan surga tersembunyi. Tangkahan bakal membawamu hirup ketenangan. Mengajakmu berpetualang didalam aliran sungai serta rerimbun pohon-pohon.

3 jam saja lamanya dari Kota Medan. Tulis perjalananmu menuju rimba ini. Untuk hingga kesini, dapat memakai angkutan umum dari Terminal Pinang Baris Medan. Tidak habis hingga dua puluh ribu rupiah, pengunjung telah tiba di simpang menuju Rimba Tangkahan ini.

Tangkahan kerap juga dikatakan sebagai surga tersembunyi di Sumatera Utara. Julukan itu bukanlah tidak berdasarkan. Namun lantaran rimba ini menaruh beragam keindahan serta koleksi tumbuhan serta margasatwa. Lumrah saja bila Tangkahan lalu jadi primadona untuk siapapun yang menginginkan lebih dekat dengan situasi rimba.

Berwisata Menyusuri Keindahan Alam Tangkahan Sumatera Utara

Lokasi ini ada di satu desa yang terdapat di Taman Nasional Gunung Leuser. Ada bermacam hewan langka yang tersimpan didalam rimba ini, bahkan juga terancam punah seperti Orang Utan Sumatera serta Gajah Sumatera. Tersimpan juga koleksi tumbuhan khas seperti Bunga Bangkai Sumatera.

Disini, pastinya pengunjung bakal lihat serta nikmati sungai jernih yang melewati rimba. Uniknya lagi, aliran sungai ini yaitu pertemuan dua aliran sungai, yakni Sungai Buluh serta Sungai Batang Serangan. Suhu dari dua sungai ini juga tidak sama. Satu hangat serta satu lagi lebih dingin. Datang serta dapatkan surga di rimba tersembunyi ini serta picu jiwa petualangmu menjelajah eksotisnya Tangkahan.

Berwisata Menyusuri Keindahan Alam Tangkahan Sumatera Utara

Sungai di Lokasi Rimba Tangkahan

Perjalanan lewat rute yang menantang seperti mendaki trek berlumpur, melalui jembatan gantung, menginap di goa, atau sebatas menyusuri segi sungai untuk hingga ke tempat yang lain bikin situasi alam lebih menyatu dengan pengunjung.

Satu diantara tempat yang paling disukai pengunjung saat bertandang ke Rimba Tangkahan ini yaitu lokasi CRU (Conservation Response Unit) tempat Gajah Sumatera itu berkandang. Cukup jalan kaki sekitaran lima belasan menit dari penginapan, anda bakal hingga di satu lokasi berpagar tempat gajah-gajah itu tinggal. Sepintas memanglah tidak ada yang istimewa dari tempat ini. Namun di jam-jam spesifik pengunjung bakal lihat gajah-gajah ini turun menuju sungai. Gajah-gajah Sumatera ini bakal dimandikan oleh petugas serta buang kotoran mereka. Beberapa pengunjung juga diijinkan turut memandikan gajah-gajah ini serta disinilah petualangan berbarengan gajah diawali.

Berwisata Menyusuri Keindahan Alam Tangkahan Sumatera Utara

Selesai memandikan gajah, pengunjung bisa kembali meningkatkan adrenalinnya dengan menaiki gajah untuk menyusuri tepian sungai sampai kedalam rimba. Ada sekitaran 10 gajah yang umum digunakan untuk trekking. Terkecuali mengajak pengunjung melingkari Rimba Tangkahan, gajah-gajah ini dapat dipakai untuk berpatroli atau membuat perlindungan taman nasional dari aktivitas ilegal seperti perburuan, perambahan, serta illegal logging. Jadi, sembari berwisata serta menaiki gajah, pengunjung juga dapat rasakan sensasi patroli yang dikerjakan oleh polisi-polisi rimba ini.

Sesudah melingkari keindahan serta sejuknya pohon-pohon rimba, pengunjung masihlah di beri pilihan untuk mencicipi Air Terjun Niagara ala Tangkahan. Perlu saat sekitaran 20 menit tubing dari penginapan sampai hingga ke air terjun ini. Dibawah air terjun pengunjung dapat rasakan pijitan alami dari airnya yang deras. Fisik Anda mesti diuji lagi selesai membasahkan badan di air terjun ini. Pasalnya, Anda mesti jalan kaki kembali pada penginapan sepanjang dua puluh menit. Menantang bukan?

Berwisata Menyusuri Keindahan Alam Tangkahan Sumatera Utara

Tantangan untuk membangkitakan gairah muda Anda tidak hingga disitu. Pesona Tangkahan masihlah tawarkan situasi mistis didalam goa kelelawar. Ya! goa ini adalah tempat tinggal untuk beberapa ribu kelelawar. Tetapi janganlah cemas, goa ini begitu aman untuk dimasuki, seandainya Anda ikuti panduan beberapa guide seperti tak bikin kegaduhan di dalamnya serta melempar asal-asalan. Selesai melingkari goa ini, Anda tidak butuh kembali pada mulut goa tempat anda masuk. Pintu goa ini bakal tembus ke pintu di seberangnya serta demikian keluar di mulut goa yang satunya, Anda dapat pulang kembali pada penginapan dengan transportasi paling utama daerah ini, tubbing

Selesai trekking melingkari rimba berbarengan gajah, tubbing berkali-kali, menyusuri sungai menuju air terjun, serta menyusur goa kelelawar, waktunya Anda memanjakan badan di tepian sungai. Sungai ini memberi situasi pemandian dibawah kanopi pohon-pohon besar. Permasalahan fresh, tidak usahlah di tanya. Diluar itu, di lokasi pemandian air sungai ini, Anda juga masihlah dapat nikmati air terjun setinggi dua mtr. tidak jauh jalan kaki. Ada juga goa kecil yang memberi kolam air panas yang menyatu dengan aliran sungai. Di lokasi ini saja Anda telah dapat nikmati beragam pesona Rimba Tagkahan di ujung Sumatera Utara ini.

Berwisata Menyusuri Keindahan Alam Tangkahan Sumatera Utara

Di sela-sela perjalanan hari melingkari kawasanan Rimba Tangkahan ini, Anda dapat bermalam di villa-villa yang beberapa besar terbuat dari kayu. Harga nya juga masihlah terjangkau serta tak merogoh kocek sangat banyak. Villa-villa ini pulalah yang menyempurnakan perjalanan Anda nikmati indahnya Tangkahan dalam Taman Nasional Gunung Leuser. Selamat meninggalkan kesibukan kota serta dapatkan petualanganmu disini!

Penginapan

Salah Satu Penginapan di Tangkahan
Informasi Cost wisata Alam Tangkahan :

  1. Duit retribusi Rp. 5000/orang. 
  2. Trekking gajah + memandikan gajah Rp. 300. 000/orang (Durasi 1 jam) 
  3. Memandikan gajah Rp. 50. 000/org (Durasi 1 jam) 
  4. Tubbing dari CRU ke Penginapan Rp. 50. 000/org (Durasi 1 jam) 
  5. Tubbing dari Penginapan ke Air Terjun Glugur Rp. 75. 000/org (min. 4 org) (Durasi 3 jam) 
  6. Penginapan mulai Rp. 50. 000 hingga Rp. 500. 000/kamar/malam.

Wisata tempat lain : 

Berwisata Menyusuri Keindahan Alam Tangkahan Sumatera Utara

Berwisata Menyusuri Keindahan Alam Tangkahan Sumatera Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.