Keindahan Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara

Posted on
Keindahan Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara

Untuk anda yang tengah liburan atau bertandang ke Sumatera Utara, tidak ada kelirunya meluangkan saat untuk berwisata ke Aek Sijornih. Satu diantara obyek wisata alam yang ada di Tanapuli Selatan, Sumatera Utara. Obyek wisata ini adalah satu diantara destinasi yang seringkali dikunjungi di Tapanuli Selatan. Bila anda ke Sumatera Utara memanglah dengan maksud untuk berwisata, jadi obyek wisata ini harus dikunjungi serta jangan pernah terlewati.

Ait Terjun Aek Sijornih sendiri sesungguhnya adalah air terjun yang terbagi dalam dua buah air terjun, ke-2 air terjun ini memiliki ukuran mini. Bila anda kerap lihat umumnya air terjun yang umumnya memiliki ukuran tinggi serta ramping dan tegak lurus, jadi air terjun Aek Sijornih ini ada pada medan slop atau miringan pada tanah dengan kandungan kapur. Benar – benar tidak sama dengan umumnya air terjun. Kalian pastinya akan nikmati air terjun Aek Sijornih ini.

Keindahan Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara

Air yang ditumpahkan oleh air terjun ini melebar ke segi kiri serta kanan. Diluar itu, bila air terjun umumnya terjun bebas, jadi air terjun Aek Sijornih ini bertingkat-tingkat. Bukan sekedar itu saja, air terjun ini dapat mempunyai air yang begitu jernih. Bahkan juga, bila umumnya di musim penghujan air umumnya kotor, tidak sama dengan air terjun Aek Sijornih lantaran tak peduli cuaca apa pun airnya bakal tetaplah jernih.

Orang-orang serta pemerintah setempat sudah sukses mengelola obyek wisata ini dengan baik. Pada obyek wisata itu, aliran air terjun yang pertama atau lebih tepatnya yang ada di samping kiri dilewatkan saja mengalir berbentuk parit-patir kecil. Lantas bagaimana dengan air terjun yang ada di segi kanannya? Untuk air terjun Aek Sijornih di samping kanan, ditampung dalam kolam buatan yang memanglah berniat di buat untuk pemandian. Aliran airnya juga semakin besar dari air terjun yang ada di segi kiri.

Keindahan Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara

Di tempat pemandian itu, kolamnya juga telah dibagi dua. Ke-2 kolam diperuntukkan untuk pemandian yang tidak sama. Untuk pemandian yang kecil berniat di buat untuk pemandian anak-anak dengan kedalaman cuma 1/2 mtr.. Sesaat untuk kolam yang besar di buat spesial untuk dewasa, kedalamannya juga kian lebih satu mtr.

Bila kalian mencari tempat yang nyaman untuk bersantai, di obyek wisata air terjun Aek Sijornih ini dapat ada tempat yang nyaman. Dari kolam dewasa, kita dapat naik ke atas serta selalu melelusuri aliran sungai jadi kita dapat pilih tempat yang nyaman untuk bersantai.

Keindahan Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara

Satu info lagi, sesungguhnya sumber air terjun ini aslinya dari satu mata air yang ada di perbukitan yang mengelilingi Kecamatan Batang Angkola serta Sayur Matinggi. Ada satu narasi legenda tentang mata air ini. Di tempat mata air itu ada, konon pada bebrapa waktu musim kering, jumlah air yang keluar makin bertambah. Diluar itu waktu musim hujan yang umumnya bakal bikin air keruh, di sumber mata air yang memiliki kandungan kapur di perbukitan ini airnya malah tak pernah keruh.

Keindahan Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara



Tempat

Untuk anda yang tengah merencanakan untuk segera menuju obyek wisata Aek Sijornih, sediakan saja biaya yang dibutuhkan. Untuk dapat menuju ke destinasi wisata yang satu ini kita mesti menuju Desa Aek Libung di Kecamatan Sayur Matinggi. Satu diantara tempat wisata ini ada di Kabupaten Tapanuli Selatan, Propinsi Sumatera Utara.

Aksesbilitas

Untuk dapat hingga ke tempat ini, bila anda dari luar pulau, pasti bakal sedikit susah. Tetapi obyek wisata ini jaraknya +/- 35 km arah timur dari Padang Sidempuan. Bila dari Padang Sidempuan kita dapat dengan gampang meraih obyek wisata ini dengan menumpang atau memakai kendaraan umum yang ada disana. Sebagian kendaraan umum yang dapat kita pakai diantaranya yaitu angkot, becak motor, bus mini serta bus lintasan timur sumatera. Bahkan juga tak perlu saat lama untuk kita supaya dapat hingga ke obyek wisata air terjun Aek Sijornih. Cuma perlu saat lebih kurang satu jam saja dari Kota Padang Sidempuan.

Keindahan Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara



Ticket & Parkir

Waktu kami telah tiba di obyek wisata ini, serta menginginkan masuk ke tempat wisata air terjun Aek Sijornih, kita mesti membayar ticket masuk supaya dapat menikmat obyek wisata. Tetapi janganlah cemas lantaran harga tiketnya nyatanya tidaklah terlalu mahal. Cuma Rp 5. 000 saja untuk per orang kita telah dapat masuk ke obyek wisata ini.


Sarana & Akomodasi

Sarana begitu utama dalam satu obyek wisata. Namun tenang saja, obyek wisata air terjun telah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Di obyek wisata ini telah disiapkan beragam sarana seperti musholla untuk umat muslim yang menginginkan melaksanakan ibadah. Ada juga kamar ubah untuk kita bertukar baju sebelumnya berendam serta berenang di air terjun ini. Dan sebagian saung atau gubuk untuk kita beristirahat sesudah capek berenang atau nikmati makanan. Menariknya, di bawah gubuk itu ada kolam kecil yang hidup sebagian ekor ikan yang memanglah berniat dipelihara di sana.

Keindahan Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara

Untuk anda yang beristirahat di sini dapat makan dengan pesan atau beli ikan goreng. Kita dapat juga beli camilan lantaran di sana juga ada banyak tempat jajanan. Hal menarik yang lain yaitu jembatan kayu. Jembatan ini, melintang membelah Batang (sungai) Angkola serta sesudah melewatinya kita dapat hingga ke pelataran luas yang dipayungi banyaknya pohon kelapa.


Wisata tempat lain : 

  • Harga Tiket Masuk Penangkaran Buaya Asam Kumbang
Keindahan Air Terjun Aek Sijornih Sumatera Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.