Keindahan Alam Cagar Alam Sibolangit Medan

Posted on
Keindahan Alam Cagar Alam Sibolangit Medan

Menjelajahi Indonesia, ada satu maksud yang mempunyai pesona mengagumkan, yakni Cagar Alam Sibolangit, di Sumatera Utara. Cagar alam ini terdapat di kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara. Di dalamnya, ada flora yang bermacam, juga faunanya tidak kalah bermacam. Panorama asri serta hawa fresh begitu dapat dijumpai di sana.

taman wisata alam, cagar alam sibolangit, sibolangit, kecamatan sibolangit, sumut, berita sumut, berita siantar, berita simalungun, wisata, Taman Wisata Alam Sibolangit jadikan Taman lantaran banyak flora serta fauna yang berguna untuk kepentingan pendidikan
Cagar alam ini menurut histori adalah cabang dari Kebun Raya Bogor yang didirikan oleh Tuan J. A. Lorzing dengan luas kian lebih 100 hektar pada th. 1914. Lalu cagar alam ini diresmikan tanggal 10 Maret 1938 lewat Surat Ketentuan Z. B. No. 37/PK.
Lantas pada th. 1980, tempat seluas kian lebih 24 hektar lewat Surat Ketentuan Menteri Pertanian No. 636/Kpts/Um/9/1980 jadikan lokasi Taman Wisata Alam Sibolangit lantaran banyak bermacam type flora serta fauna yang langka serta dilindungi oleh pemerintah dan berguna untuk kepentingan ilmu dan pengetahuan.

Untuk menuju tempat asri di Sumatera Utara ini, bisa ditempuh lebih kurang satu jam dengan kendaraan pribadi dari pusat kota Medan yang berjarak 40 Km.

Sesampai di sana, penjelajahan bisa dikerjakan dengan memakai sarana jalan yang bagus serta tak rusak, namun tetaplah meningkatkan adrenalin lantaran berkelok-kelik serta terjal. Ketinggian tempat ini adalah 500 mtr. dari permukaan laut. Sembari menjelajah, bisa didapati kios-kios buah yang sediakan buah-buahan, terlebih buah durian rimba.

Di dalam ruang cagar alam ini ada banyak flora serta fauna yang dilindungi. Flora yang banyak didapati salah satunya pohon angsana (pterocarpus indicus), sono kembang (dalbergia latifolia), kelenjar (samanea saman), nyamplung (Calophyllum inophillum), meranti (shorea Sp), palem, pinang serta pohon durian rimba. Ada juga bunga bangkai (Amorphophallus titanium) serta tumbuhan menyebar. Sedang fauna yang hidup di sana juga beragam macam. Yang kerap mendekati pengunjung umumnya kera serta lutung. Hewan yang bernama kuskus, babi rimba, trenggiling, kancil serta beragam macam type burung, seperti burung rangkong, kutilang, kacer, srigunting dan sebagainya juga menempati cagar alam ini. Curah hujan yang tinggi di cagar alam ini menyebabkan banyak vegetsi yang tumbuh didalamnya, hingga fauna yang ada banyak juga serta beragam macam berbarengan habitat yang masihlah asri.

Pengunjung dapat menyewa tur guide yang ada di kantor pusat info di Cagar Alam Sibolangit, Sumatera Utara ini. Lalu, pengunjung yang menginginkan istirahat, ada shelter yang di bangun ditengah keasrian tempat ini. Serta, keasrian tempat ini sediakan fasilitas yang bagus untuk pegunjung yang menginginkan berfoto-foto. Sedangakan, sarana lain yang disiapkan di antara air bersih, ruang parkir, tempat beribadah, guest house, kamar mandi serta WC umum.

Cagar Alam Sibolangit terdapat di Sibolangit, Sumatera Utara, Indonesia, dengan luas 9, 15 ha, ZB Th. 1938 Nomer 37/PK, 10 Maret 1938.

Cagar alam Sibolangit adalah satu kesatuan lokasi serta Taman Wisata Sibolangit. Dengan cara administratif terdapat di Desa Sibolangit Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang. Jarak lokasi ini dari Medan (Ibukota Provinsi Sumatera Utara) diprediksikan 40 Km serta bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum sepanjang kurang lebih 1 jam perjalanan.
Pada th. 1914 Tuan J. A Lorzing membangun Kebun Raya Sibolangit, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor. Lalu pada tanggal 10 Maret 1938 Lokasi Kebun Raya Sibolangit itu diputuskan statusnya jadi Cagar Alam berdasar pada Surat Ketentuan Z. b No. 37/PK. Barulah pada th. 1980 menurut Surat Ketentuan Menteri Pertanian No. 636/Kpts/Um/9/1980 beberapa lokasi Cagar Alam Sibolangit (seluas 24, 85 Ha) dialih manfaatkan jadi Lokasi Taman Wisata Sibolangit. Dengan hal tersebut Lokasi Cagar Alam Sibolangit cuma tinggal 85, 15 Ha serta hingga saat ini belum ada pergantian.

FLORA DAN FAUNA 

Potensi vegetasi tak jauh lain dengan yang ada di Lokasi Taman Wisata Sibolangit, yang didominasi oleh pohon-pohon besar seperti Angsan (Pterocarpus indicus), Nyamplung (Calophyllum inophillum), Meranti (Shorea sp), dan lain-lain. Juga ada type tanaman palem serta pinang, durian rimba.
Sekian perihal dengan fauna, yang kerap didapati yaitu type kera serta lutung selain juga beberapa jenis yang lain seperti : Babi Rimba, Kancil, Trenggiling, Kus-Kus, burung Rangkong, dan sebagainya.

Sarana serta Akomodasi Cagar Alam Sibolangit 

Untuk sarana dengan cara resmi masihlah belum ada di lokasi Cagar Alam Sibolangit, Tetapi bila anda memerlukan angkutan atau tempat tinggal untuk bermalam anda dapat menyewanya dari warga sekitaran di kaki Cagar Alam Sibolangit.
Ada warung serta toko di sekitaran tempat tinggal warga setempat yang sediakan keperluan makanan serta minuman. Tetapi belum ada toko peralatan berlibur atau barang yang mensupport untuk kegiatan berlibur serta hiking.

Sebelumnya lakukan perjalanan wisata atau berlibur ke cagar alam ini anda baiknya menyiapkan perbekalan serta peralatan yang bakal anda perlukan sepanjang masa persiapan wisata dirumah atau di kota besar yang dapat mensuplai keperluan anda. Supaya anda dapat nyaman lakukan perjalanan berlibur di Cagar Alam Sibolangit.
Akses Cagar Alam Sibolangit

Panduan Wisata di Cagar Alam Sibolangit 

1. Rencanakan perjalanan anda serta tambah baik ajukan pertanyaan pada petugas atau warga sekitar
2. Buat persiapan Fisik serta mental untuk lamanya perjalanan yang bakal ditempuh
3. Tekuni tiap-tiap medan serta rute yang bakal ditempuh supaya tak berlangsung kekeliruan
4. Pempersiapkan perlengkapan yang efisien serta berdaya manfaat besar
5. Mengatur manajeman logistik serta bahan makanan yang mencukupi
6. Peroleh izin serta melapor pada pos wisata yang tersedia
7. Membawa pakaian hangat serta kupluk, lantaran ketika malam suhu bakal menurun
8. Tak mengakibatkan kerusakan alam serta melindungi lingkungan sebaik-baiknya
Info Lain Cagar Alam Sibolangit

Bila anda memiliki info lain atau anda memiliki pengalaman yang menarik mengenai Cagar Alam Sibolangit. Silakan janganlah sangsi untuk memberikan pengalaman, pendapat, serta komentar anda pada kolom Review (janganlah lupa click bintang untuk rating Cagar Alam Sibolangit Sebelumnya anda kirim komentar).

Wisata tempat lain : 

Keindahan Alam Cagar Alam Sibolangit Medan

One thought on “Keindahan Alam Cagar Alam Sibolangit Medan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.