Keindahan Wisata Alam Danau Siombak Sumatera Utara

Posted on
Keindahan Wisata Alam Danau Siombak Sumatera Utara

Danau Siombak yaitu satu danau buatan dengan luas sekitaran 40 hektar, Diameter sekitaran 1000 mtr., serta kedalaman lebih kurang 12 mtr.. Danau Siombak ini terdapat di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Medan, Sumatera Utara. Danau Siombak terdapat diantara dua sungai, yakni Sungai Deli serta Sungai Terjun. Air Danau Siombak berwarna jernih agak kehijauan, lantaran di basic danau ditumbuhi semacam tumbuhan lumut serta ganggang, tetapi airnya tidak berbau.

Danau Siombak ramai dikunjungi waktu berlibur atau akhir minggu. Danau Siombak ini banyak dikunjungi oleh orang-orang medan, serta tidak sering wisatawan asing yang singgah ke sini. Memanglah Danau Siombak ini jadi satu diantara tempat favorite orang-orang Medan, mereka meluangkan saat untuk bersantai sembari memancing disini. Di sekitaran Danau Siombak juga ada penjual makanan serta aksesori seperti gelang, kalung, anting, pakaian, dan sebagainya. Harga untuk makanan serta aksesorisnya sedikit agak mahal, tetapi ini bergantung kekuatan menawar anda. Di sekitaran ruang Danau Siombak juga disiapkan perahu, sampan, serta speedboat bila anda menginginkan berkeliling danau.

Sekarang ini lihat kunang-kunang tak gampang. Terlebih, untuk orang yang tinggal di kota besar seperti Medan, bisa lihat kelap-kelip kunang-kunang dengan cara segera pada habitat aslinya tentunya satu peristiwa yang langka.

Keindahan Wisata Alam Danau Siombak Sumatera Utara

Lingkungan kota dengan jejal perumahan yang rapat, pertokoan, polusi sinar, serta taman-taman yang tidak cocok dengan habitatnya menyebabkan kehadiran kunang-kunang makin hilang.

Diambil dari situs sejarahwan Kota Medan, http :// ichwanazhari. com, nyatanya Kota Medan masihlah mempunyai lokasi sebagai habitat kunang-kunang. Tempat itu yaitu di gugusan pohon berembang yang membuat satu pulau di tengah-tengah Danau Siombak, Medan Marelan.

Pohon berembang yaitu satu diantara type mangrove yang banyak hidup di air payau atau di pinggir pantai yang buahnya bisa jadikan sebagai bahan makanan.

Nyatanya bunga-bunga dari pohon berembang yaitu satu diantara makanan yang disenangi oleh kunang-kunang. Habitatnya yang juga ada di rawa dengan deposit makanan yang banyak jadi tempat yang begitu pas untuk kunang-kunang untuk berkembang biak.

Keindahan Wisata Alam Danau Siombak Sumatera Utara

Di pulau Danau Siombak ini saat senja sudah terbenam, jadi keindahan kelap-kelip beberapa ribu kunang-kunang bakal ada seperti menari serta menyihir siapa saja yang memandangnya. Kita bakal lihat pohon-pohon berembang yang dipenuhi sinar kunang-kunang, satu panorama yang akan tidak kita peroleh di perkotaan.

Di tempat ini kita bisa memberikan pada anak-anak kita atau siapapun mengenai keindahan kunang-kunang yang masihlah tersisa di Kota Medan. Kita bisa belajar bagaimana hewan yang termasuk juga kedalam type serangga ini bisa membuahkan sinar tidak ada aliran listrik atau daya panas matahari.

Kita dapat juga belajar mengenai siklus hidup, macam atau type, ciri khas, makanan, langkah berkembang biak, bahkan juga habitatnya. Di pulau Danau Siombak ini kita bisa belajar mengenai evaluasi lingkungan pesisir bahkan juga dalam taraf yang yang lebih luas.

Keindahan Wisata Alam Danau Siombak Sumatera Utara

Jadi bila kita berkunjung ke pulau di Danau Siombak ini kita bisa lakukan wisata kunang-kunang (malam hari) sekalian belajar mengenai lingkungan. Malaysiapun sudah jadikan kunang-kunang di lokasi pesisir sebagai satu diantara objek wisatanya.

Sepintas mengenai kunang-kunang, ia adalah semacam serangga yang bisa keluarkan sinar yang pasti tampak waktu malam hari. Sinar ini dihasilkan oleh “sinar dingin” yg tidak memiliki kandungan ultraviolet ataupun cahaya inframerah serta mempunyai panjang gelombang 510 hingga 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi cahaya hingga 96%.

Kunang-kunang membuahkan sinar dengan zat kimia yang dimaksud luciferin didalam perut/ekor mereka yang diggabungkan dengan oksigen, kalsium serta adenosin trifosfat, reaksi kimia berlangsung serta membuahkan sinar yang spektakuler.

Keindahan Wisata Alam Danau Siombak Sumatera Utara

Sinar yang dihasilkan oleh kunang-kunang yaitu sinar paling efektif yang pernah di buat. Nyaris 100 % dari daya dalam reaksi kimia dipancarkan sebagai sinar ; sebagai perbandingan, bola lampu pijar cuma pancarkan 10 % dari daya sebagai sinar, 90 % yang lain hilang sebagai panas.

Kunang-kunang termasuk juga dalam kelompok Lampyridae yang disebut familia dalam ordo kumbang Coleoptera. Ada kian lebih 2000 spesies kunang-kunang, yang bisa diketemukan di daerah empat musim serta tropis di semua dunia. Banyak sepesies ini yang diketemukan di rawa atau rimba yang basah di mana banyak tersedia persediaan makanan untuk larvanya.

Sinar kunang-kunang bertindak sebagai sinyal peringatan, untuk memperingatkan antar-sesama macamnya mengenai ancaman bahaya, ataupun peringatan untuk serangga serta burung pemangsa supaya tak mengkonsumsinya.

Keindahan Wisata Alam Danau Siombak Sumatera Utara

Sebab, zat penyebab pembentukan sinar kunang-kunang berasa pahit. Jikalau ada serangga pemangsa yang nekad, mereka umumnya mengonsumsi badan kunang-kunang dari sisi kepala, selalu sampai ke sisi belakang, terkecuali sisi perut yg tidak dimakannya.

Mari kita lihat keajaiban satu diantara dunia hewan lewat dunia kunang-kunang di Danau Siombak, Medan Marelan, dengan berwisata sekalian belajar mengenai segalanya mengenai kunang-kunang serta lingkungan pesisir.

Wisata tempat lain :

Keindahan Wisata Alam Danau Siombak Sumatera Utara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *