Menengok Keelokan Tempat tinggal Tjong A Fie

Posted on

Menengok Keelokan Tempat tinggal Tjong A Fie

Tempat tinggal Tjong A Fie yang saat ini adalah satu diantara landmark di kota Medan betul-betul memerlihatkan keragaman budaya di Medan. Medan juga jadi rumah beragam masyarakat dari beragam suku. Baik itu beberapa orang Tionghoa, Jawa, Batak, India serta yang lain. Serta ekdiaman Tjong A Fie jadi bukti bila keragaman orang-orang di Medan sudah berlangsung mulai sejak dahulu.

Tempat tinggal Tjong A Fie ini adalah satu tempat tinggal tua yang saat ini sudah berperan sebagai satu museum. Tempat tinggal ini di bangun oleh seseorang saudagar Cina bernama Tjong A Fie yang hidup pada rentang saat pada 1860 – 1921. Walau memiliki umur kian lebih 100 th., bangunan tempat tinggal berlantai dua ini masihlah berdiri megah serta terbangun dengan baik.

Menengok Keelokan Tempat tinggal Tjong A Fie

Keadaan Tempat tinggal Tjong A Fie terlihat dari depan yang terbangun dengan asri
Semasa hidupnya, Tjong A Fie di kenal sebagai seseorang saudagar kaya yang memiliki usaha di beberapa bagian. Dari mulai perkebunan, pabrik minyak kelapa sawit, pabrik gula, bank serta bahkan juga perusahaan kereta api. Menariknya, Tjong A Fie tidak cuma di kenal sebagai saudagar kaya. Tetapi juga adalah seseorang yang memiliki sikap dermawan di kota Medan.

Tempat tinggal Tjong A Fie yang saat ini sudah beralih manfaat jadi museum ini adalah satu diantara bangunan cagar budaya nasional yang ada di Medan. Bangunan meliputi ruang yang begitu luas, meraih 6 ribu mtr. persegi. Sudah pasti, lantaran tempat tinggal ini yaitu punya seseorang saudagar Cina, design arsitektur yang dipakai juga yaitu design arsitektur Cina kuno. Tetapi sebagai penambahan, bangunan ini dapat di pengaruhi dengan corak melayu dan Eropa.

Menengok Keelokan Tempat tinggal Tjong A Fie



Interior didalam Tempat tinggal Tjong A Fie

Pembukaan Tempat tinggal Tjong A Fie untuk orang-orang umum baru dikerjakan pada th. 2009 lantas. Mulai sejak itu, beberapa traveler juga dapat dengan cara lebih gamblang peroleh pengetahuan tentang sosok saat lantas seseorang Tjong A Fie. Tetapi untuk masuk ke ruang museum ini termasuk cukuplah mahal. Tiap-tiap orang bakal dipakai cost masuk sebesar 35 ribu rupiah. Sedang untuk beberapa pelajar, dapat peroleh tarif lebih murah yaitu 20 ribu rupiah per orang.

Harga ticket masuk itu memanglah cukup mahal bila dibanding dengan ticket masuk ke museum yang lain. Hal semacam ini lantaran Tempat tinggal Tjong A Fie ini adalah satu museum yang dikelola oleh pihak keluarga. Serta cost untuk perawatan tempat tinggal kuno dengan ukuran yang besar juga banyak. Terutama sesudah tempat ini dirubah jadi satu museum, memerlukan tenaga penambahan yang juga memerlukan cost.

Menengok Keelokan Tempat tinggal Tjong A Fie



Tempat tinggal Tjong A Fie Berhantu 

Didalam Tempat tinggal Tjong A Fie, beberapa traveler juga dapat menengok design interior yang unik. Tidak cuma itu, disini juga ada beragam koleksi perlengkapan jadul yang masihlah terbangun dengan baik. Untuk yang menginginkan bangun tempat tinggal baru, tempat ini juga dapat jadikan sebagai tempat untuk memperluas khazanah mengenai design satu tempat tinggal.

Beberapa pengunjung dapat juga juga melihat sebagian koleksi photo punya Tjong A Fie. Terutama lantaran Tjong A Fie adalah sosok yang cukup rajin dalam mendokumentasikan tiap-tiap kegiatannya. Baik itu photo berbarengan keluarga maupun photo dokumentasi waktu pelangsungan upacara pernikahan anggota keluarga. Diluar itu, ada juga ruang spesial yang disebut tempat Tjong A Fie menaruh koleksi buku.

Menengok Keelokan Tempat tinggal Tjong A Fie

Tetapi untuk beberapa traveler yang bertandang ke tempat ini mesti mempersiapkan mental yang tinggi. Konon, tempat ini ada penunggunya lho. Cukup lumrah sih ya, mengingat umumnya beberapa tempat tinggal kuno yang berumur beberapa ratus th. jadi rumahnya beberapa lelembut. Beritanya, hantu penunggu tempat ini yaitu hantu yang memakai baju seperti orang Cina.

Wisata tempat lain :

Menengok Keelokan Tempat tinggal Tjong A Fie

Menengok Keelokan Tempat tinggal Tjong A Fie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *