Mengenal Lebih Dalam Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

Posted on
Mengenal Lebih Dalam Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru



Masjid Agung An-Annur Riau terdapat di pusat kota Pekanbaru, tepatnya di Jalan Hang Tuah memiliki sarana komplit sebagai Islamic Centre dan dilengkapi juga taman yang indah serta luas. Mengenai nama masjid ini ada yang menyebutkan Masjid Agung An-Nur Riau serta ada yang Masjid Agung An-nur Pekanbaru. Tetapi nama resminya yaitu Masjid Agung An-Nur Riau (Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau).

Masjid provinsi dengan bentuk bangunan yang menarik dilengkapi tiang besar serta tinggi melambangkan kebesaran-Nya, terdapat di pusat kota Pekanbaru, memiliki sarana komplit sebagai Islamic Centre dan dilengkapi juga taman yang indah serta luas.

Masjid Agung An Nur yaitu Pusat Dakwah Islam di Kota Pekanbaru. Dijelaskan kalau Masjid ini yaitu Masjid paling besar di Sumatera. Masjid ini kerap dikunjungi oleh warga kota ataupun turis dari luar kota, baik untuk kesibukan keagamaan, berolahraga pada pagi serta sore hari, berfoto atau menjelajahi internet lantaran Masjid ini ada fasiltas WiFi Gratis. Tak komplit bila Anda berwisata di Riau namun tak berkunjung ke Masjid An Nur.

Masjid Agung An-Nur adalah satu masjid yang terdapat di Pekanbaru, Indonesia. Masjid Agung An-Nur ini di bangun pada th. 1963 serta usai pada th. 1968. Diliat dari segi bangunannya, Masjid Agung An-Nur ini banyak memperoleh dampak dari style arsitektur Melayu, Turki, Arab serta India. Masjid Agung An-Nur Riau di Pekanbaru ini dimaksud dikatakan sebagai Taj Mahalnya provinsi Riau. Apabila kita amati arsitektural Masjid Agung An-Nur memanglah mempunyai sebagian persamaan dengan Taj Mahal.

Arsitektur Masjid Agung An-Nur ini didesain oleh Ir. Roseno dengan ukuran 50 X 50 m yang terdapat dalam satu pekarangan yang luasnya 400 X 200 m. Kemampuan masjid bisa menyimpan sekitaran 4. 500 orang jamaah. Bangunan Masjid Agung An-Nur terbagi dalam tiga tingkat. Tingkat atas dipakai untuk sholat, serta tingkat bawah untuk kantor serta ruangan pertemuan. 2 Masjid Agung An-Nur ini memiliki tiga buah tangga, 1 buah tangga dibagian muka serta 2 buah tangga dibagian samping. Dibagian atas terbagi dalam 13 buah pintu serta sisi bawah terbagi dalam 4 buah pintu serta memiliki kamar-kamar yang besar serta satu aula.

Sedang tulisan kaligrafi yang ada dalam ruang Masjid Agung An-Nur ini ditulis oleh seseorang kaligrafer bernama Azhari Nur dari Jakarta yang ditulis pada th. 1970. Masjid Agung An-Nur juga dilengkapi oleh berbagai sarana seperti pendidikan dari mulai playgrup, TK, SD, SMP & SMA, perpustakaan yang komplit serta fasiltas lain seperti aula serta ruangan pertemuan, ruand kelas serta ruangan ruang kantor.

Wisata tempat lain : 

Mengenal Lebih Dalam Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

Mengenal Lebih Dalam Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *