Mengetahui Sejarah Megahnya Menara Air Tirtanadi

Posted on
Mengetahui Sejarah Megahnya Menara Air Tirtanadi



Objek Wisata Medan – Menara Air yang disebut ikon kota Medan – Menara air Medan yang bernama Tirtanadi ini dulu jadi bangunan untuk mengisyaratkan kota Medan. Berikut ikon dari kota Medan yang sesungguhnya. Tak cuma untuk landmark saja, walau demikian juga Menara Air ini begitu bermanfaat untuk mengalirkan air bersih ke semua pelosok kota Medan. Bersamaan dengan Perubahan zaman serta Perkembangan kota yang makin memerlukan supply air semakin banyak pastinya mustahil lagi dilayani menara air yang masihlah berdiri dengan megah di kota Medan ini. Saat ini menara air ini telah bukanlah jadi landmark kota Medan lagi lantaran telah mulai tertekan bangunan tanpa ada cita rasa serta tanpa ada teratur di sekitarnya. Serta kemacetan kronis di sekelilingnya.

Menara ini yaitu peninggalan histori pemerintahan kolonial Belanda dengan Nomer Bangunan No. 3D-036 serta th. penyelesaian 1908. Klo tidak salah di bangun mulai th. 1896 mendahului perusahaan-nya yang dibuat lalu. Nama resminya yaitu Menara Air di jalan Pandu, jika dahulu cukup hanya Menara Air saja. Tetapi lebih di kenal sebagai Menara Air Tirtanadi. Alamat resmi Menara Air ini di JL. Sisingamangaraja No. 1. Tempatnya cocok di persimpangan jalan Sisingamangaraja, Jl. Pandu, Jl. Cirebon, serta Jl. Hj. Ani Idrus.

Mengetahui Sejarah Megahnya Menara Air Tirtanadi

Menara Air Medan ini tidak bisa dilepaskan dari histori Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi yang didirikan pada tanggal 23 September 1905 dengan nama NV. Water Leiding Maatschappij Ajer Beresih yang berkantor pusat di Amsterdam negeri Belanda. Kelihatannya akrab tuh dengan arti ‘Leiding’, ‘Ajer Beresih’, hehehe. Dengan dikeluarkannya Ketentuan Daerah Sumatera Utara No. 11 th. 1979 perusahaan ini resmi memakai nama yang saat ini (Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi) disingkat PDAM Tirtanadi yang berlokasi di Jl. Sisingamangaraja No. 1 Medan.

Menara air ini dekat sekali dengan Hotel ‘Novotel’ Soechi International Medan di Jl. Cirebon 67A, Medan. Cukup jalan kaki dari hotel ke menara air ini. Bahkan juga dari depan hotel kita telah bisa lihat menara air ini.


Wsata tempat lain : 

Mengetahui Sejarah Megahnya Menara Air Tirtanadi

Mengetahui Sejarah Megahnya Menara Air Tirtanadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *