Menikmati Keindahan Alam Air Terjun Karang Dalam Sumatera Selatan

Posted on
Menikmati Keindahan Alam Air Terjun Karang Dalam Sumatera Selatan

Bicara tentang air terjun di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, memanglah tidak ada habisnya. Terdaftar, sekitaran 60 air terjun ada di lokasi ini. Di Desa Karang Dalam, umpamanya. Desa yang luasnya 10, 43 km. persegi yang dengan cara administratif ada di Kecamatan Pulau Pinang, ini mempunyai empat air terjun yang indah.

Air Terjun Bidadari, Air Terjun Sumbing, Air Terjun Pandak, serta Air Terjun Hujan Panas, nama keempatnya. Air terjun ini menyebar di sekitaran rimba, tempat pertanian, perkebunan, serta pemukiman warga.

Air Terjun Bidadari, satu diantara yang unik. Ada di dalam rimba, air terjun ini mempunyai tujuh puncak dengan tiga kolam pemandian. Untuk dapat ke air terjun yang umum dimaksud warga dengan nama “Ayek Asam” ini, pengunjung bisa menempuhnya dengan kendaraan bermotor sepanjang 15 menit. Dari Kota Lahat, jaraknya sekitaran 16 km.. Sesampainya di Desa Karang Dalam, perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki melalui kebun kopi, lantas menembus rimba sekitaran kurang dari 30 menit.Pada tiap-tiap pengunjung, warga mengaplikasikan ketentuan tidak untuk buang sampah asal-asalan. Cuma itu!

“Sampah dihimpun dalam kantong saja, lantas dibawa pulang serta dibuang ditempat sampah yang ada di Desa Karang Dalam ini, ” kata Marin, tokoh desa setempat, akhir minggu ini.

Air Terjun Bidadari mempunyai ketinggian sekitaran 30 mtr. dengan lebar kolam 15 mtr.. Dari kolam berikut air mengalir ke Sungai Lematang lewat sungai kecil.

Di tepian sungai, tumbuh pohon-pohon rindang membuat satu goa, hingga bikin situasi makin teduh. Pohon-pohon yang tumbuh diantaranya mahoni serta bambu. Sepanjang di air terjun, diketemukan juga beberapa type burung madu, type bondol, serta kupu-kupu.

Di sekitaran tempat Air Terjun Bidadari, ada enam air terjun lagi. Tiga salah satunya, Air Terjun Bujang Gadis dengan ketinggian empat mtr., Air Terjun Naga dengan ketinggian sekitaran 10 mtr., serta Air Terjun Sumbing dengan ketinggian sekitaran 35 mtr..

Untuk Air Terjun Bujang Gadis berjarak kurang lebih 30 mtr. dari Air Terjun Bidadari.  Air Terjun Sumbing berjarak lebih kurang 80 mtr., serta Air Terjun Naga sekitaran 50 mtr. dari Air Terjun Sumbing.

Menurut Marin, rimba disini begitu dijaga warga. Susah diketemukan sisa tebangan pohon. Bila juga ada pohon yang rubuh itu karena usianya yang telah tua. “Pemandangan di sekitaran tempat air terjun dijaga kebersihannya hingga bersih serta bebas dari sampah. ”

Marin meneruskan, kehadiran air terjun serta rimba di Desa Karang Dalam adalah potensi besar yang perlu dijaga kelestariannyannya. “Sebab, di desa ini tak diketemukan ada kandungan batubara atau emas yang bisa ditambang seperti lokasi Lahat yang lain, ” terang Marin.

Kekhawatiran Marin memanglah beralasan. Mengingat, Lahat adalah lokasi yang bertebaran tambang batubara. Potensinya? Marwan Mansyur, Wakil Bupati Lahat, waktu menjabat Asisten I Kabupaten Lahat, pernah menyampaikan, potensi batu bara di Lahat, terkecuali di Kecamatan Merapi Barat, Merapi Timur, Kota Lahat, Pulau Pinang, Kikim Barat, Gumay Talang, dan Kikim Timur, potensinya meraih 2, 9 miliar ton.

Wisata tempat lain : 

Menikmati Keindahan Alam Air Terjun Karang Dalam Sumatera Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *