Menikmati Keindahan Alam di Bukit Lawang Yang Cantik

Posted on
Menikmati Keindahan Alam di Bukit Lawang Yang Cantik

BUKIT LAWANG berarti ” PINTU ke BUKIT yaitu satu nama desa kecil tempat/tempat wisata air sungai penggunungan yang jernih dengan alam yang alami serta adalah daerah konservasi pada mawas orang utan yang ada di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Propinsi Sumatera Utara yang terdapat 68 km samping barat laut Kota Binjai serta sekitaran 90 km di samping barat laut kota Medan, beberapa besar penduduknya bersuku Melayu dengan mata pencarian berdagang serta bertani. Jarak tempuh dari Kota Medan mengonsumsi saat lebih kurang 3 Jam baik dengan kenderaan roda 4 maupun roda 2. BUKIT LAWANG ada dalam lingkup lokasi Rimba Lindung Taman Gunung Leuser yang disebut sisi dari Penggunungan Bukit Barisan yang membentang selama pulau SUMATERA.

BUKIT LAWANG yaitu adalah satu diantara tempat paling baik didunia untuk pencinta hewan primata langkah serta nyaris punah si Orangutan. Bukit lawang yang disebut pintu gerbang kedalam rimba Sumatera yang legendaris yang mempunyai medan licin serta lereng curam dan berlumpur, dengan alam yang indah jadi tempat pusat Rehabilitasi Orangutan. Pusat Rehabilitasi Orangutan ini berdiri mulai sejak th. 1973 serta sampai saat ini sudah menarik pengunjung dari semua dunia untuk lihat sepintas makhluk primata langkah ini.

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Lawang Yang Cantik

Pada th. 2003 tepatnya tanggal 2 Nopember terjadi musibah banjir bandang yang membawaq beberapa ribu kayu hasil pembalakan liar serta menghantam beberapa ratus tempat tinggal masyarakat atau penginapan yang ada dipinggiran arus sungai di BUKIT LAWANG. Banjir Bandang yang berlangsung menyebabkan trauma dramatis pada masyarakat setempat yang selamat serta menghancurkan infrastruktur dan mengonsumsi korban lebih kurang 300 jiwa disebabkan pembalakan rimba dengan cara liar di Taman Gunung Leuser yang Mengakibatkan nyaris 2 th. wisata BUKIT LAWANG ini sepi pengunjung baik itu lokal ataupun dari luar.

PERJALANAN MENUJU OBJEK WISATA ALAM BUKIT LAWANG

BUKIT LAWANG yaitu satu diantara tempat wisata alam yang harus dikunjungi di Propinsi Sumatera Utara, untuk melepas beban pekerjaan serta melepas diri dari aroma penatnya kota. Pada hari- hari libur seperti hari minggu atau libur hari – hari besar banyak wisatawan lokal ataupun luar bertandang ke tempat ini nikmati hawa pegunungan yang fresh, bermain air sungai yang mengalir jernih dari Gunung Leuser, dan nikmati petualangan didalam rimba untuk mencari kehadiran Orang Utan. Daya tarik dari Bukit Lawang berikut yang bikin banyak wisatawan mancanegara yang datang ke Sumatera Utara, untuk lihat segera kehadiran lebih 35. 000 Orang Utan, serta spesies lain seperti monyet, harimau, babi rimba, burung, yang hidup liar didalam rimba yang seluas 2 juta hektar lebih.

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Lawang Yang Cantik

Sungai Bahorok ” Bukit Lawang “

Pada hari libur saya memiliki kesempatan berkunjung ke tempat ini, perjalanan menuju tempat wisata bukit lawang saya cobalah dengan memakai layanan angkutan umum di mana titik keberangkatan diawali dari Terminal Pinang Baris Kota Medan, ibukotanya Propinsi Sumatera Utara dengan memakai angkutan umum/minibus L300/Pembangunan Semesta dengan rute Terminal Pinang Baris – Binjai – Bukit Lawangdengan tarif angkutan umum Rp. 15. 000, -/orang. , keadaan angkutan umum yang ada kurang nyaman. Perjalanan menuju Bukit Lawang, nikmatnya kita mulai pada pagi hari, jam 7 pagi pergi dari Terminal Pinang Baris, kita bakal lewat jalan dengan lalulintas yang cukup ramai sampai di kota Binjai. Dari Terminal Pinang Baris Kota Medan – Kota Binjai -, lebih kurang mengonsumsi saat 45 menit perjalanan. Dari Kota Binjai – Bukit Lawang jarak tempuh 2 jam. Bila pergi dari Kota Medan (Terminal Pinang Baris) Jam 7. 00 Wib pagi hari bermakna lebih kurang jam 10. Wib telah tiba di Terminal Umum Bukit Lawang. Dari Terminal Bus Bukit Lawang ini dilanjutkan dengan menaiki betor (Becak Bermotor) dengan tarif Rp. 10. 000, – sekitaran 10 menit lalu kita telah tiba di Pintu masuk wisata BUKIT LAWANG.

Lalu jalan menelusuri kedai – kedai jualan aksesori serta makanan, hingga temukan satu kedai makanan yang di rasa cocok. Beli nasi bungkus tambah baik menurut saya lantaran lebih asik makan dipinggiran sungai dengan air yang jernih sembari kaki di rendam ke sungai dengan nikmati situasi keramaian. Ingatt… jaga kebersihan, setelah makan janganlah bungkusnya dibuang ke sungai, itu namanya pencemaran. Dibuang dong.. ke tong sampah, banyak tong – tong sampah di sekitaran pinggir sunggai. Sesudah usai masalah lambung, saya juga mencari penginapan, harga penginapan di sini beragam dari mulai Rp. 80. 000, – sampai Rp. 300. 000, – tinggal tentukan sesuai sama budgettingg.

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Lawang Yang Cantik

HAL-HAL YANG ASYIK DI LAKUKAN SAAT BERWISATA KE BUKIT LAWANG

Cukup melelahkan memanglah perjalanan wisata ke Bukit Lawang ini bila memakai angkutan umum, tetapi pastinya akan terobati demikian kita hingga di Wisata Alam Bukit Lawang lantaran kita bakal segera disungguh aliran sungai yang jernih serta keramaian pengunjung. Sesudah beristirahat sebentar di penginapan, segera lanjud dengan aktivitas yang mengasyikkan, seperti :

1. Mandi – mandi sepuasnya di air sungai yang jernih 
Saya menelusuri jalan yang ikuti pinggir sungai untuk lihat serta pilih tempat untuk mandi – mandi di air sungai yang mengalir dari Gunung Leuser ini. Sesudah temukan tempat yang cocok, kejernihan serta kesejukan air sungai ini, segera saya nikmati, mandi – mandi di sini sangat asik. Bila angin berhembus kencang, kita bisa melihat daun – daun berguguran dari pohon-pohon yang mendulang di perbukitan.

2. Berikan makan orang hutan 
Sesudah senang – senang mandi di air sungai, lanjut dengan berikan makan Orang Utan, (satu hari dapat dikerjakan pada 2 x yakni jam 10 pagi serta 4 sore). Tempat pemberian makannya orang utan ini tak demikian jauh bila ditempuh dengan jalan kaki dari pinggir sungai.

3. Nikmati Kuliner 
Beberapa besar penginapan mempunyai restoran, hingga dapat memohon yang memiliki penginapan untuk sediakan makanan. Selama sungai, terdapat banyak kafe kecil. Anda dapat nikmati salad buah, nasi goreng serta camilan.

4. Treking di siang hari atau pada malam hari 
Treking pada malam hari yaitu favorite beberapa pengunjung di wisata alam bukit lawang, umumnya pengunjung pilih perjalanan dua hari agar bisa mempunyai peluang lihat orangutan serta satwa liar yang lain di habitat alami mereka. Petualangan ini beresiko untuk wisatawan yang sendirian lakukan treking di rimba hingga tiap-tiap perjalanan mesti diarahkan oleh seseorang pemandu yang memiliki pengalaman.

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Lawang Yang Cantik

Yakinkan Anda memberi tahu pemandu bila menginginkan lihat tanaman atau hewan spesifik. Harga untuk perjalanan treking termasuk juga makanan basic, cost pemandu, izin serta peralatan berkemah. Yakinkan Anda juga memohon pemandu Anda untuk berkunjung ke gua kelelawar.

Perjalanan treking menelusuri rimba malam hari ini, membutuhkah stamina fisik yang fit. Bila keadaan fisik kurang fit tambah baik lakukan treking sepanjang sebagian jam dikerjakan di siang hari. Anda bisa memohon pemandu untuk membawa Anda dalam perjalanan sepanjang sebagian jam. Ada pula beberapa perjalanan singkat sekitaran Bukit Lawang yg tidak membutuhkan pemandu atau izin.
Lalu pada titik yang telah disetujui, pulang janganlah lagi jalan kaki namun rasakan arus Sungai Bohorok dengan memakai perahu karet. Aktivitas ini mesti dikerjakan dibawah pengawasan pemadu memiliki pengalaman lantaran arus disini begitu kuat.

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Lawang Yang Cantik

Jadi, bila Anda merencanakan untuk bertandang ke Sumatera Utara, input tempat wisata alam Bukit Lawang jadi satu diantara maksud wisata Anda di Sumuatera Utara. Lantaran pengalaman trekking di dalam rimba sembari mencari kehadiran Orang Utan bakal susah Anda dapatkan di daerah yang lain terkecuali di Bukit Lawang. Serta mengagumkan. menjelajahi rimba disini yaitu petualangan yang menkjubkan. Perjalanan lewat rimba yang rimbun bakal mendebarkan serta Anda bakal masuk dalam dunia baru.

Asyiknya ber wisata ke Bukit Lawang, mudah-mudahan bisa memberi rujukan untuk Anda dalam membuat gagasan aktivitas bila menginginkan nikmati hari libur di wisata alam BUKIT LAWANG

Wisata tempat lain : 

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Lawang Yang Cantik

Menikmati Keindahan Alam di Bukit Lawang Yang Cantik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *