Menikmati Keindahan Wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Posted on
Menikmati Keindahan Wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Lautan air yang jernih, sampan-sampan nelayan yang bertebaran di permukaan danau untuk mencari ikan, ditambah panorama hijau di sekitaran danau. Ya, panorama sejenis berikut yang bakal Anda temui di Danau Singkarak, Sumatera Barat. Danau ini berjarak sekitaran 70 km dari Padang, ibu kota Sumatera Barat.

Danau Singkarak terbentang luas serta dengan cara administratif masuk dalam dua lokasi kabupaten di Sumatera Barat, yakni Solok serta Tanah Datar. Dengan luas sekitaran 1. 000 hektar, danau ini jadi yang terluas ke-2 di dataran Sumatera sesudah Danau Toba. Danau dengan kedalaman 268 mtr. serta ada di ketinggian 363, 5 mtr. diatas permukaan laut ini termasuk juga dalam type danau tektonik lantaran diprediksikan terbentuk lantaran pergeseran lempeng bumi.

Walau termasuk luas, tetapi tidak banyak type ikan yang hidup di perairan Danau Singkarak. Cuma ada 19 type ikan yang terdaftar hidup di danau ini. Hal semacam ini bisa saja lantaran minimnya.kurang tersedianya jumlah plankton sebagai makanan ikan biasanya. Plankton susah hidup disini lantaran tingkat kedalaman danau yang bikin sinar matahari tak dapat menembus basic danau.

Menikmati Keindahan Wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Lantaran keindahannya, Danau Singkarak jadi salah datu obyek wisata yang ramai dikunjungi warga sekitaran serta dari luar kota. Keindahan obyek wisata ini pertama kalinya terkenal pada th. 1905 lewat jurnal biologi punya Ernst Haeckel, seseorang peneliti dari Jerman. Tidak cuma mempelajari ekosistem Danau Singkarak serta sekitarnya, Haeckel juga terkagum-kagum dengan keindahan danau ini, hingga membuatnya merangkum keindahan Danau Singkarak dalam satu lukisan.

Terdapat beberapa aktivitas yang dapat Anda kerjakan untuk nikmati Danau Singkarak. Anda dapat berenang di air danaunya yang jernih, naik sampan berkeliling danau, memancing di pinggir danau atau turut nelayan menangkap ikan. Janganlah lupa membawa kamera Anda untuk mengabadikan keindahan obyek wisata ini. Danau luas dengan latar Bukit Barisan yang hijau di seberangnya sayang sekali untuk ditinggalkan.

Menikmati Keindahan Wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Terkecuali bebrapa aktivitas itu, Anda dapat juga lakukan wisata kuliner di warung-warung yang ada di sekitaran obyek wisata ini. Bila makan di warung kurang memuaskan, coba memancing atau menangkap ikan serta membakarnya di pinggir danau berbarengan rekan-rekan. Hal semacam ini mungkin saja pengalaman yang mengasyikkan.

Apa yang menarik dari Danau Singkarak?

Sebagai danau kebanggaan warga Sumatera Barat sekalian obyek wisata alam andalan, Danau singkarak mempunyai banyak hal unik yang menarik untuk Anda kenali, salah satunya :

Tur de Singkarak

Danau Singkarak jadi sisi dari Tur de Singkarak, satu moment balap sepeda tingkat internasional yang teratur diadakan setiap th.. Tur de Singkarak di dukung oleh Kementerian Pariwisata serta Ekonomi Kreatif dan Amaury Sport Organisation, penyelenggara moment sama di Perancis, Tur de France.

Tur de Singkarak pertama kalinya diadakan pada th. 2009. Setelah itu, saat penyelenggaraannya berjalan sepanjang satu minggu pada bln. April – Juni dengan tujuh etape yang perlu dilalui peserta. Tur de Singkarak tidak sekedar hanya lomba balap sepeda di jalan raya, tetapi juga inginalan budaya serta keindahan alam Sumatera Barat. Selama rute yang perlu ditempuh, peserta bakal disajikan panorama keberagaman budaya Minang serta keindahan alam Sumatera Barat.

Menikmati Keindahan Wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Awal mulanya, Tur de Singkarak diawali dari garis start di kota Padang serta selesai di Dermaga Danau Singkarak. Lalu mulai sejak th. 2012, garis start diawali dari Sawahlunto, satu kota tua bersejarah di Sumatera Barat serta selesai di kota Padang. Walau tidak lagi jadi tempat garis finish, tetapi Danau Singkarak tetap masih jadi sisi dari Tur de Singkarak berbarengan dengan Danau Maninjau serta sebagian obyek wisata menarik yang lain.

Ikan bilih

Terdaftar sekitaran 19 type ikan yang hidup di perairan Danau Singkarak sekarang ini. Satu diantara type ikan itu yaitu ikan bilih (Mystacoleucus padangensis). Ikan bilih jadi istimewa lantaran cuma dapat hidup di danau ini saja. Banyak yang coba mengembangbiakkan ikan ini diluar Danau Singkarak, tetapi senantiasa tidak berhasil lantaran ikan bilih senantiasa mati.

Ikan bilih wajarnya memiliki ukuran kecil, panjang maksimalnya cuma sekitaran 10 cm dengan sisik berwarna perak berkilauan. Dari 19 type ikan yang ada, ikan bilih berikut yang jumlahnya diprediksikan paling banyak di perairan danau. Ikan bilih jadi sumber ekonomi warga sekitaran. Nelayan menangkapnya serta menjualnya ke warung-warung. Ikan ini paling nikmat bila digoreng serta dicocol sambal.

Menikmati Keindahan Wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Terkecuali di jual di warung-warung, ikan bilih goreng kering juga ada ditempat penjualan oleh-oleh sekitaran obyek wisata ini. Ikan dikemas dalam plastik beragam ukuran serta dapat Anda menjadikan oleh-oleh khas Danau Singkarak.


Panjang Danau Singkarak jadi tambah dari saat ke waktu

Lantaran termasuk dalam kelompok danau tektonik, ukuran Danau Singkarak masihlah bisa beralih ikuti pergeseran lempeng bumi. Menurut hasil riset beberapa pakar, panjang danau awal mulanya cuma 3 km, lalu jadi tambah jadi 8 km, 13 km serta saat ini sekitaran 23 km. Panjang danau ini diprediksikan masihlah selalu jadi tambah.

Wisata tempat lain : 

Menikmati Keindahan Wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Menikmati Keindahan Wisata Danau Singkarak Sumatera Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *