Rute Menuju Air Terjun Aek Martua Pekanbaru Riau

Posted on
Rute dan Alamat Wisata Air Terjun Guruh Gemurai Menikmati Keindahan Alam Air Terjun Batu Dinding Selancar di Sungai Kampar Tantangan Luar Biasa 40 Tempat Wisata Paling Terindah di Pekanbaru Riau Keindahan Alam Pantai Lagundri serta Pantai Sorake

Introduksi

Rokan Hulu yaitu satu daerah di Propinsi Riau yang menaruh banyak object wisata alam yang masihlah belum banyak di ketahui. Ada banyak tempat wisata alam yang menarik untuk kita kunjungi pada kabupaten yang mempunyai luas lebih kurang 7. 449 km persegi itu. Di antara wisata alam yang bisa pengunjung jumpai di daerah Rokan Hulu ini yaitu Air Terjun Aek Martua. Air terjun ini memanglah jadi satu diantara object wisata unggulan di daerah Riau.

Aek Martua sendiri yaitu satu sungai di lokasi Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Hulu Rokan, Propinsi Riau. Nama Aek Martua sendiri di ambil dari bhs daerah satu diantara suku di Riau, yaitu suku Batak Mandailing, yang bermakna air bertuah. Memanglah sedikit aneh, lantaran bhs yang dipakai tidaklah bhs dari suku sebagian besar di Riau yaitu suku Melayu. Tetapi semuanya tak mengherankan, lantaran memanglah warga yang bermukim di dekat air terjun itu sebagian besar dari suku Batak Mandailing. Jadi tak mengheran jika nama Aek Martua di ambil memakai bhs suku Batak Mandailing.

Air terjun ini mempunyai kekhasan serta kelebihan sendiri, yaitu mempunyai tiga tingkatan. Tiap-tiap tingkatan mempunyai ukuran serta ketinggian yang tidak sama. Ketinggian itu sekitar pada 15 mtr. s/d yang paling tinggi meraih 40 mtr.. Karenanya ada kekhasan serta kelebihan itu, jadikan banyak wisatawan menyebutkan Air Terjun Aek Martua dengan sebutan Air Terjun Tangga Seribu.

Diluar itu, panorama yang disuguhi di object wisata ini sungguh begitu mempesona serta beri kesegaran. Airnya demikian jernih serta mengalir deras, panorama rimba yang begitu menawan yang jadikan hawa di sekitar air terjun itu begitu fresh serta menyejukkan, ditambah lagi ada kombinasi dari bebatuan cadas dengan struktur yang unik serta alami. Jadi tak salah jika air terjun Aek Martua jadi satu diantara object wisata favorite untuk wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Akses transport

Untuk beberapa pengunjung yang menginginkan nikmati keindahan air terjun ini bisa meraih tempat dengan memakai angkutan umum seperti L300 atau Superban maksud Pekanbaru-Pengaraian dengan cost Rp 35. 000. Pengunjung dapat turun di Simpang Tangun, lalu perjalanan dilanjutkan ke Tangun memakai oplet atau omprengan dengan cost Rp 5. 000, -. Sesampainya di tempat juga, beberapa pengunjung tak dan merta segera bisa nikmati keindahan air terjun ini. Lantaran setiba di pintu masuk object wisata ini pengunjung mesti meneruskan perjalanan dengan jalan kaki melalui jembatan gantung serta jalan setapak sejauh lebih kurang 3, 5 km.

Sesudah melalui jalan setapak itu, pengunjung dapat meneruskan perjalanan sejauh 3 km melalui rimba lindung. Di perjalan ini benar-benar sangat kuras tenaga lantaran mesti lewat jalanan tanjakan serta turunan yang lumayan curam. Jadi terkecuali fisik yang perlu disiapkan, kehati-hatian serta kewaspadaan juga tetaplah mesti dijaga supaya tak terpeleset atau tak berlangsung hal yg tidak dikehendaki. Tetapi perjalanan itu bakal sedikit enteng lantaran sepanjang perjalanan menuju tempat wisata itu beberapa pengunjung bakal ditemani dengan panorama alam yang begitu indah serta menyejukkan. Sesudah perjalanan lebih kurang 30 menit, jadi beberapa pengunjung bakal tiba di tempat Air Terjun Aek Martua.


Wisata tempat lain :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.