Tempat Wisata Alam Gunung Dempo Sumatera Selatan

Posted on
Tempat Wisata Alam Gunung Dempo Sumatera Selatan

Palembang adalah Ibu kota dari Sumatera Selatan, di kota ini ada satu gunung yang cukup menarik banyak pendaki Lantaran keindahan kawahnya. Gunung itu yaitu Gunung Dempo.

Gunung Dempo adalah gunung dengan ketinggian ± 3159m dpl, yang menarik dari gunung ini terkecuali pemandangannya yang demikian indah dengan kebun teh yang menghampar berhektar-hektar juga yaitu kawahnya yang dapat beralih warna pada beberapa saat spesifik. Warna kawahnya kadang-kadang putih, biru atau hijau. Desa paling dekat dari Gunung dempo yaitu kampung ampat, desa ini mempunyai kekhasan, orang-orangnya nyaris semua datang dari suku Jawa, bhs yang dipakai juga bhs jawa, orang-orang yang ada saat ini adalah keturunan dari beberapa transmigran dari daerah Jawa, pada masanya desa ini jadi daerah maksud trasnmigrasi.

Tempat Wisata Alam Gunung Dempo Sumatera Selatan

Tak dibutuhkan ijin spesial untuk mendaki gunung ini, cukup melapor ke kepolosian setempat. Kuncen gunung ini yaitu pa Anton, yang bertempat tinggal di dekat pabrik PTPN gunung dempo.

Akses menuju Gunung Dempo

Gunung Dempo dengan cara administratif terdapat Kecamatan Pagar Alam, untuk menuju ke sana dari Jakarta kita dapat segera memakai travel cahaya dempo, yang berkantor di kalideres. Tarifnya Rp 160. 000, -/orang, saat tempuhnya ± 21 jam,  travel ini bakal mengantar kita hingga kota Lahat, dari Lahat kita teruskan dengan menaiki bus telaga biru, tarifnya Rp 30. 000, -/orang hingga di pabrik PTPN Gunung dempo dengan saat tempuh ± 3 jam. Dari sini kita cuma butuh jalan kaki menuju tempat tinggal Pa Anton sekitaran 100m, dirumah Pa Anton kita bisa bermalam, untuk menanti truk yang menuju kampung ampat esok harinya. Truk ini umum mengangkut beberapa karyawan PTPN ke kebun teh untuk menuai teh. Tak ada tarif spesial yang didapatkan dari supir truk, kita cukup memberi duit seperlunya untuk perkataan terima kasih, saat tempuhnya ± 1 jam.

Tempat Wisata Alam Gunung Dempo Sumatera Selatan

Jalur pendakian

 Dari kampung Ampat kita bakal jalan kita bakal menuju pintu rimba, jalannya berbentuk jalan aspal berkerikil yang mengelilingi kebun teh. Jalannya berliku-liku, patokan menuju pintu rimba yaitu plang perhutani. Dari plang itu kita bakal mulai masuk jalur rimba, di sini jalurnya masihlah berbentuk semak-semak serta kebun teh. Saat tempuh dari Kampung Ampat hingga pintu rimba ± 1jam.

Dari pintu Rimba perjalanan kita teruskan menuju shalter 1, dimuka penrjalanan jalurnya berbentuk gorong-gorong setinggi pinggang orang dewasa, jalurnya di dominasi oleh tanah lempung, jsetelah melewari gorong-gorong kita bakal berjumpa jalur yang cukup berlebihan, jalurnya telah mulai terjal dengan kemiringan ± 75°, undakannya meraih pinggang orang dewasa. Jlaurnya di dominasi oleh tanah berakar. Saat tempuhnya ± 1, 5jam. Shalter 1 berbentuk tanah lega yang cukup untuk dua tenda, di sini juga kita bakal menjumpai sumber air, yang ada ± 75 mtr. kearah kanan bawah jalur. Type vegetasi dalam perjalanan ini masihlah berbentuk pohon-pohon besar rimba tropis.

Tempat Wisata Alam Gunung Dempo Sumatera Selatan

Perjalanan setelah itu yaitu menuju shalter 2, dalam perjalanan ini kita masihlah disugukan oleh jalur eksterm gunung Dempo, kemiringan jalurnya masihlah sekitar pada 75°-80°, dominasi jalurnnya berbentuk akar-akaran, yang menuntut pemakaian tangan lebih aktif serta penguasaan tehnik scrambling. Saat tempuh dari shalter 1 hingga shalter 2 ± 46 menit. Shalter 2 ini berbentuk tanah lega yang cukup untuk tiga tenda, di sini ada sumber air di samping kanan jalur kearah bawah ± 50 mtr.. Type vegetasinya masihlah berbentuk pohon-pohon besar jebis rimba tropis. Baik di shalter 1 serta shalter 2 da papan penunjuk yang mengisyaratkan kehadiran shalter itu.

Tempat Wisata Alam Gunung Dempo Sumatera Selatan

Setelah itu kita bakal menuju puncak dempo, Ciri-ciri jalur serta vegetasi dari shalter 2 menuju puncak dempo terdiri dua, pada awal pendakian masihlah berbentuk undakan-undakan setinggi pinggang orang dewasa. Kemiringan jalunya juga masihlah sekitar pada 75°-80°, type vegetasinya berbentuk pohon-pohon kecil yang berlumut, tehnik scrambling masihlah begitu diperlukan pada awal pendakian ini. pohon centigi juga mulai bermunculan yang mengisyaratkan kita bakal hingga pada batas vegetasi, sesudah melalui batas vegetasi kita bakal temukan ciri-ciri yang tidak sama pada jalunya, jalurnya berbentuk batuan cadas dengan kemiringan juga pada 75°-80°, di sini diperlukan konsentrasi yang begitu tinggi untuk melalui jalurnya, lantaran jalurnya begitu licin. Sesudah melalui batu cadas, sekitaran 1/2 jam lagi kita bakal samaai di puncak dempo, puncak dempo berbentuk tanah lega yang masihlah ditumbuhi pohon-pohon centigi, dari puncak dempo kita meneruskan perjalanan menuju pelataran, dibutuuhkan saat cuma sekitaran 15 menit, pelataran ini berbentuk alun-alin luas yang ditumbuhi pohon centigi serta sebagian tanaman endemik gunung Dempo, ada sumber air di sini, letaknya cukup tampak terang lantaran berbentuk aliran sungai kecil yang berbuntut pada suatu telaga, telaga ini dimaksud telaga putri.

Tempat Wisata Alam Gunung Dempo Sumatera Selatan

Puncak merapi adalah puncak paling tinggi Gunung Dempo, ketinggiannya ± 3159 m dpl, dari pelataran cuma diperlukan saat ± 20 menit, dari sini kita bisa lihat keindahan kawah Gunung Dempo yang dapat beralih warna pada beberapa saat spesifik, terkadang air kawahnya berwarna putih, terkadang hijau serta terkadang biru. Saat tempuh keseluruhnya dari shalter 2 hingga puncak merapi ± 1, 5 jam dengan catatan kita tak membawa beban berat, cukup membawa makanan ringan serta perbekalan lain yang diperlukan.

Wisata tempat lain : 

Tempat Wisata Alam Gunung Dempo Sumatera Selatan

Tempat Wisata Alam Gunung Dempo Sumatera Selatan

Tempat Wisata Alam Gunung Dempo Sumatera Selatan

Tempat Wisata Alam Gunung Dempo Sumatera Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.