Tempat Wisata Taman Nasional Kutai Surga Bagi Orang Hutan

Posted on
Tempat Wisata Taman Nasional Kutai Surga Bagi Orang Hutan

Hamparan rimba hujan dataran rendah yang ada di Taman Nasional Kutai ini adalah satu diantara daerah maksud wisata alam di Provinsi Kalimantan Timur. Tumbuhan yang hidup di lokasi ini adalah asosiasi dari type ulin (Eusideroxylon zwageri), meranti (Shorea spp), serta kapur (Dryobalanops sp). Sedang beberapa yang lain adalah tumbuhan yang memulai sistem suksesi sesudah berlangsung kebakaran pada th. 1997 (genus Macaranga serta Syzygium), yang saat ini mulai digantikan oleh tumbuhan fase selanjutnya meneruskan suksesi.

Satwa yang kerap didapati di lokasi ini yaitu orangutan (Pongo pygmaeus), beruk (Macaca nemestrina), monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), dan beragam type burung seperti kangkareng perut putih (Anthracoceros albirostris), raja udang (Alcedinidae), srigunting (Dicrurus spp), pita (Pittidae) serta sempidan biru (Lophura ignita).

Sangkima yang ada di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Kutai Lokasi I Sangatta serta dengan cara administratif ada di lokasi Kabupaten Kutai Timur ini adalah obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan lantaran tempatnya yang gampang dijangkau oleh kendaraan umum.

Lokasi wisata ini mempunyai sebagian objek daya tarik wisata baik yang alami ataupun buatan. Pohon ulin raksasa yang diprediksikan berusia 1000 th. serta mempunyai diameter 2, 47 cm adalah satu diantara atraksi wisata yang bisa diketemukan sesudah menyusuri boardwalk selama lebih kurang 900 m.

Tempat Wisata Taman Nasional Kutai Surga Bagi Orang Hutan

Untuk melingkari lokasi wisata alam sangkima selama 4 km, pengunjung mesti melalui trek wisata dan sungai serta tebing yang bisa dilintasi dengan melalui jembatan yang konstruksinya dikondisikan bisa bergoyang, seperti jembatan gantung serta jembatan sling. Tempat tinggal pohon, pemandian tujuh putri, serta Arboretum Tumbuhan Obat, Hias serta Anggrek (TOHA) adalah atraksi wisata yang lain yang bisa di nikmati oleh wisatawan.

Aktivitas yang bisa dikerjakan oleh wisatawan di lokasi wisata alam Sangkima diantaranya yaitu : penjelajahan rimba, berkemah, penilaian satwa, serta inginalan pohon.

Taman Nasional Kutai (TNK) merupakn satu diantara objek andalan Kabupaten Kutai Timur. TNK mempunyai potensi kekayaan flora and fauna, termasuk juga salah satunya hewan and tumbuhan langka yg dilindungi, spt orang utan, bekantan, and beragam anggrek rimba. Di Taman Nasional Kutai (TNK) ini ada beragam type vegetasi paling utama spt rimba pantai, rimba mangrove, rimba rawa air tawar, rimba kerangas, and rimba kombinasi. Di lokasi ini dapat ada perwakilan rimba ulin terluas di Indonesia. dgn potensi kekayaan sumber daya alamnya, Taman Nasional Kutai (TNK) tawarkan daya tarik alam baik untuk aktivitas pariwisata alam ataupun riset and pendidikan

Taman Nasional Kutai (TNK) yaitu rimba tropis dataran rendah di Kalimantan Timur. Taman Nasional Kutai (TNK) mempunyai luas lokasi 198. 629 hektar. Keanekaragaman hayati and vegetasinya jadikan taman ini tempat maksud menarik untuk orang-orang lokal demikian halnya untuk beberapa penggemar alam and peneliti dr beragam negara. Sekarang ini, sekitaran 900 type tanaman di taman ini sudah diidentifikasi. Untuk pelajar setempat umpamanya di Bontang and Sangatta, Taman Nasional Kutai (TNK) yaitu sarana untuk belajar mengenai alam. Dua tempat di Taman Nasional Kutai (TNK) yg kerap dikunjungi wisatawan yaitu Sangkima and resor Prevab. Pengunjung akn dibebani cost masuk sebesar Rp1, 500 untuk pengunjung lokal and Rp15, 000 untuk pengunjung asing.

Lokasi ini sudah diputuskan sbg wildreservaat oleh Pemerintah Belanda and Kesultanan Kutai. Maksud dr penetapan ini supaya keanekaragaman hayati and spesies-spesies satwa and tumbuhan unik yg ada diwilayah ini bisa lestari. Landscape Kutai sudah bertahan nyaris satu era, and saat ini tersisa cuma pada spot kecil yg saat ini di kenal sbg Taman Nasional Kutai (TNK). Eksistensi Taman Nasional Kutai (TNK) yaitu harapan paling akhir dr warisan paling bernilai dr alam tropis digaris katulistiwa Borneo sisi Timur.

Tempat Wisata Taman Nasional Kutai Surga Bagi Orang Hutan

Orangutan di ketahui banyak menghuni lokasi ini sbg hanya satu habitat yg dilindungi di Kalimantan Timur. Taman Nasional Kutai (TNK) diakui sbg lokasi pelarian untuk satwa liar termasuk juga orangutan yg kehilangan habitat akibat beberapa pergantian landscape di sekelilingnya. Mereka demikian menanggung derita saat berlangsung kebakaran rimba hebat th. 1982/1983 and kebakaran rimba th. 1997/1998. Tetapi seberat apa pun keadaannya, orangutan di ketahui memiliki kekuatan akn penyesuaian yg baik dr keadaan krisis itu.

Orangutan merupakn satu diantara type primata yg ada di Taman Nasional Kutai (TNK). Nama “orangutan” sendiri berasal dr bhs Melayu yakni “orang hutan”. Di daerah Sumatra and Kalimantan, beberapa orang mengenalnya dgn nama ‘mawas’. Di Habitatnya, orangutan memakn buah-buahan, daun, kulit batang, serangga and madu. Orangutan bertindak dalam penyebaran biji-bijian dalam ekosistem rimba yg kompleks. Kesibukan manusia and kebakaran rimba sudah mengakibatkan terganggunya habitat orangutan hingga populasinya alami penurunan dr th. ke th.. IUCN memasukkan orangutan dalam status endangered atau genting (terancam punah and tidak bisa bertahan tanpa ada perlindungan yg ketat untuk menyelamatkan lanjutan hidupnya). Di Taman Nasional Kutai (TNK), orangutan bisa didapati di Sangkima and Prevab. Berdasar pada survey th. 2005, kepadatan orangutan sekitar pada 0, 66 – 1, 267 individu/km.

Bekantan merupakn type primata dr famili Cercopithecidae. Bekantan jantan mempunyai ciri khas berbentuk hidung yg panjang, hingga satwa ini kerap juga dimaksud kera belkamu. Satwa yg termasuk juga dalam kelompok Convention on International Trade in Enandgered Species (CITES) -Appendix I ini hidup dengan cara berkelompok pada 10 – 15 ekor. Grup ini di pimpin oleh seekor pejantan yg ditkamui dgn hidungnya yg terbesar. Pejantan ini akn senantiasa melindungi anggota kelompoknya. Saat bahaya datang, pemimpin grup ini akn berteriak nyaring and dalam waktu relatif cepat semua anggota kelompoknya akn lari meninggalkan tempat and naik ke pohon yg tinggi.

Bekantan hidup di rimba mangrove atau di selama sungai. Maknan bekantan yaitu pucuk-pucuk daun, terlebih daun Rhizophora sp and Sonneratia sp. Diluar itu, mereka juga memakn kumbang and ulat. Di Taman Nasional Kutai (TNK), satwa ini bisa didapati di Teluk Kaba, Sungai Sangkima and Teluk Lombok. Tetapi lantaran aandya kesibukan manusia di sekitaran rimba mangrove, satwa ini makin susah untuk didapati.

Tempat Wisata Taman Nasional Kutai Surga Bagi Orang Hutan

Beruk yaitu primata yg memiliki panjang ekor 1/3 dr panjang baandnya ini termasuk juga kedalam grup binatang yg aktif di siang hari atau dimaksud dgn satwa “diurnal”. Primata ini mempunyai sebagian nama daerah spt bangkuy and kera ekor babi. Satwa ini umumnya hidup berkelompok sampai meraih 15 -40 ekor per grup. Maknan primata ini mencakup buah-buahan yg masak juga hewan vertebrata and invertabrata kecil. Di Taman Nasional Kutai (TNK), beruk bisa didapati nyaris di semua lokasi. Bahkan juga di lokasi wisata Sangkima and Prevab, beruk kerap tampak oleh pengunjung. Type primata yg kerap turun ke tanah ini termasuk juga kedalam satu diantara satwa yg dilindungi oleh Pemerintah Indonesia.

Kancil (Tragulus javanicus) merupakn type mamalia dr famili Tragulidae. Kancil mempunyai badan yg kecil and hidup di rimba atau semak-semak di pinggir sungai. Maknan kancil terdiri dr buah-buahan and dedaunan. spt mamalia lain, satwa kecil ini dapat mempunyai taring. Taring kancil umum digunakn sbg senjata saat hadapi musuh atau hadapi lawan saat memperebutkan kancil betina.

Satwa yg dilindungi berdasar pada Surat Ketentuan Menteri Kehutanan No. 301/Kpts-II/1991 ini sedikit susah didapati. Taman Nasional Kutai (TNK), kehadiran satwa ini seringkali di ketahui dr jejak kaki yg ditinggalkannya. Daerah Teluk Kaba merupakn satu diantara tempat di mana jejak kancil kerap didapati.

Tempat Wisata Taman Nasional Kutai Surga Bagi Orang Hutan

Rusa sambar/Cervus unicolor di Kalimantan lebih di kenal dgn sebutan “payau”. Terkecuali di Kalimantan, Rusa sambar dapatlah didapati di Sumatera and Sulawesi. Binatang ini begitu membutuhkan tempat hidup yg beberapa sumber air. Oleh karenanya, umumnya mereka hidup di paandg rumput pinggir sungai atau rawa-rawa di rimba. Binatang bertanduk indah ini mempunyai ukuran badan yg bisa meraih tinggi 160 cm dgn berat baand meraih 300 kg. Lantaran keindahan tanduk and juga dagingnya yg merupakn sumber lemak untuk orang-orang pedalaman, binatang ini banyak diburu. Akibat dr aktivitas yg bertentangan dgn hukum ini, populasi satwa rusa sambar di habitat alaminya makin alami penurunan. Ini dapat diliat dr hasil inventarisasi th. 1985 yg tunjukkan kalau rusa sambar dapat didapati di nyaris semua lokasi Taman Nasional Kutai (TNK). Tetapi, sekarang ini keadaannya sangatlah jauh tidak sama. Rusa sambar begitu susah didapati.

Rimba di Taman Nasional Kutai (TNK) juga merupakn tempat tinggal untuk beragam type bajing termasuk juga bajing kerdil telinga hitam. Mamalia kecil ini umum hidup di pohon and aktif pada siang hari. Satu diantara tempat yg pas untuk lihat kesibukan bajing kerdil ini yaitu di lokasi wisata Sangkima. Bajing ini umumnya kerap tampak di pohon-pohon sekitaran pos penjagaan wisata. Hingga sekarang ini, info mengenai kehadiran bajing kerdil ini masihlah terbatas. Belum ada survey and kajian ekologi mengenai bajing yg cuma memiliki panjang badan sekitar 6 – 7 cm.

Taman Nasional Kutai (TNK) mempunyai kekayaan type burung yg cukup tinggi. Terdaftar sekitaran 330 type burung yg tergabung dalam 49 famili menghuni lokasi rimba di Taman Nasional Kutai (TNK). Sejumlah 35 type burung salah satunya merupakn burung-burung yg ada dalam daftar CITES. Riset tentang burung di Taman Nasional Kutai (TNK) masihlah begitu kurang. Satu diantara type burung yg jadi daya tarik lokasi ini and masihlah bisa didapati yaitu burung enggang (Buceros spp and Anthracoceros spp).

Tempat Wisata Taman Nasional Kutai Surga Bagi Orang Hutan

Burung enggang mempunyai ukuran badan cukup besar, yakni sekitaran 100 cm. Ada sekitaran 8 type burung enggang di Taman Nasional Kutai (TNK) dgn warna badan kombinasi pada hitam and putih, seandgkan warna paruhnya merupakn kombinasi warna kuning, jingga and merah. Ciri khas dr burung ini yaitu aandya cula paruh (casque) yg tumbuh diatas paruhnya. Burung yg maknannya buah ara ini memiliki perilaku bersarang yg spesial.

Di Taman Nasional Kutai (TNK), burung enggang kerap tampak melintas sendirian atau berpasangan di lokasi wisata Sangkima atau Prevab. Kepakn sayapnya yg cukup keras jadikan hadirnya burung ini bisa di ketahui, sekali juga dr basic rimba. Tetapi dgn aandya penebangan rimba yg tidak teratasi akn mengakibatkan burung ini makin susah didapati.

Potensi satwa amfibi and reptil di Taman Nasional Kutai (TNK) hingga sekarang ini masihlah belum banyak dieksplorasi. Info yg ada baru berdasar pada pertemuan. Satu diantara type reptil yg pernah didapati yaitu kura-kura kaki gajah (Manouria emys). Kura-kura air tawar ini pertama kalinya dilaporkan pada bln. Juni 2007 di sekitaran lokasi wisata Sangkima. Penampakn kura-kura ini mirip kura-kura Galapagos. Buah-buahan and mungkin saja juga binatang lunak yg bergerak lambat merupakn maknan dr kura-kura air tawar ini. Terkecuali kura-kura kaki gajah, beberapa jenis amfibi and reptil spt katak, ular Phyton spp, tokek pernah dilaporkan ada di lokasi rimba Taman Nasional Kutai (TNK).

Satwa yg termasuk juga dalam filum Arthropoda atau lebih di kenal dgn sebutan serangga merupakn satu diantara kekayaan fauna yg ada di Taman Nasional Kutai (TNK). Sebagian kelas didalam filum Arthropoda salah satunya yaitu kelas laba-laba, kelas kaki seribu, kelas kelabang and kelas insekta. Sampai kini belum pernah ada riset tentang serangga di Taman Nasional Kutai (TNK). Tetapi, sebagian type serangga bisa dgn gampang didapati di lokasi ini, spt laba-laba, sebagian type kaki seribu, and beragam jenis insekta terbang, spt capung and capung jarum, belalang, serangga tongkat and serangga daun, kepik, kumbang, kupu-kupu and ngengat, nyamuk and tawon dan semut.

Tempat Wisata Taman Nasional Kutai Surga Bagi Orang Hutan

Taman Nasional Kutai (TNK) yaitu surga untuk tumbuhan. Lebih dr 900 type tumbuhan di Taman Nasional Kutai (TNK) sudah teridentifikasi. Meskipun sekian, ada banyak yg belum di ketahui atau dikaji manfaat and faedah dr tumbuhan yg ada.

FLORAKekayaan flora yg ada di Taman Nasional Kutai (TNK) merupakn “bank benih and materi genetik” yg begitu utama untuk mendukung Ilmu dan pengetahuan and tehnologi terlebih biandg penyembuhan, pertanian and biandg yang lain.

Pohon ulin merupakn tumbuhan khas Taman Nasional Kutai (TNK) lantaran statusnya yg merupakn komponen utama penyusun beberapa type rimba di Taman Nasional Kutai (TNK). Tumbuhan ini bisa didapati dgn gampang di lokasi-lokasi spt di lokasi wisata Sangkima and Prevab. Pohon ulin juga jadi pilihan paling utama bersarangnya orangutan. Berdasar pada sebagian hasil survey di Taman Nasional Kutai (TNK) tersingkap kalau sarang orangutan paling banyak diketemukan di pohon ulin dibanding beberapa jenis pohon yang lain. Diluar itu, pohon ulin merupakn maskot kebanggaan dr lokasi wisata Sangkima. Hal semacam ini dikarenakn pada daerah maksud wisata itu ada pohon ulin raksasa yg berdiameter 2, 47 mtr..

Terkecuali ulin, tumbuhan dipterokarpa juga merupakn sisi utama penyusun beragam type rimba di Taman Nasional Kutai (TNK). Pohon dipterokarpa bisa didapati dgn gampang di lokasi wisata Sangkima and Prevab. Pada umumnya, dipterokarpa terdiri atas 13 genus, and 8 genus salah satunya ada di Taman Nasional Kutai (TNK). dr sebagian type dipterokarpa yg ada di Taman Nasional Kutai (TNK), ada 13 type yg termasuk “sangat terancam punah (critically enandgered species) ” menurut The International Union for Conservation of Nature and Alami Resources (IUCN). Shorea johorensis and S. smithiana yaitu dua salah satunya.

Mangrove merupakn tumbuhan yg hidup di pantai and muara sungai yg di pengaruhi gunakan surut air laut. Tumbuhan ini mempunyai kekuatan menyesuaikan dgn keadaan tanah yg tergenang, kandungan garam tinggi and keadaan tanah yg kurang stabil. Untuk menyokong batangnya, sebagian type mangrove mempunyai akar lutut and akar tunjang. Seandgkan untuk penuhi keperluan oksigen untuk akar, ada type mangrove yg mempunyai akar nafas. Himpunan beragam type mangrove akn membuat formasi rimba mangrove yg berperan sbg penahan abrasi and intrusi air laut, tempat berkembang biak biota laut and tempat hidup beragam type binatang, spt bekantan and buaya.

Di Taman Nasional Kutai (TNK), formasi rimba mangrove ada di selama pantai Selat Makassar. Rimba mangrove yg masihlah utuh bisa didapati di pesisir Desa Teluk Pkamun sampai Teluk Kaba, seandgkan di pesisir Desa Sengata Selatan keadaannya begitu rawan pada degradasi. Paling tidak ada 13 type mangrove di Taman Nasional Kutai (TNK), yakni bakau/polo, tancang, pudek/pedada, nita and tengar.

Pasakbumi (Eurycoma longifolia) merupakn tumbuhan perdu. Tumbuhan yg juga dikenal dgn nama tongkat ali ini dapat tumbuh meraih tinggi 20 m. Tumbuhan ini berkembang biak dgn biji. Ciri khas dr tumbuhan ini yaitu bila daunnya diremas, jadi tidak akn hancur and akn kembali spt awal mulanya. Hal semacam ini dikarenakan daun pasakbumi memiliki kandungan serat sutera. Diluar itu, walau tumbuhan ini masihlah kecil, kerapkali susah untuk dicabut, lantaran akarnya begitu panjang. Tumbuhan ini menebar nyaris di semua lokasi Taman Nasional Kutai (TNK). Akar pasakbumi di kenal bermanfaat sbg obat kuat untuk lelaki. Tetapi selain itu, nyatanya pasakbumi juga mempunyai manfaat lain, salah satunya sbg obat malaria, tumor, leukemia, sakit kepala, luka and raandg. Umumnya akar pasak bumi di buat berupa cangkir untuk di isi dgn air yg akn diminum sbg obat.

Tempat Wisata Taman Nasional Kutai Surga Bagi Orang Hutan

Kekhasan and keindahan bunga tumbuhan ini sudah menarik perhatian beberapa orang. Anggrek di kenal sbg tanaman hias yg gampang diperkembang. Diliat dr tempat tumbuhnya, anggrek ada yg hidup di tanah (anggrek tanah) ada pula yg melekat pada pohon sbg epifit. Hingga sekarang ini terdaftar sejumlah 13 type anggrek di Taman Nasional Kutai (TNK). Dendrobium anosmum and Grammatophyllum speciosum yaitu sebagian type anggrek yg pernah didapati ketika inventarisasi anggrek di th. 2007. Anggrek-anggrek itu biasanya didapati tumbuh sbg epifit di daerah judul pohon.

Tumbuhan pemangsa serangga ini umum hidup pada beberapa daerah terbuka di habitat yg miskin unsur hara dgn kelembapan hawa cukup tinggi. Rimba hujan tropis dataran rendah, rimba pegunungan, rimba gambut, rimba kerangas and gunung kapur yaitu sederetan habitat asli kantung semar. Kantung semar mempunyai kekhasan sendiri untuk penuhi konsumsi nitrogen untuk pertumbuhannya. Tumbuhan ini bisa menarik perhatian serangga dgn langkah keluarkan aroma spesifik dr organ berupa kantong yg dipunyainya. Apabila serangga hingga di sekitaran bibir kantong, jadi akn tergelincir kedalam kantong lantaran karakter permukaan kantong yg licin. Didalam organ kantong, ada satu type cairan yg bisa mengakibatkan serangga tidak bisa keluar and pada akhirnya mati.

Tumbuhan paku begitu gampang didapati di lokasi rimba Taman Nasional Kutai (TNK). Tumbuhan yg berkembang biak dgn spora ini bisa didapati di beberapa jenis habitat and substrat (media tumbuh) mulai dr rimba bakau hingga judul pohon-pohon tinggi. Tumbuhan ini ada yg tumbuh di tanah (terestris), tetapi ada pula yg tumbuh sbg epifit (tumbuh dibagian batang atau ranting pohon). Berdasar pada kekuatan tumbuh di tempat dgn intensitas sinar yg tidak sama, tumbuhan paku terdiri jadi dua grup yakni tumbuhan daerah terbuka and tumbuhan daerah ternaungi.

Rotan yg termasuk grup liana (tumbuhan pemanjat) dapat didapati dgn gampang di lokasi wisata Sangkima and Prevab, terutama di daerah sekitaran sungai. Di lokasi wisata Sangkima, umpamanya, rotan tampak di kiri atau kanan jalur wisata yg dekat dgn jalan masuk jalur wisata itu. Meskipun sekian, potensi rotan yg ada di Taman Nasional Kutai (TNK) belum seutuhnya di ketahui. Data yg ada sekarang ini cuma berasal dr aktivitas survey tumbuhan pada umumnya and aktivitas eksplorasi singkat yg dikerjakan staf Balai Taman Nasional Kutai (TNK). Sebagian type rotan yg ada di Taman Nasional Kutai (TNK), umpamanya Korthalsia ferox, K. paucijuga and Daemonorops sabut.

Lokasi rimba Taman Nasional Kutai (TNK) menaruh potensi kekayaan type lumut (bryophyta) yg hingga sekarang ini belum dieksplorasi. Tumbuhan ini bisa diketemukan di beberapa type habitat mulai dr lantai rimba hingga judul pohon. Dikarenakn ukurannya yg begitu kecil, lumut kerap dikira bukanlah komponen utama dalam keanekaragaman hayati. Walau sebenarnya peran lumut dalam ekosistem begitu riil, diantaranya menyediakn habitat untuk invertebrata kecil, bertindak dalam siklus nutrien, melindungi kelembapan hawa lewat kekuatan mereka menaruh air dalam jumlah spesifik and menolong akumulasi humus. Diperkirakn ada sekitaran 10 type lumut tumbuh mulai dr pangkal batang hingga dua mtr. di atasnya. Lumut hati Heteroscyphus argutus and lumut daun Leucobryum sp yaitu sebagian type lumut penghuni ulin raksasa. Mereka tumbuh dgn membuat koloni and jadi ornament unik di pohon atau batang.

Akses Serta Langkah menuju Tempat Objek Wista Taman Nasional Kutai (TNK)

Untuk masuk TNK, pengunjung terlebih dulu mesti melapor ke aula TNK di jalan Awang Long, Pos I, Bontang atau Divisi Pengelolaan Taman Nasional Sangatta di jalan Dr Sutomo No. S-27 Swarga Bara, Sangatta untuk memperoleh Izin Masuk ke Lokasi Konservasi (SIMAKSI).

Resor Sangkima bisa dibuka oleh mobil atau minibus dr rute Bontang-Sangatta. Untuk berkunjung ke resor Prevab, untuk mereka yg menggunakn perahu motor dr Sangatta (jembatan Pinang sepanjang 1 jam perjalanan) atau dr Pangkalan Kabo Jaya (dermaga Ayah Charlie), desa Swarga Bara akn memakn saat 20 menit lewat sungai.

Bila anda pergi dr Balikpapan, anda bisa naik taksi ke Sangatta sebesar Rp 900. 000-Rp 1. 000. 000. dr Samarinda, bus ada dr Samarinda-Bontang-Sangatta. dgn menggunakn bus ini, anda bisa hingga di obyek wisata Sangkima.

Wisata tempat lain :

Tempat Wisata Taman Nasional Kutai Surga Bagi Orang Hutan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.